Beauty & Health

Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut 

Yoga-Untuk-Mengecilkan-Perut-[1]

Jangan Lupa Share ya

Perut langsing memang diinginkan setiap orang. Perut langsing bisa membuat lebih percaya diri, karena bisa tampil lebih cantik. Namun, memiliki perut langsing tidak hanya diinginkan oleh wanita. Laki-laki juga ingin memiliki perut yang ramping, karena perut buncit tak enak untuk dipandang.

Gerakan-Yoga-Untuk-Mengecilkan-Perut-[1]Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat perut menjadi lebih langsing yaitu dengan melakukan yoga. Namun, tidak semua gerakan yoga untuk mengecilkan perut secara maksimal. Hanya ada beberapa gerakan yoga yang bisa mengecilkan perut. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Gerakan Tadasana dan Caranya


Gerakan yoga yang paling mudah dilakukan untuk mengecilkan perut yaitu gerakan Tadasana. Gerakan ini berfungsi untuk menguatkan otot bagian perut, membantu menyeimbangkan kinerja otot tubuh secara alami serta memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Cara melakukan gerakan yoga Tadasana ini sangat mudah dan kamu bisa melakukannya sendiri. Karena kamu hanya perlu melakukan dua gerakan berikut ini:

  • Pertama ambil posisi berdiri tegak. Setelah itu jinjitkan kaki ke atas sambil menarik napas.
  • Lakukan gerakan ini 10 kali atau bisa lebih sesuai dengan kemampuan.

Gerakan Pavanamuktasana dan Caranya


Selain gerakan Tadasana yang mudah dilakukan, gerakan Pavanamuktasana juga termasuk gerakan yoga yang sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan, gerakan yoga ini bisa kamu lakukan sendiri di atas kasur setiap harinya. Nah, untuk melakukan gerakan yoga Pavanamuktasana ini, kamu bisa simak caranya berikut ini:

  • Gunakan matras atau yoga sebagai alas. Setelah itu, berbaring secara sempurna.
  • Gerakan pertama yaitu angkat kepala dan tarik kaki kanan sambil menarik napas. Lalu, keluarkan napas dan cium lutut.
  • Gerakan selanjutnya yaitu ganti mengangkat kaki kiri dengan cara yang sama.
  • Gerakan yang selanjutnya yaitu tarik kedua kaki hingga menyentuh hidung. Pada posisi ini tahan selama 30 detik atau bisa lebih, sesuai dengan kemampuan.
  • Ulangi beberapa kali, agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Gerakan Bhujangasana dan Caranya


Ingin mengecilkan perut serta memiliki kelenturan pada pinggang? Cara mudah yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan gerakan Bhujangasana. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan gerakan yoga ini secara rutin yaitu terhindar dari sakit punggung. Bahkan, sakit punggung yang sudah menyerang akan hilang dengan melakukan gerakan ini.

Nah, bagi kamu yang ingin melakukan gerakan yoga untuk mengecilkan perut, ikuti caranya berikut ini:

  • Pertama, ambil posisi tidur telungkup dengan kaki lurus dan posisi tangan berada di bawah bahu.
  • Tarik napas secara perlahan serta angkat badan ke arah belakang dengan kedua tangan. Pada posisi tubuh terangkat, tahan hingga 1 menit.
  • Setelah itu hembuskan napas secara perlahan sambil kembali ke posisi awal. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa melakukannya hingga 5-10 kali, tergantung dari kemampuanmu.

Gerakan Dhanurasana dan Caranya


Gerakan yoga yang selanjutnya yaitu Dhanurasana. Selain untuk mengecilkan perut buncit, gerakan ini juga bisa memperbaiki postur tubuh. Meski gerakan ini terbilang sulit, tapi kamu akan terbiasa jika melakukannya secara rutin.

Jika ingin melakukannya, kamu bisa mengikuti caranya berikut ini:

  • Siapkan kasur atau matras. Setelah itu berbaring dengan telungkup. Lalu, tekuk lutut ke atas dan pegang pergelangan kaki dengan tangan.
  • Pada gerakan ini, angkat tubuh hingga melengkung seperti perahu. Pada gerakan ini, perut menjadi tumpuan badan.
  • Untuk kepala arahkan ke arah atas. Untuk hasil yang sempurna, tahan posisi ini selama 30 menit atau lebih.

Gerakan Naukasana dan Caranya


Gerakan yoga untuk mengecilkan perut yang terakhir yaitu Naukasana. Dengan melakukan gerakan yoga ini secara rutin, impian memiliki perut yang ramping akan terwujud.

Untuk melakukan gerakan yoga Naukasana, berikut ini caranya:

  • Pada gerakan ini, siapkan kasur atau matras. Ambil posisi terlentang dengan kedua kaki dirapatkan. Sedangkan untuk kedua tangan menempel di matras atau tepat di kedua sisi tubuh.
  • Gerakan yang selanjutnya yaitu angkat tangan, kaki, bahu dan kepala secara perlahan. Ketika mengangkat anggota tubuh tersebut, iringi dengan ambil napas secara perlahan.
  • Ketika kaki, dagu dan kepada diangkat, semuanya tertumpu oleh otot perut. Untuk hasil yang maksimal, tahan pada gerakan ini semampumu.
  • Kamu bisa mengulangi gerakan-gerakan tersebut. Agar hasil maksimal, lakukan gerakan ini 5-10 kali dalam setiap latihan.

Baca juga: 8 Gerakan Yoga Mengecilkan Perut yang Wajib Dicoba

Itulah gerakan yoga untuk mengecilkan perut yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Dengan cara ini, impian memiliki perut ramping akan segera terwujud. Semoga cara ini berguna dan selamat mencoba.

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply