Religi

Fadhilah Berpuasa di Bulan Ramadhan yang Wajib Kamu Ketahui

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa puasa Ramadhan memiliki banyak fadhilah yang bisa kita dapatkan. Kita pasti sering mendengar salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Salman al Farisi bahwa Nabi Muhammad bersabda:

“Adalah bulan Ramadhan, awalnya rahmat, pertengahannya ampunan dan akhirnya pembebasan dari api neraka.”

Namun demikian, untuk memberikan pembahasan yang lebih jelas, maka sebagai umat islam kita harus mengetahui fadhilah berpuasa di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa fadhilah yang kita dapatkan ketika berpuasa di bulan yang suci tersebut.

Fadhilah Berpuasa di Bulan Ramadhan yang Wajib Kamu Ketahui

Ramadhan adalah Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Bagi umat islam, bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia. Bulan Ramadhan dipilih sebagai bulan untuk menjalankan salah satu ibadah umat islam, yakni berpuasa. Selain itu, pada bulan ini juga Allah menurunkan Al-quran. Allah berfirman dalam surat Al-baqarah ayat 185 yang artinya:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah [2]: 185)

Setan-setan Dibelenggu, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Pintu-pintu Surga Dibuka Ketika Ramadhan Tiba

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Muslim)

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan,

”Pintu-pintu surga dibuka pada bulan ini karena banyaknya amal saleh dikerjakan sekaligus untuk memotivasi umat islam untuk melakukan kebaikan. Pintu-pintu neraka ditutup karena sedikitnya maksiat yang dilakukan oleh orang yang beriman. Setan-setan diikat kemudian dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti di bulan selain Ramadhan.” (Majalis Syahri Ramadhan, hal. 4, Wazarotul Suunil Islamiyyah)

Terdapat Malam yang Penuh Kemuliaan dan Keberkahan

Pada bulan Ramadhan, ada satu malam yang disebut sebagai malam seribu bulan. Malam ini merupakan malam lailatul qadar atau malam kemuliaan. Malam ini ada pada 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan dan merupakan malam dimana diturnkannya Al-quran. Sebagaimana firman Allah yang terdapat dalam surat Al-Qadr dan surat Ad-Dukhan yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr [97]: 1-3)

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan [44]: 3)

Ibnu Abbas, Qotadah dan Mujahid mengatakan bahwa malam yang diberkahi tersebut adalah malam lailatul qadar. (Lihat Ruhul Ma’ani, 18/423, Syihabuddin Al Alusi)

Bulan Ramadhan adalah Salah Satu Waktu Dikabulkannya Doa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar sebagaimana dalam Mujma’ul Zawaid dan Al Haytsami mengatakan periwayatnya tsiqoh/terpercaya. Lihat Jami’ul Ahadits, Imam Suyuthi)

Keutamaan Puasa

  • Puasa adalah Perisai

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’)

  • Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pahala yang Tak Terhingga
  • Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Dua Kebahagiaan
  • Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pengampunan Dosa

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Bagi Orang yang Berpuasa akan Disediakan Ar Rayyan

Sahl bin Sa’d radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka,’Di mana orang-orang yang berpuasa?’ Maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah beberapa keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply