Mother & Baby

Gerakan Senam Bumil 9 Bulan untuk Memperlancar Persalinan

Jangan Lupa Share ya

Menjadi seorang ibu hamil tentunya tidak mudah. Seorang ibu hamil tidak hanya menjaga satu nyawa saja, melainkan dua nyawa yaitu si Ibu dan si bayi yang ada di dalam kandungan. Selain pemberian asupan makanan yang bergizi, seorang ibu hamil juga harus melakukan olahraga seperti senam agar dimudahkan untuk persalinan.

Nah, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai gerakan senam Bumil 9 Bulan untuk memperlancar persalinan yang bisa kamu terapkan di rumah.Gerakan Senam Bumil 9 Bulan untuk Memperlancar Persalinan

Gerakan Senam Ibu Hamil


Ketika sedang hamil tua, seorang perempuan bukan berarti harus bedrest dan tidak boleh melakukan gerakan aktifitas. Dengan olahraga justru ibu hamil bisa membantu memperlancar sirkulasi darah dan memudahkan persalinan lho. Langsung saja, berikut ini adalah penjelasan tentang gerakan senam bumil 9 bulan untuk memperlancar persalinan.

Gerakan Duduk Bersila

Gerakan senam ibu hamil hampir sama dengan gerakan yoga pada umumnya. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan posisi duduk bersila di atas matras yoga yang memiliki alas empuk dan nyaman. Gerakan yang satu ini bermanfaat untuk mengencangkan otot dan meredakan stress tubuh selama kehamilan.

Cara melakukan gerakan ini adalah dengan menarik kedua tangan ke bagian depan dada dan menghembuskan nafas secara berulang dalam hitungan waktu. Kegiatan pergantian nafas dilakukan dengan menarik tangan ke arah atas kepala dan ke bawah perut.

Senam Jongkok

Selain senam duduk bersila, kamu juga bisa melakukan gerakan senam jongkok. Gerakan senam jongkok bisa memperkuat otot panggul dan paha sehingga bisa bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan. Gerakan senam ini sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil berusia 7-9 bulan.

Cara melakukan gerakan senam ini adalah dengan menurunkan badan hingga posisi jongkok yang mana bagian punggung tegak lurus. Tahan posisi sambil bernafas secara normal selama 10 detik dan kembali ke posisi awal.

Senam Kegel

Salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja oleh ibu hamil adalah senam kegel. Cara melakukan gerakan senam yang satu ini adalah dengan mengontraksikan otot yang ada di sekitar saluran kencing dan vagina seperti ketika menahan kencing. Ulangi gerakan tersebut dan menahannya hingga 10 detik.

Kamu bisa melakukan gerakan ini sebanyak 10 kali setiap harinya untuk membantu mempermudah proses persalinan.

Gerakan Senam Merangkak

Jenis gerakan senam yang bisa dilakukan ibu hamil selanjutnya adalah gerakan senam merangkak. Gerakan ini sangat baik untuk membantu mempersiapkan otot tubuh bagian bawah pada saat proses persalinan.

Cara melakukan gerakan senam ini adalah dengan mengambil posisi seperti merangkak dan mengarahkan pandangan ke depan dengan punggung sedikit terangkat. Tarik dan buang nafas secara bergantian. Sembari olahraga nafas, kamu bisa melengkungkan punggung ke arah dalam dan kembali ke posisi semula.

Senam Yoga Ball

Rekomendasi gerakan senam bumil 9 bulan yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah senam yoga ball. Jenis senam ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan selama proses kehamilan hingga persalinan. Dengan melakukan gerakan ini, kamu pasti akan lebih rileks dan dapat mengurangi rasa nyeri pada punggung.

Cara melakukan gerakan senam yang satu ini adalah dengan duduk santai di atas bola yang biasa digunakan untuk yoga. Bagian kaki dibuka selebar pinggul dan meluruskan tangan ke arah depan sambil mengatur pernafasan.

Manfaat Senam Hamil untuk Ibu Hamil 9 Bulan


Setelah mengetahui cara senam hamil yang baik untuk bumil 9 bulan, selanjutnya kamu juga harus tahu tentang manfaat senam hamil itu sendiri. Selain menjaga kebugaran tubuh selama hamil, kamu juga bisa mendapatkan manfaat mengurangi nyeri pegal yang sangat umum dialami oleh ibu hamil. Dengan senam hamil, ibu bisa mendapatkan energi yang lebih sehingga bisa beraktifitas dengan baik.

Tidak hanya itu, bagi ibu hamil yang sering mengalami gangguan tidur, dengan melakukan gerakan senam juga bisa mengatasi masalah tersebut. Selain mengatasi sulit tidur, senam bumil juga bisa membuat tidur lebih nyenyak dan lebih rileks. Apabila tidur yang dilakukan cukup, maka ibu juga tidak akan mudah stress dan membangun suasana positif hingga proses persalinan tiba.

Nah, begitulah penjelasan singkat mengenai contoh gerakan senam bumil 9 bulan dan manfaat melakukan senam untuk ibu hamil. Apabila kamu masih merasa ragu untuk melakukan senam, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan pilihanmu.

Baca Juga! Manfaat Senam dan Olahraga Ringan untuk Bumil

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply