Fashion

Hijab Membuat Anda Makin Cantik dan Elegan

Hijab

Zaman dahulu kala, hijab atau kerudung digunakan oleh penduduk Saudi Arabia; beberapa orang berpendapat gaya busana ini dipengaruhi oleh kondisi geografis yang berdebu pasir, sedangkan yang lain meyakininya sebagai perintah agama. Begitu pula di negara kita, Indonesia, pada awalnya tidak banyak wanita Muslim yang memakai hijab untuk menutupi rambut dan dadanya. Namun, kini memakai kerudung menjadi tren tersendiri hingga munculah istilah menarik hijab fashion atau mode hijab yang dikreasikan secara apik dan kreatif.

Saat ini hijab bukan lagi semata-mata karena perintah agama untuk menutup aurat (seluruh anggota tubuh kecuali wajah dan telapak tangan) karena perlahan namun pasti hijab menjadi bagian dari lifestyle. Tak sedikit wanita yang memutuskan menjadi hijabers sebab dirinya “merasa cantik” dengan kain warna-warni yang dililitkan di leher dan kepala; tak ada tujuan lain. Akhirnya fenomena buka-tutup jilbab seringkali terjadi dan mulai dianggap biasa oleh masyarakat. Terlepas dari pergeseran nilai dan fungsi penutup kepala ini, tidak dapat dipungkiri jika hijab fashion yang bisa dimaknai sebagai model-model hijab memberikan warna tersendiri bagi Muslimah Indonesia.

Menurut penulis buku 99 Hijab Stories: A Beautiful Spiritual Journey, Muhammad Assad, perkembangan hijab fashion di Indonesia patut diacungi jempol. Pasalnya, Assad yang sering melanglang buana melihat tren hijab di 2 negara Islam yang lain seperti Malaysia dan Qatar masih terbilang ketinggalan zaman; dan Indonesia jauh lebih cantik dan manis. Berdasarkan pengamatannya, Assad berani mengklaim muslimah kita lebih modis karena dia melihat di Malaysia masih ada wanita berhijab tapi mengenakan kaos oblong lengan pendek yang jelas tidak menutupi bagian tangan. Sedangkan di Qatar, mayoritas muslimahnya masih menggunakan jubah lebar plus cadar berwarna hitam yang tidak mencolok karena alas an cuaca dan budaya. Coba bandingkan dengan hijab fashion Indonesia yang serba full color dan penuh lilitan serta kaya aksesori.

Manakah yang lebih baik, stay simple seperti masyarakat Malaysia dan Qatar atau mengikuti perkembangan mode seperti hijabers Indonesia? Tentu saja semua terserah Anda,tergantung niat dan tujuan pemakaian hijab serta pada acara apa Anda memakainya. Hijab fashion yang simple sangat sesuai untuk dipakai sehari-hari di semua kegiatan seperti jalan-jalan atau hanya diam di rumah. Kalau Anda ingin terlihat lebih cantik dan elegan dari biasanya karena hendak menghadiri pesta pernikahan misalnya, perlulah kiranya Anda sedikit bereksperimen dan menuangkan ide hijab fashion yang disukai.  Lilitan-lilitan menarik, tumpukan pashmina dengan paduan warna yang cantik, serta bros atau hiasan jilbab yang lain menjadikan Anda hijaber yang anggun memesona.

Kalau Anda ingin tampil cantik dengan hijab fashion tapi tidak bisa berkreasi sendiri,jangan khawatir sebab sekarang ada banyak sekali video tutorial berhijab modern yang siap membantu Anda. Ada pula buku-buku dan blog yang dikelola para blogger muslimah yang mengikuti perkembangan fashion seperti Siti Juwariyah dan Dian Pelangi.

Meskipun Anda pecinta kesederhanaan atau simplicity, tidak ada salahnya kan belajar berkreasi dengan mengikuti tren hijab fashion?

Share

Leave a Reply