Media Room

ELEVENIA ANGKAT DINAMIKA PERTUMBUHAN DIGITAL MARKETING DI IESE 2017 Digital Marketing yang Tepat bagi Mereka yang Hendak Terjun ke Dunia Digital

Glen Lee at IESE


Tangerang, 9 Mei 2017Ajang Indonesia eCommerce Summit & Expo (IESE) kembali digelar
pada 9-11 Mei 2017 di ICE BSD, Tangerang. Dengan mengusung tema “Empowering the
Digital Energy of Asia”, IESE 2017 menjadi wadah pertemuan antar
stakeholder ekosistem
eCommerce untuk bertukar informasi dan ide mengenai status perkembangan industri
terkini, serta mengasah gagasan dan inovasi untuk mengedukasi para pelanggan
eCommerce, baik itu
buyer maupun seller.
elevenia, e-commerce yang mengusung open market place di Indonesia, pada tahun ini
kembali berpatisipasi dalam ajang eCommerce terbesar di Indonesia ini. Di hari pertama
pelaksanaan IESE 2017, elevenia akan berbagi pengalaman bisnis dan
insight terkini dalam
memaksimalkan pertumbuhan
Digital Marketing di Indonesia terutama untuk mereka yang
hendak memulai bisnis di plaform digital.
Senior Manager Search Marketing elevenia Glen Lee Vendy dalam pemaparannya
mengenai Digital Marketing mengungkapkan fakta bahwa pengguna internet di Indonesia
mencapai 88,1 juta atau setara dengan 34% dari populasi dengan rata-rata waktu
penggunaan internet dari perangkat manapun adalah empat jam empat puluh dua menit
per hari dan dari ponsel sendiri tiga jam tiga puluh tiga menit pemakaian sehari-hari. Selain
itu, sebanyak 80% dari pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk meneliti,
menemukan informasi produk, berbelanja dan mencari hiburan. Tren ini lah yang menjadi
alasan pentingnya digital marketing bagi para pelaku bisnis online.
Digital marketing merupakan sebuah peluang baru untuk periklanan dan pemasaran.
Penggunaan saluran digital untuk mempromosikan atau memasarkan produk dan layanan
kepada konsumen dan bisnis dengan menggunakan komputer, tablet, ponsel pintar, papan
reklame digital dan konsol permainan untuk pemasaran produk, layanan atau merek yang
ditargetkan. Dengan digital marketing maka pelaku industry bisa langsung menjangkau dan
mengubah prospek menjadi pelanggan dan kemudian mempertahankannya.
Gleen Lee Vendy juga mengungkapkan bahwa area utama digital marketing terbagi menjadi
lima, yaitu:
Mesin pencari (search engine marketing), yang merupakan suatu bentuk pemasaran
internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitas mereka
di halaman hasil mesin pencari
Iklan tampilan (display advertising), merupakan periklanan dalam bentuk tampilan
online yang muncul di halaman web dalam berbagai bentuk dengan menggunakan
visual yang menarik perhatian
Media Sosial (social media), suatu proses untuk mendapatkan perhatian lewat
media sosial

Iklan video (video advertising), faktanya 89% pengguna Internet di Indonesia
menonton video di YouTube setidaknya seminggu sekali
Analisis web (web analytics), merupakan sebuah studi untuk menemukan perilaku
pengguna internet, menganalisa, serta mencari solusi untuk memperbaikinya demi
menjalankan situs web yang sukses
“Dengan meningkatnya pengguna internet dan teknologi tersebut membuat internet
menjadi pasar yang sangat prospektif melalui Digital Marketing. Penggunaan system digital
marketing yang tepat bisa membawa dampak yang signifikan terhadap
brand. Namun
demikian, biaya yang diperlukan pun juga tidak sedikit. Untuk itu, bagi pemain baru di bisnis
online, yang belum memiliki modal besar, ada baknya bergabung di e-commerce karena ecommerce menyediakan system marketing yang terintegrasi untuk merchant-merchat
mereka.” Tutup Glen Lee Vendy.

Share

Leave a Reply