MEDIA ROOM

ELEVENIA SEDIAKAN KOPI YANG TERKURASI, DEMI KOPI INDONESIA

Blog-Header-VIVA-BARISTA_1

Jakarta, 29 Maret 2018 – Kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia dengan rata-rata pertumbuhan konsumsi kopi per tahunnya adalah 5% – 6% atau setara 15.000 ton – 18.000 ton. VIVA BARISTA, sebagai gerakan yang memiliki misi menggali lebih dalam kekayaan kopi Indonesia, mendapat dukungan dari elevenia membuka marketplace kopi di elevenia.co.id/vivabarista untuk memberi kemudahan berbelanja kopi terbaik dan mengangkat kopi Indonesia agar dikenal di negara sendiri.

“Kami mendukung komitmen VIVA BARISTA untuk membesarkan industri kopi Indonesia, yakni dengan membuat marketplace kopi VIVA BARISTA di elevenia. Marketplace ini tidak hanya berfungsi memberikan akses kepada penggemar kopi untuk mendapatkan kopi-kopi terbaik Indonesia, tetapi sekaligus juga membuka akses bagi para produsen kopi untuk bisa menjual produknya langsung ke konsumen dengan keuntungan yang lebih baik, karena supply chain yang lebih pendek. Dalam kerjasama ini, VIVA BARISTA akan menjadi kurator kopi, sehingga konsumen akan mendapatkan kopi yang berkualitas.” Jelas Sugiharto Darmakusuma, Chief Executive Officer elevenia. Di marketplace ini, selain menyediakan produk kopi seperti green beans, roast beans, dan roast & ground coffee, juga menyediakan merchandise & voucher dari berbagai kedai kopi rekanan VIVA BARISTA , dan coffee tools.

Tak hanya membuat marketplace kopi, elevenia bekerja sama dengan VIVA BARISTA, membuat serial TV 13 episode mengenai kekayaan kopi nusantara untuk memberikan edukasi dan mengangkat kopi Indonesia agar lebih dikenal di negara sendiri, serta meningkatkan apresiasi terhadap hasil produksi dalam negeri dan kesejahteraan para petani kopi. Pada serial TV ini, 4 tokoh yang sedang naik daun di industri kopi Indonesia, yaitu Rio Dewanto sebagai founder kedai Filosofi Kopi, Muhammad Aga yang baru saja menjadi juara 1 Kompetisi Barista Nasional, Robi Navicula, seorang musisi yang juga berprofesi sebagai petani kopi, dan Rissa Navratilova, pengeksplorasi rempah nusantara, melakukan perjalanan dan menjelajahi daerah-daerah di Indonesia, bertemu dengan para petani kopi serta berkunjung ke café-café untuk ngobrol bersama owner serta barista café tersebut. Program ini akan mulai tayang perdana pada tanggal 14 April mendatang pkl. 22.30 WIB.

Blog-Header-VIVA-BARISTA_2

Dengan semangat “Demi Kopi Indonesia”, Moelyono Soesilo sebagai Founder / commissioner VIVA BARISTA mengatakan, “Banyak fakta menarik yang bisa kita dapatkan mengenai kopi Indonesia. Semua fakta ini menjadi daya tarik bagi kami para pelaku dan penikmat kopi berkualitas di Indonesia untuk senantiasa mengamati dan menjaganya”. Sebagai founder VIVA BARISTA, Moelyono menambahkan bahwa saat ini kopi merupakan komoditi ter-volatile setelah energi, bahkan di beberapa negara kopi menjadi komoditas utama untuk menghasilkan devisa. Di Indonesia sendiri, kosumsi kopi senantiasa meningkat dari tahun ke tahun dengan rata-rata pertumbuhan adalah 5% – 6% (15.000 ton – 16.000 ton). Di tahun 2017, konsumsi kopi di Indonesia adalah sekitar 5,2 juta karung atau setara 312 ribu ton, dan tingkat kenaikan produksinya adalah 1% – 2% atau setara 6.000 ton – 12.000 ton.

Namun, di balik fakta tersebut, masih ada sekelumit permasalahan kopi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah: produktivitas yang rendah untuk kopi Arabica (600 – 800 kg per hektar) dan kopi Robusta (1 – 1,2 Ton per hektar). Lalu masih ada lagi masalah inkonsistensi mutu/ kualitas pada kopi yang dihasilkan  dan kurangnya bibit kopi unggul yang bisa menghasilkan produktivitas tinggi, tahan terhadap penyakit karat daun & akar, dan perubahan cuaca ekstrim.

“Di situasi seperti ini, kerjasama seluruh stakeholder sangatlah perlu. Untuk itu kami sangat excited dengan adanya kolaborasi antara VIVA BARISTA dan elevenia karena dengan dengan demikian, bisa memberikan akses kepada semua pihak untuk bisa agar bisa melihat industry kopi dengan lebih dekat” ungkap Moelyono.

Rio Dewanto sebagai co-founder VIVA BARISTA yang juga memiliki kedai Filosofi Kopi menambahkan, “Sudah saatnya go digital, agar mudah juga merangkul generasi muda terutama merangkul mereka untuk ‘kembali ke perkebunan’. Jadi kami berharap melalui kerjasama ini, anak-anak muda tidak hanya melihat kedai kopi yang semakin menjamur, tetapi juga proses di balik itu yang ga kalah serunya.”

Share

Leave a Reply