Gadget & Photography

HP Xiaomi Bagus Gak Sih? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya!

Kemunculan smartphone Xiaomi di Tanah Air mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa meriah. Hal ini lantaran Xiaomi menawarkan spesifikasi yang luar biasa mumpuni dibanding dengan harga yang terjangkau. Jika dibandingkan dengan pesaing lainnya. Xiaomi memang mematok harga lebih rendah dibandingkan smartphone lain dengan spesifikasi lama di levelnya. Namun mungkin pertanyaan ini pernah terlintas di benar kamu, sebenarnya hp Xiaomi itu bagus atau tidak?

Mungkin pertanyaan di atas pun muncul saat kamu akan membeli smartphone Xiaomi. Lalu smartphone Xiaomi tersebut bagus atau tidak? Untuk mengetahuinya, kita tentu harus tahu kelebihan dan kekurangannya, hingga nanti dapat diambil kesimpulan bagus atau tidaknya smartphone yang satu ini.

Kelebihan Smartphone Xiaomi

Smartphone Xiaomi Punya Fitur yang Mirip dengan iPhone

Ya, smartphone Xiaomi memang diklaim mirip dengan iPhone. Bahkan Xiaomi seringkali diberi julukan sebagai iPhone dari Negeri Tirai Bambu. Hal ini bukan tanpa alasan, Xiaomi memang memiliki software dan hardware yang penuh dengan inovasi, sehingga tidak heran jika Xiaomi dijuluki sebagai iPhone dari Negeri Tiongkok.

Dalam segi perangkat keras atau hardwarenya pun penuh inovasi dan futuristik. Bisa dibilang Xiaomi berbeda dengan smartphone kebanyakan. Sementara di segi sotfwarenya, Xiaomi dibekali sistem Android yang sudah dimodifikasi dan dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan yang cukup lengkap. Dari segi software, sistem operasinya memiliki sedikit perbedaan dengan sistem Android yang banyak diusung pesaing lainnya.

Murah dengan Spesifikasi Tinggi

Keunggulan yang mungkin semua orang sudah tahu adalah, ponsel yang satu ini dibekali dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang terhitung sangat murah dibanding dengan pesaing lain dengan spesifikasi yang sama. Hal ini membuat banyak konsumen Xiaomi tidak jarang memburu untuk mendapatkannya. Mungkin ini merupakan jawaban untuk kamu yang ingin ponsel dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga murah.

Xiaomi Bukanlah Merk HP Murahan

Meski kebanyakan smartphone yang dijualnya jauh lebih murah dibandingkan dengan pesaing, tidak menjadikan ponsel Xiaomi menjadi ponsel murahan. Sebab, hingga saat ini Xiaomi dikenal dengan ponselnya yang cukup elegan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang ingin memiliki smartphone yang satu ini.

Dukungan Aplikasi yang Lengkap

Dikarenakan smartphone ini mengusung sistem Android, maka Xiaomi sama dengan ponsel lainnya yang bersistem operasi sama. Tak hanya itu, Xiaomi dilengkapi dengan sejumlah dengan tampilan tema yang bisa langsung diunduh secara gratis para penggunanya.

Kekurangan Smartphone Xiaomi

Memiliki Banyak Sekali Versi ROM/Frimwave

Xiaomi yang kini beredar di pasaran Indonesia memiliki banyak sekali versi ROM, diantaranya adalah Rom Global Official, Rom Cina Official, Rom Developer Cina, dan tentunya Rom Distributor Abal-abal. Jenis rom tersebut sangatlah berpengaruh pada kinerja dari ponsel Xiaomi itu sendiri dan semua aplikasi di dalamnya. Untuk kamu yang ingin punya Xiaomi lebih baik pastikan dulu bahwa kamu tidak memilih Xiaomi dengan rom dari distributor abal-abal, sebab rom yang satu ini kemungkinan besar banyak sekali kekurangannya.

Rom Xiaomi yang paling bagus merupakan Rom Global Official dan Cina Official. Kedua rom tersebut dijamin 100% official. Di dalamnya pun sudah terinstal sejumlah aplikasi dari Google Play Store dan juga aplikasi Google yang lainnya. Tentu saja, semua aplikasi tersebut sangat berguna untuk menunjang aktivitas kamu sehari-hari. Tak hanya itu rom global official umumnya sudah dilengkapi dengan Bahasa Indonesia sehingga sangat cocok masyarakat Indonesia.

Sementara untuk Rom Cina Official hanya tersedia bahasa cina dan inggris di dalamnya. Selain itu juga bisa belum terinstal aplikasi Google Play Store yang lainnya. Untuk itu, kamu harus menginstalnya sendiri.

Banyak Produk Xiaomi dengan Garansi Distributor

Produk Xiaomi yang terbaik tentu saja produk Xiaomi yang bergaransi resmi. Sebab dipastikan, smartphone Xiaomi dengan garansi resmi kemungkinan besar sangat berkualitas dan sangat mudah sekali untuk mengklaim garansinya bila ada perangkat yang rusak. Sementara, Xiaomi dengan garansi distributor kualitasnya sering kali tidak terjamin dan sulit juga melakukan klaim garansi apabila terjadi kerusakan. Tapi sebenarnya, garansi distributor pun tidak masalah, asalkan kamu memastikan terlebih dahulu bahwa distributor tersebut bertanggung jawab dan memiliki kredabilitas yang baik.

Dari kelebihan dan kekurangan di atas, menurut kamu apakah Xiaomi termasuk ke dalam smartphone yang bagus atau tidak? Mungkin, setiap orang akan memiliki pendapat yang berbeda terkait dengan hal ini. Hanya saja, jika kamu teliti dalam membeli, bisa dipastikan Xiaomi yang kamu dapatkan cukup baik. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply