Media Room

Imlek 2017: Nilai Tradisi yang Dipertahankan dalam Menyambut Tahun Baru Ayam di Era Modern

festivalimlek_01

Jakarta, 27 Januari 2017 – Tahun baru Imlek merupakan perayaan yang terpenting bagi kaum Tionghoa. Perayaan ini dimulai di hari pertama bulan pertama pada penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas (pada saat bulan punama). Berbagai tradisi turun temurun dilakukan dan dipertahankan oleh banyak masyarakat Tionghoa untuk merayakan Imlek. Beberapa di antaranya adalah kewajiban membersihkan rumah sehari sebelum Imlek, memasak banyak makanan manis, bersilaturahmi ke rumah kerabat, dan memilih warna merah untuk dekorasi rumah. Selain itu, masih ada satu lagi tradisi yang paling dinanti saat Imlek, yakni tradisi bagi-bagi angpao untuk anggota keluarga yang belum menikah.

Di era yang semakin modern ini, banyak keluarga yang mulai memberikan kado kepada anggota keluarga lain sebagai bagian dari perayaan Imlek. Namun demikian, ada beberapa benda yang dianggap tabu untuk dijadikan kado dan diberikan saat Imlek. Hal ini karena masih kuatnya kepercayaan masyarakat Tionghoa akan ajaran lelulur mereka. Berikut 10 daftar barang yang dimaksud[1]:

  1. Benda tajam

Kado berupa aneka benda tajam seperti gunting, garpu, alat cukur, pisau, dan lainnya, memiliki arti si pemberi kado ingin memutuskan hubungan pertemanan dengan penerima kado. Karenanya sangat tabu untuk memberikan aneka benda tajam saat perayaan tahun baru.

  1. Payung

Kata payung dalam bahasa Mandarin sama pengucapannya dengan kata ‘san’, yang berarti putus hubungan.

  1. Benda yang mengandung angka 4

Jika ingin memberikan kado untuk Imlek, jangan mengandung angka empat atau kelipatannya. Sebab dalam bahasa Mandarin, kata ‘empat’ [si], pengucapannya sama dengan kata ‘mati’, meski kedua kata tersebut memiliki karakter huruf yang berbeda.

  1. Sepatu

Sepatu memiliki pengucapan yang sama dengan kata ‘sial’ dalam bahasa Mandarin, meski kedua kata itu memiliki karakter huruf yang berbeda.

  1. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan menandakan si pemberi kado seakan menyampaikan kata perpisahaan. Mengingat memberikan aneka hasil kerajinan tangan biasa dilakukan saat warga Tiongkok datang ke pemakaman kerabat atau keluargannya.

  1. Jam

Jam merupakan salah satu benda yang sangat dilarang untuk dijadikan hadiah baik saat perayaan tahun baru maupun perayaan lainnya. Jam menandakan waktu, dan tepatnya menandakan habisnya waktu. Kata jam juga sama pengucapannya dengan kata untuk mengunjungi pemakaman. Maka memberikan jam sebagai kado, sama dengan kesialan dan kematian.

  1. Buah Pir

Buah pir dalam bahasa Mandarin pengucapannya sama dengan kata meninggalkan.

  1. Bunga

Bunga potong biasa diberikan saat duka atau ke pemakaman, sehingga sebaiknya jangan memberikan bunga sebagai hadiah.

  1. Aneka Benda berwarna hitam dan putih

Benda dengan kedua warna ini tabu dijadikan hadiah saat perayaan imlek. Sebab kedua warna tersebut biasa digunkan saat pemakanan. Bahkan membungkus kado dengan kerta berwarna putih dan hitam juga ditabukan.

  1. Kaca

Benda yang juga ditabukan sebagai hadiah saat imlek adalah kaca karena benda itu identik dengan pemanggilan setan atau hantu.

 

Elevenia Turut Meriahkan Imlek dengan Potongan Harga hingga 90%

Menyambut hari raya Imlek yang jatuh pada tanggal 28 Januari 2017, elevenia membagikan kebahagiaan kepada member-nya dengan berbagai promo. Program pertama berjudul “Angpao Hepi”, berupa voucher potongan harga hingga 90% untuk member yang beruntung. Selain itu, masih ada lagi Festival Imlek, yang menyediaan produk-produk pilihan hingga 80%. Promo ini berlangsung hingga 31 Januari 2017.

Berikut lima produk yang dapat Anda beli dengan harga spesial saat tahun baru Imlek sekaligus bisa Anda berikan sebagai hadiah Imlek untuk kerabat

  1. Living Hankook Eco Diamond Coating

Bagi para Ibu yang setiap harinya menyiapkan makanan terbaik untuk keluarganya, peralatan memasak satu ini tentu akan menjadi hadiah yang sangat bermanfaat. Tak hanya mudah dan trendi, Living Hankood Eco Diamond yang berawarna merah ini bisa didapatkan dengan harga Rp88.000,- saja selama masa promo

  1. Xiaomi Yi Action Camera

Kamera aksi dari Xiaomi ini hadir dengan berbagai spesifikasi yang akan membuat Anda ngiler, seperti lensa kamera dengan resolusi 16 Megapiksel yang didukung dengan prosesor gambar kuat, Ambarella A7LS dan sensor gambar buatan Sony yakni back-illuminated Exmor R BSI CMOS. Kamera ini akan memberikan pengalaman berfoto dan merekam video yang lebih mantap dan lebih nyaman, terutama untuk merekam sambil melakukan kegiatan ekstrim.

  1. Produk Kecantikan

Wanita-wanita yang ingin terus mempercantik dan menjaga kecantikannya, berbagai produk kecantikan asli dari Korea. Tak hanya untuk mempercantik saja namun ada berbagai khasiat untuk kesehatan untuk Anda yang memakainya.

  1. Dompet

Sebagai tempat penyimpanan uang, dompet tidak hanya harus fungsional namun tetap harus bergaya. Import langsung dari Korea, dompet dengan harga spesial di elevenia bisa kamu dapatkan dengan harga spesial.

[1] Sumber: http://infojakarta.net/kado-yang-tidak-boleh-anda-hadiahkan-pada-saat-imlek/ dan Wikipedia.co.id

Share

Leave a Reply