Hobby

Ikan Aquascape dengan Warna Terindah

Jangan Lupa Share ya

Seperti yang telah kita ketahui saat ini banyak sekali ikan hias yang bisa kita pelihara untuk mengisi aquarium kesayangan di rumah. Salah satu ikan hias dengan bentuk dan warna terindah yaitu ikan Aquascape. Tahukah kamu apa itu ikan aquascape? Ikan ini sebenarnya sebutan untuk ikan hias air tawar yang bisa dipelihara dengan aquarium. Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai ikan aquascape, simak ulasannya berikut ini.

Ikan Aquascape Mudah Dipelihara


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ikan Aquascape merupakan sebutan untuk jenis ikan tawar yang dipelihara menggunakan aquarium. Kini, ikan jenis ini semakin banyak dipelihara. Selain memilihara ikan aquarium menjadi sebuah hoby, juga bisa memperindah tampilan rumah.

Memelihara ikan Aquascape sangatlah mudah yaitu dengan memberi makan dua kali sehari. Lebih tepatnya di pagi dan sore hari. Selain itu, untuk menjaga aquarium tetap bersih, sebaiknya ganti air aquarium dengan air bersih ketika air sudah mulai kotor. Dengan cara yang mudah seperti itu, memelihara ikan Aquascape sangat menyenangkan.

Penggemar Ikan Aquascape Semakin Banyak

Sesuai dengan namanya, ikan Aquascape merupakan ikan yang dipelihara di dalam aquarium. Sehingga, ikan ini termasuk ikan hias yang indah. Sehingga tak heran jika saat ini semakin banyak orang yang memilihara ikan ini. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang tertarik dengan ikan ini.

Sebenarnya ada dua macam ikan Aquascape yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Namun, ikan air tawar lebih cocok untuk dipelihara. Karena lebih mudah ikan tersebut untuk beradaptasi.

Jenis Ikan Hias Aquascape Warna Terindah

  • Guppy


Ikan hias Guppy berasal dari spesies ikan liar. Karena ikan Guppy memiliki bentuk dan karakteristik yang menarik, ikan Guppy ini disilangkan dengan jenis ikan hias lainnya untuk menghasilkan anakan yang lebih indah dari induknya.

  • Discus


Jenis ikan Aquascape air tawar yang selanjutnya yaitu Discus. Bentuk ikan ini mirip dengan Compact Disk, sehingga tak heran jika namanya Discus. Ikan yang termasuk famili Cichlid ini memiliki banyak penggemar.

Ikan Discus termasuk ikan hias terindah karena memiliki bentuk dan warna yang menarik. Keunikan pada ikan ini terlihat dari garis-garis melintang yang terdapat pada sekujur tubuhnya. Selain mudah dipelihara, alasan kebanyakan orang memelihara ini karena bentuk dan coraknya yang unik.

  • Manfish


Manfish atau nama latin Pterophyllum Scalare merupakan ikan hias Aquascape yang paling banyak diminati. Habitat asli ikan Manfish yaitu perairan Amazon adan Brazil. Namun, kini di Indonesia sudah banyak yang membudidayakan ikan ini karena memang banyak peminatnya.

  • Rainbow


Ikan Aquascape yang tak kalah indah yaitu ikan Rainbow. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna yang berkilau layaknya pelangi. Sedangkan untuk ukuran ikan ini yaitu sekitar 10 cm, sehingga cocok dipelihara di aquarium. Ciri-ciri lain dari ikan ini yaitu aktif, namun bukan agresif. Kemudahan memelihara ikan ini yaitu bisa memilihkan makanan jenis apapun.

  • Neon Tetra


Neon Tetra termasuk ikan Aquascape merupakan ikan air tawar yang masuk dalam famili characin. Banyak orang yang memelihara ikan ini sebagai ikan hias, karena termasuk hewan omnivore. Karena, kamu bisa lebih mudah mencarikan makanannya. Baik itu seperti pelet kecil atau makanan lainnya, tetap saja Neon Tetra akan menyantapnya.

  • Ember Tetra


Ikan Aquascape yang selanjutnya yaitu Ember Tetra. Ikan yang termasuk famili characidae ini berasal dari perairan Sungai Brazil. Perbedaan ikan ini dengan ikan lainnya yaitu memiliki bentuk yang khas yaitu memiliki panjang 2 cm.

Selain itu, ikan ini memiliki warna yang cerah sepertri warna orange dan kemerahan di dekat siripnya. Uniknya, sirip ikan ini putih atau tembus pandang. Agar ikan ini bisa bertahan lama ketika dipelihara, dianjurkan suhu air antara 23-39 derajat celsius.

  • Dwarf Gourami


Jenis ikan Aquascape yang terakhir yaitu Dwarf Gourami atau Colisa lalia. Meski namanya  Gourami, namun ikan ini berbeda dengan ikan gurami lainnya baik dari bentuk dan warnanya. Ikan ini memiliki panjang 5 cm warna-warni cerah. Sehingga tak heran jika banyak orang yang memilihara ikan ini karena sangat cocok dipelihara sebagai ikan hias aquascape.

Itulah ulasan lengkap mengenai ikan aquascape dengan warna dan bentuk yang indah. Bagi kamu yang ingin memelihara ikan hias, kamu bisa memilih dari beberapa jenis ikan tersebut. Tak perlu khawatir, karena ikan-ikan tersebut sangat mudah dipelihara.

BACA JUGA! INILAH BEBERAPA IKAN HIAS YANG MUDAH UNTUK DIPELIHARA

Jangan Lupa Share ya

Jihan Ariya

Halo Guys Salam Kenal, Semoga Sehat dan Sukses Selalu .. Aamiin 🙂 Follow me @Linkedin dan Sekarang lagi berkecimpung dengan blog pribadi reomit.com
Jihan Ariya

Latest posts by Jihan Ariya (see all)

Comments 1

  1. Mazmur

    Ikan aquascape memang mempunyai keindahan pada warna nya, beberapa jenis ikan yang saya suka adalah Black Molly, Coral , karena lekuk tubuh ikan ini sangat enak dipandang ketika di akuarium.

    Reply

Leave a Reply