Beauty & Health

Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Jerawat

Jangan Lupa Share ya

Bekas jerawat memang  selalu membuat gak nyaman dan rasa pede juga sering hilang. Terlebih lagi jika bekas itu sampai ada di bagian wajah. Tentu, akan membuat tambah minder. Apakah kamu tengah mengalami hal ini? Dan sedang mencari solusinya? Sebelum kamu mencari solusi tentang mengatasi bekas jerawat atau flek hitam terutama di wajah ini, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu penyebab dari bekas jerawat atau flek hitam itu sendiri.

Sebenarnya terdapat dua faktor  penting yang dapat menyebabkan hadinnya bekas jerawat, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal proses berkaitan dengan hal yang ada di dalam tubuh, seperti hormon ataupun virus penyakit yang menyebabkan hadirnya jerawat kemudian hadirnya jerawat tersebut nantinya menimbulkan bekas. Sedangkan faktor eksternal itu meliputi kondisi yang berkaitan di luar tubuh, seperti faktor kurangnya menjaga kebersihan pada wajah.

Faktor-Faktor Penyebab Bekas Jerawat Yang Paling Sering Terjadi

1. Hormon

Hormon estrogen dan progesteron merupakan hormon-horman yang terdapat dalam tubuh manusia yang dapat memicu hadirnya bekas jerawat atau bintik hitam pada wajah. Meningkatnya kedua hormon ini dapat disebabkan karena mengonsumsi pil KB dalam jangka panjang, tidak heran jika peningkatan hormon ini sering diderita oleh ibu yang sedang hamil ataupun wanita yang telah terbiasa mengonsumsi pil KB.

2. Obat-obatan kimia

Selain pil KB ternyata ada juga beberapa obat berbahan kimia yang dapat memicu hadirnya bekas jerawat atau bintik hitam pada wajah, beberapa obat kimia itu meliputi obat-obat yang banyak mengandung sitotastik, minosiklin, dan klopromazine.

3. Sinar ultrafiolet

Seringnya terkena paparan sinar matahari juga dapat memicu hadirnya bercak hitam pada wajah. Karena ketika kulit sering terkena paparan sinar matahari, maka akan membuat pembentukan yang berlebih pada pigmen melanin yang terdapat pada kulit wajah.

4. Kosmetik

Penyebab bekas jerawat selanjutnya yaitu kosmetik. Ada sebagian kosmetik yang banyak mengandung parfum, pewarna dan bahan-bahan lainnya juga dapat memicu timbulnya bekas jerawat berwarna kehitaman. Karena bahan-bahan ini akan mengalami fotosintesis yang berlebih apabila terkena paparan sinar matahari dan menyebabkan sensitif pada kulit wajah. Maka disarankan untuk Anda agar berhati-hati dalam memillih produk kosmetik terutama yang akan digunakan pada wajah.

5. Ras

4 poin di atas tadi merupakan faktor yang disebabkan oleh keadaan luar atau ekternal, sekarang, faktor yang satu ini yaitu ras disebabkan oleh faktor internal atau keturunan. 20 persen penyebab flek jerawat yaitu dikarenakan keturunan dari kedua orang tua. Seseorang yang memiliki keturunan atau ras warna kulit agak gelap akan lebih beresiko mengalami flek hitam pada wajah yang disebabkan karena jerawat.

Demikianlah informasi singkat mengenai penyebab bekas jerawat yang paling sering diderita oleh sebagian orang. Solusi untuk mengatasinya ialah gunakanlah produk kecantikan yang dipercayai dapat mengurangi proses pigmentasi pada kulit atau gunakanlah beberapa bahan alami yang ada disekitar Anda.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply