MEDIA ROOM

Geliat e-money Di Ranah E-commerce Indonesia

Jangan Lupa Share ya

Jakarta, 8 Oktober 2015 – Dunia digital memang semakin berkembang di Indonesia. Salah satu hasil perkembangannya berbentuk pada uang elektronik. Jika dilihat secara kontribusi, memang belum mencapai angka yang optimal. Namun pelan tapi pasti, jumlah pengguna uang elektronik  atau yang dikenal dengan e-money, di Indonesia terus melonjak.

Menurut pada data dari Bank Indonesia, pada tahun 2013 lalu total transaksi melalui e-money di Indonesia mencapai angka Rp 2 Triliun. Setahun berikutnya, jumlah tadi meningkat sebesar 29%. Penetrasi dunia digital memang telah membuka mata banyak orang, termasuk penggunaan e-money ini. Tak ayal, di tahun 2015  ini, Bank Indonesia terus berupaya untuk mendorong penggunaan transaksi uang elektronik untuk mengalami peningkatan sebesar 2,4% dalam perhitungan Gross Domestic Product.

Bersamaan dengan harapan Bank Indonesia itulah, para pemain e-commerce juga semakin menggalakkan penggunaan e-money sebagai salah satu metode pembayaran mereka. Tak ayal, para pemain e-commerce di Indonesia kerap membuat program yang pada akhirnya melibatkan e-money sebagai salah satu proses pembayarannya.

“Kami melihat bahwa e-money di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Yang saat ini kami sedang lakukan adalah edukasi melalui sosialisasi penggunaan e-money sebagai pembayaran, di mana kami membuat program khusus bagi pengguna e-money tersebut,” ujar Madeleine Ong de Guzman, Vice President Marketing elevenia. Lebih lanjut lagi ditambahkan oleh Madeleine bahwa hingga September 2015 lalu, jumlah penggunaan e-money sebagai salah satu metode pembayaran di elevenia terus meningkat. “Jumlahnya hampir 6% dari jumlah total transaksi di elevenia,” imbuh Madeleine.

Lebih lanjut lagi ditambahkan oleh Madeleine, bahwa saat ini di elevenia sudah tersedia 5 pilihan pembayaran melalui e-money, yakni XL Tunai, T-Cash, Indosat Dompetku, BBM Money, dan yang terbaru adalah Mandiri e-cash. “Saat ini memang pembayaran dengan e-money masih terbilang kecil, namun jumlah volume transaksi bisa mencapai Rp 1 Milyar,” ujar Madeleine. Ditambahkan Madeleine bahwa mulai bulan Oktober ini, setiap hari Kamis ada program khusus, potongan harga 30% bagi mereka yang membayar dengan menggunakan Mandiri e-cash.

Jangan Lupa Share ya

Comments 1

  1. Karena masyarakat belum terbiasa menggunakan e-money, maka banyak yg belum menggunakannya. Butuh sosialisasi lewat media massa mungkin…

    Reply

Leave a Reply