Religi

Fadhilah Surat Al-Ikhlas dan Waktu yang Dianjurkan untuk Membacanya

Jangan Lupa Share ya

Surat al-Ikhlas menjadi surat yang menempati urutan ke 122 dalam al-Qur’an. Ini adalah salah satu surat yang paling sering dibaca di berbagai kegiatan keagamaan. Hal itu lantaran keutamaan atau Fadhilahnya yang amat banyak. Hal ini sesuai dengan beberapa hadis Nabi yang menyebutkan Fadhilah dari surat ini. Dan keutamaan-keutamaan tersebut akan semakin besar jika dilakukan pada waktu yang dianjurkan untuk membacanya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Fadhilah surat al-Ikhlas dan waktu terbaik untuk membacanya.

Beberapa Fadhilah Surat Al-Ikhlas

Sesungguhnya ada banyak Fadhilah yang akan Anda dapatkan saat membaca surat yang tergolong pendek ini. Namun, pada kesempatan ini akan diulas mengenai 3 Fadhilah dari surat al-Ikhlas yang akan Anda peroleh.

Mendapatkan Cinta Allah Swt

Fadhilah yang pertama dari surat al-Ikhlas adalah Anda akan mendapatkan cinta dari Allah Swt. Hal ini sebagaimana yang telah tertera dalam sebuah Hadis Nabi yang intinya adalah Nabi mengutus suatu pasukan dan saat salah seorang sedang menjadi imam dalam salat, ia mengakhiri dengan membaca surat al-Ikhlas. Dan ketika pulang, sekelompok orang itu bercerita kepada Nabi. Dan akhirnya Nabi memberi penegasan bahwa Allah mencintai orang yang membaca surat ini.

Dari petunjuk Hadis tersebut tentu sudah dapat dipahami bahwa seorang yang membaca surat al-Ikhlas juga harus disertai rasa cinta kepada Allah. Seseorang yang cinta kepada Allah, maka akan mendapatkan cintanya Allah. Namun, sering membaca surat ini saja tidaklah cukup, seseorang juga perlu untuk menjauhkan diri dari berbagai bentuk kemaksiatan yang akan mengundang murka Allah.

Bisa Masuk Surga

Fadhilah dari surat al-Ikhlas selanjutnya adalah seseorang bisa dengan mudah masuk ke dalam surga-Nya Allah. Sebagaimana diungkap dalam Hadis Nabi yang intinya bagi seorang yang membaca surat al-Ikhlas, maka wajib baginya surga. Dari keterangan ini tentu bisa diambil pelajaran bahwa keutamaan seseorang yang membaca surat al-Ikhlas adalah ia akan lebih mudah masuk ke dalam surga. Namun, tetap saja ia harus melakukan amal kebaikan yang lain, melakukan segala perintah Allah dan menjauhi larangannya supaya semakin mudah untuk memasuki surga-Nya.

Sebanding dengan Sepertiga Al-Qur’an

Tahukah Anda bahwa ternyata membaca surat al-Ikhlas sebanding dengan sepertiga al-Qur’an. Hal ini sebagaimana yang diungkap di dalam Hadis Nabi yang intinya adalah ada seseorang yang membaca surat al-Ikhlas lalu mengulang-ulang membaca surat tersebut. Kemudian pada pagi harinya, ia mendatangi Rasul dan seperti menganggap remeh atas surat tersebut.

Kemudian Rasul menegaskan bahwa sesungguhnya surat ini sebanding dengan jumlah sepertiga al-Qur’an. Dari sumber ini bisa dipahami bahwa Fadhilah surat al-Ikhlas adalah mendapatkan pahala sebagaimana pahalanya orang membaca sepertiga dari al-Qur’an. Namun pastinya harus disertai pula dengan keikhlasan dan berbagai perbuatan baik lainnya agar iman dan amal seseorang menjadi lebih sempurna.

Waktu yang Dianjurkan untuk Membaca Surat Al-Ikhlas

Ada waktu-waktu utama untuk membaca surat al-Ikhlas yang perlu Anda ikuti. Dengan membaca surat ini di waktu yang telah ditentukan, Anda akan mendapatkan kesempurnaan dari surat ini. Berikut ulasan selengkapnya…

  • Pada saat pagi dan sore hari
  • Pada saat sebelum tidur
  • Pada saat sembuh dari penyakit
  • Pada saat dzikir seusai melaksanakan salat
  • Pada saat salat sunnah sebelum Subuh
  • Pada saat salah sunnah sebelum Maghrib
  • Pada saat shalat witir tiga raka’at
  • Pada saat shalat maghrib di malam Jum’at
  • Pada saat shalat dua raka’at di belakang makam Ibrahim sesudah melaksanakan Thawaf

Penentuan waktu-waktu di atas bukanlah asal-asalan melainkan berdasarkan pada hadis Nabi yang menganjurkan untuk membaca di waktu-waktu tersebut. Ini akan dapat menyempurnakan ibadah Anda kepada Allah dan memperbaiki keIslaman Anda jika dilakukan secara rutin dan istiqomah. Dan jangan lupa pula untuk membaca surat-surat yang lain selain surat al-Ikhlas karena sesungguhnya di setiap surat dalam al-Qur’an mengandung Fadhilah tersendiri yang akan membuat hidup manusia semakin baik dan bermakna. Tujuannya adalah untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.

Itulah uraian tentang Fadhilah surat al-Ikhlas yang akan Anda peroleh jika bersedia membacanya dengan ikhlas murni hanya karena Allah Swt. Dengan membaca surat tersebut sesuai dengan waktu yang terbaik untuk membacanya, maka Anda akan mendapatkan banyak keutamaan darinya dan digolongkan kepada orang-orang yang shalih. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply