Culinary

Fakta Unik Ramen

fakta-menarik-ramen

Salah satu hidangan khas Jepang yang paling dikenal yaitu Ramen tentu saja tidak asing lagi buat kamu yang menggemari mie. Hidangan khas Jepang yang satu ini paling lezat disantap ketika cuaca sedang mendung dan hujan mulai turun. Selain kuah gurih dan berbagai macam topping yang bisa kamu nikmati, Ramen yang kini telah sampai ke Indonesia ternyata memiliki banyak fakta menarik lho elevenian. Apa saja itu? Ini dia!

Berasal dari Cina

Meski Ramen merupakan hidangan yang dipopulerkan oleh Jepang, ternyata Ramen adalah menu yang awalnya berasal dari Cina lho elevenian. Dilansir dari harianbernas.com, dalam buku karangan George Solt, Ramen merupakan sebuah hidangan yang berupa sup khas buatan Cina. Menu ini dibawa oleh para pedangan Cina mulai dari abad ke 19.

Dikonsumsi di Luar Angkasa

Ramen juga merupakan menu yang dikonsumsi di luar angkasa lho elevenian. Dilansir dari qraved.com seorang angkasawan bernama Soichi Noguchi adalah orang pertama yang memakan Ramen diluar angkasa. Tentunya, Ramen yang dimakan di Bumi dan luar angkasa akan sangat repot jika tidak dimodifikasi. Maka dari itu, ramen yang telah dimodif dinamakan Space Ram.

Museum Ramen

Jika suatu hari kamu pergi ke Yokohama, Jepang. Mungkin Musuem Ramen bisa menjadi salah satu tempat atraksi untuk dikunjungi. Ada 3 macam Museum Ramen di Jepang. Ketiga musuem tersebut adalah, Museum Shin-Yokohama Ramen dan Museum Cup-Noodles di Yokohama dan Museum Instant Ramen di Osaka. Museum-museum ini memiliki keunikannya masing-masing.

Museum Shin Yokohama dan replika tahun 1958 Jepang.

Pada Museum Shin-Yokohama, kamu bisa melihat sendiri sejarah Ramen masuk ke dalam budaya Jepang. Tak ketinggalan berbagai macam menu Ramen yang mereka sediakan di sini. Yang lebih seru lagi nih elevenian, kamu isa melihat replika jalanan Jepang pada tahun 1958 ketika Ramen mulai terkenal. Kamu juga bisa mencicip berbagai macam Ramen khas dari berbagai wilayah Jepang.

Nah, untuk Museum Instant Ramen di Osaka, kamu bisa melihat sejarah terbentuknya mie instan di Jepang. Museum yang dibuka pada tahun 1999 ini akan memperlihatkan kamu sejarah, perkembangan, invoasi serta koleksi mie instan dalam cup terbesar di Jepang.

Foto diambil dari Nissin.com
Foto diambil dari Nissin.com

Makanan Mahal

Tahukah kamu bahwa Ramen pernah menjadi menu yang sangat mahal? Harga Ramen bahkan bisa mencapai 6 kali lipat dari Udon pada tahun 1958. Pada tahun itulah, ramen pertama kalinya disediakan di supermarket di Jepang.

Bervariasi

seirock_-1200x800-1200x800
Ramen lezat dari Jepang.

Ramen di Jepang tidak hanya memiliki satu macam. Contohnya, Ramen di Sapporo memiliki ciri khas kuah yang kental dan berbasis miso sedangkan Ramen Tokyo memiliki kuah yang berbasis kaldu ayam. Tak hanya dari kuah, namun Rame di Jepang juga memiliki berbagai macam topping. Seperti telur ayam, fish cake, serta daging sapi, babi dan ayam.

Share

Leave a Reply