Religi

Fadhilah Surat Al-Waqiah yang Perlu Kita Tahu

Kitab suci umat islam yang di dalamnya terdapat kalam Allah adalah Al-Quran. Kesucian Al-quran memanglah sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, Al-quran telah menjadi kitab suci yang paling otentik dan tidak pernah digubah dari berbagai pihak sejak pertama kali diturunkan oleh Allah pada Nabi Muhammad Sallallahu ‘alaihi wa sallam sampai saat ini dan bahkan sampai dunia ini berakhir.

Surat Al Waqiah merupakan salah satu surat yang terkandung dalam Al-quran dan merupakan surat ke-56 yang terdapat di dalam juz ke 27. Di dalam surat Al Waqiah terdapat 96 ayat dan dinamakan surat Al Waqiah dikarenakan sesuai dengan ayat pertama yaitu al-waqiah yang artinya kiamat. Sementara itu, isi dari surat waqiah itu sendiri adalah menceritakan tentang bagaimana hari kiamat akan terjadi serta balasan bagi orang mukmin dan juga orang kafir.

Selain itu, dalam surat Al waqiah juga terdapat keterangan tentang penciptaan manusia, api dan juga semua jenis tumbuhan yang juga menerangkan tentang kekuasaan Allah serta akan adanya hari kebangkitan yang memang benar keberadaannya. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasul yaitu:

“Barang siapa yang membaca surat al-waqiah setiap harinya maka ia tidak akan ditimpakan kekafiran”.

Fadhilah Membaca Surat Al-Waqiah

Dijauhkan Dari Kemiskinan

Apabila kamu membiasakan diri untuk selalu membaca surat Al waqiah sekali dalam setiap malam, maka kamu akan mendapatkan pahala yang sangat berarti yaitu akan dijauhkan dari kemiskinan untuk selama-lamanya.

Mengajarkan Tauhid

Selain menerangkan tentang kekayaan dan rezeki, ternyata dalam surat Al waqiah juga mengajarkan tentang tauhid yang membuat kita percaya pada Allah dan semakin membuat kita yakin bahwa semua hal yang telah terjadi dan akan terjadi telah diatur dengan baik oleh Allah termasuk urusan rezeki.

Memperoleh Kekayaan Berlimpah

Apabila kamu membaca surat Al waqiah setiap selesai shalat ashar sebanyak 14 kali secara rutin, maka kamu akan mendapatkan balasan yang berupa kekayaan yang berlimpah dan tidak akan habis sampai kapanpun.

“Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

Ditunaikan Hajatnya Berhubungan Dengan Rezeki

Jika kamu membaca surat Al Waqiah sebanyak 41 kali dalam sekali duduk atau dalam satu majlis, maka Allah akan mengabulkan semua keinginan yang kamu minta, khususnya yang berhubungan dengan rezeki.

Mempermudah Roh Keluar Dari Jasad

Jika surat Al Waqiah dibacakan di sisi mayat atau pun orang yang sedang nazak, maka Allah akan mempermudah rohnya keluar dari jasadnya. Dengan demikian, maka orang itu tidak akan terlalu lama merasakan sakaratul maut.

Diringankan Sakitnya

Jika kamu membacakan surat Al Waqiah di sisi seseorang yang sedang sakit, maka Allah akan memperudah proses kesembuahnnya dan penyakit orang tersebut juga akan diringankan.

Dipermudah Melahirkan

Jika kamu menulisan dan memakaikan surat Al Waqiah ini pada seseorang yang akan segera melahirkan, maka Allah akan mempermudah proses kelahirannya tanpa adanya halangan yang berarti.

Dijauhkan Dari Kefakiran

Dengan membaca surat ini sebagai bacaan yang rutin dibaca setiap hari dan malam, maka InsyaAllah Allah akan menjauhkan segala kefakiran untuk selamanya.

Pelindung Diri Dari Kemudaratan Dunia

Jika surat ini dibacakan untuk seorang wanita dan gadis, maka akan dapat melindungi diri dari segala jenis kemudaratan dunia. Selain itu, dapat pula terhindar dari kemiskinan.

Diberikan Kesenangan dan Kemudahan

Bagi siapapun yang membaca surat Al Waqiah ini ketika wirid, maka Allah akan memberinyan kesenangan dan kemudahan dalam hidupnya untuk selamanya.

Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Bagi orang yang rajin membaca Surat Al Waqiah ini, maka akan mendapatkan syafaat di hari kiamat yang sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim.

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:

“Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

Itulah beberapa fadhilah yang bisa kita dapatkan dari membaca Surat Al Waqiah yang sangat beraneka ragam. Sudah selayaknya kita sebagai kaum muslim yang beriman untuk mengamalkan sebagai bentuk wasilah memohon rezeki pada Allah. Gunakan cara ini supaya memungkinkan kita untuk mendapatkan istiqomah dalam mengamalkannya dan semoga rezeki bisa kita dapatkan dengan diberi kemudahan oleh Allah SWT, Amin. (elevenia)

Leave a Reply