Beauty & Health

Efek Samping Bunga Kitolod untuk Mata Minus

Efek Samping Bunga Kitolod untuk Mata Minus

Jangan Lupa Share ya

Saat kamu browsing di Google terkait bunga kitolod banjir akan banyak artikel yang direkomendasikan memakai bunga kitolod untuk mata minus. Bunga kitolod atau yang sering disebut dengan bunga jangar ataupun juga memang banyak tumbuh di pinggir jalan maupun di semak-semak. Alat ini juga sangat mudah ditemui di kebun maupun di perkampungan.

Masyarakat telah mempercayai bahwa kita bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit mata seperti katarak, silinder, rabun jauh serta rabun dekat. Sedangkan cara untuk memakainya yaitu hanya dengan memencet bunga tersebut hingga keluar air kemudian di teteskan ke mata.

Orang yang percaya khasiat dari bunga kitolod untuk mata minus, seorang dokter mata yaitu dokter ferdiriva Hamzah telah menemukan bahwa efek samping bunga kitolod untuk mata minus sangat berbahaya. Berikut ini akan kami ulas bunga kitolod untuk mata minus.

Apa sih Bunga Kitolod itu?


Efek Samping Bunga Kitolod untuk Mata MinusBunga kitolod merupakan salah satu tanaman obat yang tangkai bunganya panjang serta mahkotanya berbentuk seperti bintang dengan warna putih bersih. Bunga kitolod ini juga lebih dikenal dengan sebutan bintang 5 atau juga kembang jangar. Saudara Pasha kali masyarakat memanfaatkan bunga kitolod untuk obat tetes mata.

Manfaat bunga kitolod untuk mata minus sendiri yaitu terletak pada zat kimianya yaitu saponin, alkoid, felifenol serta flavonoid. Sedangkan bagian bunga kitolod yang membahayakan yaitu terletak pada getahnya. Hal tersebut dikarenakan pada kata tersebut terdapat kandungan racun sehingga apabila dipakai dalam dosis tertentu akan membahayakan kesehatan.

Masih belum terdapat penelitian secara medis terkait khasiat bunga kitolod pada mata minus terutama penelitian yang menjelaskan tentang zat-zat kimia yang ada di dalam bunga kitolod. Walaupun pengaruh alat ini sudah terkenal di berbagai daerah, namun jika kamu menggunakan bunga kitolod ini untuk dijadikan sebagai obat tetes mata sebaiknya tidak kamu lakukan secara berlebihan.

Efek Samping Bunga Kitolod pada Mata


Efek Samping Bunga Kitolod untuk Mata MinusEfek samping bunga kitolod pada mata yang sangat membahayakan jika menggunakannya secara terus-menerus tanpa adanya kontrol. Efek samping tersebut mulai dari iritasi sampai dengan kebutaan. Upaya menghindari bahaya atau efek samping dari bunga kitolod tersebut untuk digunakan sebagai obat tetes mata, maka kami akan menjelaskannya supaya kamu terhindar dari efek samping bunga kitolod.

Dengan meneteskan air rendaman bunga kitolod kedalam mata bisa mengakibatkan mata iritasi jika dilakukan secara berlebihan. Selanjutnya apabila iritasi tersebut sudah semakin parah Maka akan muncul nanah, apabila kita teruskan maka bisa sampai menyebabkan kebutaan.

Efek samping dari bunga kitolod tersebut bisa muncul karena si pemakainya menggunakan bunga tersebut untuk tetes mata secara terus menerus pada rentan waktu yang berdekatan. Apalagi tingkat kebersihan dari bunga kitolod sangat buruk serta kondisi mata yang tidak tidak dapat menerima zat-zat kimia pada bunga kitolod tersebut. Zat-zat di dalam bunga kitolod seperti saponin, alkaoid, felifenol serta flavonoid itulah yang tidak bisa diterima oleh mata sehingga bisa menimbulkan efek samping pada mata.

Efek Positif Bunga Kitolod Selain Obat Mata


Bunga kitolod ini selain dipercaya mengobati penyakit mata seperti mata minus, juga bunga ini telah dipercaya mengobati penyakit lainnya seperti anti kanker, antioksidan, obat asma serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Antioksidan

Bunga kitolod ini memiliki kandungan flavonoid yang dipercaya sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang bisa menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Hal tersebut dikarenakan antioksidan akan mengikat racun dalam tubuh serta radikal bebas yang memicu kanker.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Di dalam bunga kitolod terdapat kandungan flavonoid yang dipercaya sebagai kandungan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun. Sistem imun tersebut adalah yang menjaga kestabilan tubuh serta menangkal berbagai jenis penyakit. Cara untuk menggunakan bunga kitolod dalam meningkatkan sistem imun bisa meminum rebusan bunga tersebut.

  • Obat Asma

Bunga kitolod juga bisa dipakai untuk obat asma yang sering kali disebabkan oleh beberapa faktor seperti alergi maupun keturunan. Gejala asma atau sesak nafas tersebut lebih parah dan bahkan bisa menyebabkan kematian sebab sesak nafas terjadi dan menyerang di paru-paru.

Nah, itulah tadi alasan terkait efek samping bunga kitolod untuk mata minus. karena sudah ada penelitian yang menyatakan bahwa bunga kitolod tersebut berbahaya dan bisa sampai menyebabkan kebutaan, maka sebaiknya jika untuk mengobati mata minus tidak memakai bunga kitolod tersebut. Alangkah baiknya jika kita konsultasikan kepada dokter mata supaya tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply