Mother & Baby

Enam Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Jangan Lupa Share ya

Enam jenis olahraga untuk ibu hamil – Meskipun sedang berbadan dua namun calon ibu tetap harus menjaga kesehatan dan kebugarannya, salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah olahraga. Olahraga dilakukan untuk memastikan kondisi tubuh Sang ibu tetap sehat, jika kesehatan ibu tetap terjaga maka janin yang dikandungnya pun dapat terhindar dari berbagai gangguan. Meskipun begitu, kondisi tubuh yang berbeda dengan lainnya.

Meskipun sedang berbadan dua namun calon ibu tetap harus menjaga kesehatan dan kebugarannya, salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah olahraga.

Olahraga dilakukan untuk memastikan kondisi tubuh Sang ibu tetap sehat, jika kesehatan ibu tetap terjaga maka janin yang dikandungnya pun dapat terhindar dari berbagai gangguan.

Meskipun begitu, kondisi tubuh yang berbeda dengan lainnya membuat jenis olahraga yang bisa dilakukan terbatas. Tidak seperti layaknya wanita lain yang bisa melakukan semua jenis olahraga dan latihan, pada ibu hamil hanya diperkenankan untuk melakukan beberapa jenis saja.

Hal ini terkait dengan kandungan yang ia miliki, latihan terlalu keras bisa menimbulkan berbagai resiko terhadap bayi yang ada dalam perutnya. Apa saja olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil?

Berikut adalah 6 jenis olahraga untuk ibu hamil agar kesehatan dirinya dan bayi tetap terjaga.

Berenang


Lakukan olahraga ini secara teratur, air dapat menahan berat badan ibu dan kandungannya. Namun yang perlu diingat adalah jangan pernah sekali-kali masuk kolam renang jika sedang dalam keadaan lelah atau tidak begitu bugar.

Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diperkirakan sebelumnya. Untuk ibu yang sedang mengandung biasanya ada teknik dan peraturan tertentu saat melakukannya. Oleh sebab itu tanyakan terlebih dahulu ke instruktur terdekat yang mengerti betul dengan bidangnya.

Bersepeda


Bersepeda sambil melihat lingkungan sekitar dapat menurunkan stress yang biasanya dialami oleh ibu hamil, meski begitu tetap ada resiko saat melakukannya seperti cedera, terjatuh dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu lakukan olahraga ini bersama orang terdekat mu dan jangan gunakan sepeda yang terlalu tinggi.

Berjalan Kaki


Dibanding olahraga lainnya, berjalan kaki merupakan olahraga yang paling aman untuk ibu hamil. Olahraga ini dapat memacu denyut jantung dan melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh akan selalu bugar.

Selain kedua manfaat tersebut, kegiatan ini pun dapat mengurangi stress dan depresi serta mencegah serangan jantung.

Senam Kegel


Latihan yang paling sederhana yang berguna untuk mengontrol otot. Latihan ini dapat mempermudah seorang wanita saat proses persalinan. Untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya silahkan lihat artikel kami lainnya yang secara khusus membahas tentang latihan ini.

Yoga


Yoga dapat membuat seorang ibu merasa tenang sehingga semua persendian menjadi lebih rileks, ketenangan bagi ibu hamil sangat penting karena menyangkut kesehatan janinnya.

Peregangan


Manfaatnya sama dengan toga yakni membantu otot tetap rileks dan lentur, latihan ini lebih baik jika dikombinasikan dengan latihan kardiovaskular untuk mendapatkan manfaat berlipat.

Meskipun telah terbiasa melakukannya, kita tetap diharuskan untuk menggunakan alat atau benda yang memiliki beban tidak terlalu berat. Untuk lebih amannya silahkan tanyakan ke instruktur tentang ukuran berat ideal tersebut.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Latest posts by Putri (see all)

Leave a Reply