Home & Garden

Ikebana, Cara Unik Pajang Tanaman Hias

Jangan Lupa Share ya

tanaman hias

Siapa yang tidak suka jika ruang tamu atau ruang keluarganya tampak cantik dan elegan untuk acara-acara spesial? Untuk mendapatkan ruangan yang cantik dan menawan, banyak orang yang terfokus pada interior ruangan dan juga pilihan furnitur yang digunakan. Padahal ada cara yang lebih murah dan mudah untuk menciptakan ruangan yang mengundang kata WOW, yakni dengan menaruh tanaman hias.

Jangan khawatir bakal kerepotan karena harus meletakkan tanaman-tanaman hias dalam pot yang berat. Ada alternatif lain untuk memajang tanaman hias tanpa harus membawa serta pot masuk ke dalam ruangan, yakni dengan seni merangkai bunga ala Jepang yang disebut ikebana. Ikebana adalah seni merangkai bunga yang didasarkan pada kekhasan estetika Jepang kuno. Tidak seperti rangkaian bunga yang sering Anda lihat, ikebana menggunakan begitu banyak unsur dalam rangkaiannya, seperti bunga, daun, ranting, rumput, batu, dan air. Wadah atau vas yang digunakan juga sangat diperhatikan karena setiap bentuk dan kombinasi memiliki filosofi tertentu.

Untuk menggantikan tanaman hias dalam pot-pot yang besar dan sulit disesuaikan dengan interior ruangan, Anda bisa menggunakan tanaman hias dalam bentuk rangkaian bunga yang mengikuti aturan-aturan dalam ikebana. Saat ini sudah banyak tempat-tempat yang membuka kursus ikebana dengan harga terjangkau. Ikebana kuno memang memiliki konsep yang sangat sulit diikuti, terlebih lagi oleh kita yang berada jauh dari Jepang. Akan tetapi ikebana modern yang ada saat ini memudahkan Anda dengan penggunaan bunga-bunga dan tanaman hias lain yang mudah ditemukan. Anda bisa menggunakan bunga-bunga berwarna cerah dan mengombinasikannya dengan dedaunan hijau untuk mendapatkan kontras yang menyegarkan.

Bunga-bunga yang bisa Anda gunakan antara lain mawar, bunga sepatu, anyelir, krisan dan anggrek. Bahkan ada beberapa aliran ikebana yang sama sekali tidak menggunakan bunga, hanya memanfaatkan dedaunan dan rumput-rumput yang dipadukan dengan batu-batu kecil dan vas yang menarik. Pada intinya bunga atau tanaman hias jenis apapun dapat Anda gunakan karena keindahan rangkaian tergantung pada kepiawaian Anda mengombinasikan dan merangkai setiap elemen dari yang ada di dalamnya.

Tidak seperti rangkaian bunga yang biasanya penuh dan bertumpuk, ikebana justru mengusung kesederhanaan dalam rangkaiannya. Satu tangkai bunga dan beberapa daun serta ranting sudah cukup menjadi bahan dalam menciptakan sebuah rangkaian ikebana yang indah.  Kunci utama dalam ikebana adalah keseimbangan. Anda harus benar-benar memerhatikan panjang tangkai bunga, luas permukaan daun, serta keselarasan seluruh tanaman hias yang digunakan dalam vas. Ikebana, selain mampu memperindah ruangan Anda, juga dapat dijadikan hobi yang mengasyikkan. Keterampilan dalam menata warna dan bentuk akan terasah, kesabaran dan ketelatenan Anda juga akan terlatih. Menarik bukan?

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply