Home /Food

Fakta Menarik Macaron

Jangan Lupa Share ya

Hi elevenian!

Mulai dari tanggal 26 Desember hingga 1 Januari 2017, MOKADO elevenia akan memberikan kamu diskon 50% untuk pencuci mulut dari Maquis. Salah satu diantaranya adalah Macaron. Yes, dessert yang satu ini tentu saja sudah kalian kenal. Kue bundar dengan filling yang beragam serta warna yang cantik tntu saja susah sekali untuk ditolak.

Jika kamu adalah penggemar penutup mulut yang satu ini, maka minggu ini adalah kesempatan kamu untuk mendapat diskon khusus nih elevenian! Nah, sebelum kamu memborong seluruh Macarons yang tersedia di Maquis di Jakarta, blog elevenia mau bercerita mengenai beberapa fakta unik tentang Macarons nih! Simak info berikut ini yaa.

  1. Berasal dari Itali
Foto diambil dari: https://brunch.co.kr
Foto diambil dari: https://brunch.co.kr

Dalam pengetahuan umum, kue Macaron dikenal sebagai pencuci mulut yang datang dari Perancis. Akan tetapi, sejarah mengatakan bahwa kue Macaron awalnya berasal dari Itali yang kemudian dipopulerkan oleh negara Perancis. Kue Macaron lahir ke dunia kuliner pada tahun 1533 oleh para monk Itali. Dessert ini kemudian diperkenalkan oleh Chef Catherine de Medici yang menjadi istri dari Raja Henri II. Dari sinilah, kue Macaron dikenal sebagai pencuci mulut dari Perancis. Namun asal usul originalnya adalah Itali.

  1. Tidak Memiliki Isi dan Tidak Berwarna
French macaron shells (pronounced macaroon a popular buttercream filled meringue type cookie or biscuit) on baking sheet lined with baking parchment paper.
French macaron shells (pronounced macaroon a popular buttercream filled meringue type cookie or biscuit) on baking sheet lined with baking parchment paper.

Beberapa hal yang menarik dari Macaron adalah warnanya yang menarik mata dan filling smooth ganache yang menggugah selera. Akan tetapi, Macaron pada awalnya hanya kue sebuah kue yang polos terbuat dari bahan dasar bubuk almond, telur puth dan gula. Menurut sejarah, kue Macaron itu berasal dari kata Bahasa Itali “Maccarone” yang memiliki arti “paste”.

  1. Berubah di Abad ke-20
macarons2
Macaron terkini yang tersedia pada hari ini.

Macaron yang pada awalnya hanya sebuah kue kering kemudian mengalami perubahan pada abad ke-20. Kue Macaron yang pada hari ini Anda lihat adalah bentuk kue Macaron yang sudah dimodifikasi seiring berjalannya waktu. Ide kue Macaron diberikan isi dan dibentuk seperti sebuah sandwich seperti sekarang datang dari Pierre Desfontaines. Ide beliaulah yang merubah bentuk Macaron pada hari ini.

  1. Pengucapan “Macaron” yang benar adalah “Ma-Ka-Ron”
448665-macaron1
Foto diambil dari: http://lavandepastries.com/details/

Hayoo siapa yang di sini mengucap “macaroon” dengan cara “mah-ka-run”? Ternyata nih elevenian, cara pengucapannya yang benar adalah “Ma-Ka-Ron”. Meski pengucapan yang benar tidak begitu diketahui khalayak public, pengucapann “macaroon” kini pun diterima oleh masyarakat di seluruh dunia.

  1. Memiliki Hari Nasional di New Work
Foto diambil dari: http://newyork.seriouseats.com
Foto diambil dari: http://newyork.seriouseats.com

Masyarakat Amerika terutama di New York memiliki antusias yang tinggi terhadap makanan. Salah satu makanan yang paling populer adalah Macaron. Saking populernya, mereka memiliki hari nasionalanya sendiri! Yup, sejak tahun 2010, the Macaroon Day diperingati setiap tanggal 20 Maret di New York. Hari Nasional ini berawal dari Chef Pierre Herme’ yang berkolaborasi dengan Association Relais Dessert. Kabarnya, pada hari tersebut, toko kue manapun di New York akan membagikan Macaron gratis kepada sesiapa pun yang lewat. Hmm lumayan lho elevenian buat dessert gratis!

Gmana elevenian? Jadi kepengen makan Macaron sekarang ga? Kalau iya, beli aja via MOKADO sekarang di sini. Mumpung lagi diskon nih! Hehe. Selamat menikmati ya elevenian.

 

Jangan Lupa Share ya

Comments 2

  1. Garmen Studio

    wah baru tahu.. keren infonya min

    salam

    Reply
  2. Eggi

    Sering lihat tapi belum pernah coba.. Jadi pengen coba nih.. mantap infonya..

    Reply

Leave a Reply