Home & Garden

Fungsi Unsur Hara Makro Dan Mikro Bagi Tanaman

Tanaman juga salah satu makhluk hidup yang juga membutuhkan nutrisi agar bisa hidup subur dan berkembang biak dengan baik. Pada dasarnya di saat kita akan melakukan sebuah kegiatan budidaya tanaman dengan jenis apapun. Pupuk tanaman memang sangat di perlukan bagi semua tanaman karena pupuk inilah yang menjadi sumber makanan dari semua tumbuhan.

Secara umum, tumbuhan akan membutuhkan 2 unsur hara yakni unsur hara makro dan mikro agar menunjang pertumbuhan bisa lebih optimal. Pemakaian kedua unsur hara ini memang memiliki fungsi masing- masing pada tumbuhan. Apa saja fungsinya? Simak ulasan berikut ini:

Fungsi unsur hara makro

Unsur hara makro memiliki beberapa fungsi yang penting bagi tanaman. Seperti hal nya manusia nutrisi terbaik juga sangat dibutuhkan oleh tanaman. Jika ingin menghasilkan buah yang lebat maka nutrisi utama harus terpenuhi terlebih dahulu. Berikut adalah fungsi dari unsur hara makro :

  • Unsur hara makro memiliki kandungan zat arang, hydrogen dan juga oksigen yang menjadi bahan baku untuk pembentukan jaringan pada tubuh tanaman. Dengan adanya ketiga kandungan ini maka pada saat pembentukan karbohidrat, respirasi, proses fotosintesis, kerja kimia, kerja mekanis dan juga kerja osmotic pada tumbuhan bisa lancar.
  • Fungsi hara makro dan mikro selanjutnya adalah bisa meningkatkan pertumbuhan tanaman, daun bisa hijau sehat, dapat mempercepat pertumbuhan tanaman seperti tambah tinggi dan menambah jumlah daun.
  • Kadar protein dalam tanaman bertambah.
  • Kualitas tanaman bertambah dari ukuran daun dan buah.
  • Zat hara phosphor adalah berfungsi untuk memberikan stimulus untuk mempercepat pertumbuhan makanan dan akar, memperkuat tumbuhan dewasa serta mempercepat pemasakan untuk masa panen.
  • Kandungan kalium yang ada di unsur hara makro sangat berfungsi untuk memperbesar vigor dan memiliki daya tahan tanaman, pembentukan karbohidrat dan protein, mengurangi kerontokan gabah, menaikkan kualitas tanaman, memiliki peran sebagai activator dari sebagian enzim essensial pada reaksi fotosintesis.
  • Terdapat kalsium yang bisa menjadi sumber utama untuk memperkuat tanaman. Fungsinya adalah mengatur keasaman tanah yang ada di dalam tubuh tumbuhan, bisa menetralkan racun di tanaman.
  • Adanya kandungan magnesium bisa membuat tanaman sehat dan hijau, bisa mengatur peredaran untuk unsur P yang ada dalam tubuh, bisa mengatur karbohidrat yang ada di dalam tubuh tanaman, bisa menyusun unsur klorofil.
  • Kadar belerang nya bisa pembentukan bintil yang ada di akar leguminosa, menyusun asam-amino methionine dan sistein.

Fungsi Unsur Hara Mikro

Berikut ini adalah sederet fungsi dari unsur hara mikro yang tak kalah pentingnya bagi pertumbuhan tanaman :

  • Unsur hara mikro yang selanjutnya adalah kandungan borium yang memang sangat di perlukan untuk bisa mempercepat pertumbuhan sel, khusus nya yang ada pada titik tumbuh puncak serta untuk proses pembentukan tepung sari, akar dan bunga.
  • Zat besinya juga sangat penting dalam pembentukan zat karbohidrat, zat hijau daun, protein, lemak dan juga enzim. Enzim-enzim tertentu tersebut adalah bagian dari protein yang memiliki fungsi pembawa electron untuk fase terang fotosintesis.
  • Zat mangan sangat berfungsi sebagai activator dari semua enzim, memiliki peran untuk menstimulus pemecahan molekul air di fase fotosintesis. Zat ini memang membantu pembentukan zat protein, vitamin C untuk mempetahan kan warrna hijau.
  • Kandungan molybdenum juga banyak sekali fungsinya, zat ini adalah zat yang sangat di perlukan oleh semua tumbuhan yang memiliki timbangan kecil yang mana sangat susah tumbuh besar dan subur.
  • Zat yang selanjutnya adalah tembaga, dimana tanaman pastinya sangat membutuhkannya untuk melakukan proses kimiawi. Contohnya adalah respirasi atau oksidasi lemak, protein dan juga zat karbohidrat. Selain itu, zat ini juga sangat penting untuk menghasilkan zat hijau pada daun. Ada beberapa enzim dan protein yang juga terlihat pada reaksi oksidasi maupun reduksi yakni enzim respirasi yang ada di mitokondria sedangkan protein ada pada kloropas.
  • Zat yang terakhir adalah zat seng, dimana jika kekurangan seng selalu di hubungkan dengan tanah netral hingga alkalie yang berbahan organik yang tinggi. Tanaman yang masih kecil akan berkurang serta tanaman dapat tumbuh lebih kecil dari umumnya, lalu semua daun pada bagian bawah akan menjadi kuning di antara tulang- tulang daun. Apabila warna kuning tiba- tiba muncul bintik atau noda coklat yang umumnya akan terlihat pada pucuk daun. Jika kekurangan seng ini akan jauh lebih parah jika N dan juga P di berikan dengan dosis yang sangat tinggi. Zat ini juga memiliki perat dalam pembentukan klorofil.

Nah, itulah sekilas info yang dapat diberikan kepada Anda mengenai unsur hara makro dan mikro. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply