ELEVENIA STORIES

Do’s and Don’ts Ketika Buka Bersama

Jangan Lupa Share ya

Di minggu kedua puasa, biasaya yang namanya ajakan bukber alias buka bersama memenuhi tanggal dikalender nih! Yang dari Keluarga Besar, SD, SMP, SMA, kuliah, geng pacar, geng ini geng itu. Duhhh! Pokoknya berasa seleb deh ditanya terus kapan availablenya. Nahh, di acara bukber seperti ini tentunya akan ada banyak orang dan banyak lokasi yang kalian tuju yang mungkin tidak semua bisa semuanya dikunjungi.

Mungkin saking penuhnya tawaran Buka Bareng, kamu juga bingung cara untuk menolaknya. Berikut ini, tim blog elevenia mau kasih kamu beberapa tips of dos and don’t’s di acara Buka Bersama. Semoga bisa membantu ya elevenian!

Do’s

  1. Datang Tepat Waktu (Jika Bisa)

Memang, acara buka bersama biasanya di saat lagi hectic banget keadaan lalu lintas. Tapi jika Anda bisa hadir tepat waktu, itu akan lebih baik. Selain kamu bisa ketemu dan mengobrol lebih lama dengan teman-teman, kamu juga bisa ngetag duluan nih mau makan apa. Jika acara buka barengnya diluar alias di mall, kamu juga bisa beli makanan duluan tanpa harus antrian panjang. Hehe.

  1. Berbuka dengan Sewajarnya

Anda mungkin sedang berada dalam lingkungan dimana semua orang mengenal Anda. Ya namanya juga buka bersama sahabat lama ya kan? Gpplah ya makan ini itu toh isinya teman-teman dekat sendiri. Eits…tunggu dulu nih elevenian. Justru yang namanya buka bersama itu diutamakan silaturahminya, bukan isi perutnya. Lebih buruk lagi adalah, kalap pada saat buka itu sebenarnya kurang sehat untuk pencernaan.

  1. Sapa Kawan Lama

Acara bukber, biasanya juga menjadi ajang reuni. Nah, disaat seperti inilah kesempatan Anda untuk meluaskan networking dengan bersilaturahmi dengan kawan lama dan kawan baru. Mungkin ada yang kamu kenal dan juga tidak kenal, itulah sebabnyaacara bukabersama seperti ini harus disambut dengan baik. Perkenalkan diri Anda kepada yang Andatak kenal dan sapalah kawan lama Anda karena salah satu perbuatan yang paling disukai oleh Allah S.W.T adalah menjaga menjalin tali silaturahmi.

  1. Membantu Teman untuk Berbuka

Di saat buka tinggal menuju beberapa menit lagi. Makanan sudah jelas di depan mata, kita udah ngiler nih dengan penyajian berbagai makanan pilihan manis dan asin. Sebenernya kita bisa aja nih elevenian ambil untuk diri sendiri. Namun, karena ini bulan Ramadan inget lho bahwa setiap kebaikan itu pahalanya dilipatkagandakan. Jadi alangkah baiknya jika kamumenggunakan kesempatan ini untuk membantu tuan rumah untuk menyiapkan hidangan berbuka atau menyajikaan hidangan untuk teman-teman kamu.

  1. Ajak Solat

Biasanya kalau udah buka bareng, keasikan ngobrol dan makan hingga kenyang, kita malah lupa dengan kewajiban kita untuk sholat. Maka dari itu, ketika Anda sudah membatalkan puasa dan mencicip sedikit makanan, segeralah wuhdu dan sholat Maghrib. Ajak juga teman Anda agar undagan lainnya pun ingat akan sholat dan tidak kalap berbuka. Selain itu, lebih baik solat pas perut belom kenyang nih elevnian, lebih khusyu!

  1. Menawarkan Bungkus Makanan

Jika kamu adalah tuan rumah dari acara buka bersama, tawarkanlah teman-teman kamu sisa makanan yang ada.selain tidak mumbazir. Yakin dehh ada aja kok temen yang mau bawa pulang sisa makanan. Selain itu, pahalanya juga berlipat untuk kamu! Hehe.

Don’ts

  1. Berbohong untuk Hadir ke Bukber

Terkadang, saking banyaknya undangan kita malah menyamakan semuanya dan bilang ‘iya’ ke semua undangan padahal kita tahu mungkin kita tidak bisa memenuhi undangan tersebut. Lalu, ketika di hari H, Anda langsung membatalkannya. Nah, kebiasaan seperti ini kurang baik nih elevenian. Siapa tau ada yang menantikan kehadiran kamu di acara buka bareng. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu menjawab dengan sopan seperti “akan diusahakan” atau lebih baik menjawab “Insya Allah” yang dimana artinya adalah, “Bila Allah berkehendak”. Jika pada akhirnya kamu ada halangan untuk datang, maka bisa memberi kabar.

Tips untuk menolak undangan berbuka sebenarnya mudah elevenian, Anda tidak perlu berbohong, cukup dengan memberi tahu secara singkat bahwa kalian memiliki halangan untuk hadir atau mempunyai urusan lain.

  1. Buka Secara Berlebihan

Terkadang, di saat buka bersama saking banyak pilihannya makanan kita malah ‘kalap’ dan lupa masih ada makan malam yang belum dihidangi. Maka dari itu, dalam berbuka sebaiknya Anda mengontrol pemasukan makanan.

  1. Jualan Bisnis

Mumpung lagi buka bareng, ketemu temen lama dan sudah lama tidak bersua. Buat yang punya bisnis atau jual insurance kayanya kesempatan emas ya? Hmm memperkenalkan bisnis kepada teman kamu tidak masalah kok. Tapi, jika topik ini menjadi topik utama dimana Anda mempunyai kesan ‘jualan’ sebaiknya jangan ya elevenian. Karena, di acara bukber seperti ini tujuannya adalah bersilaturahmi dan bukan jualan.

Semoga do’s and don’t’s ini bisa membantu Anda ya elevenian!

 

Jangan Lupa Share ya

Comments 2

  1. Luluk

    yang poin ke 3 di segmen “Don’ts” ngga banget. bhakakaka.malah nawarin bisnis. tau aja ada peluang sempit. bhakakka. btw jika ingin bisnis kita lancar, apalgai bisnis online shop, daftarin aja diri agan2 semua di jasa ekspedisi sebagai pengguna premium. pasti ada kok di setiap jasa. udah gitu pasti dapt hadiah.

    Reply
  2. Winda

    Kalu Don’ts yang no. 2 , walaupun enggak reunian, adekku banget tuh. Lebay kalo buka puasa. Trus berujung sakit perut karena kekenyangan. wkwkwkwk

    Reply

Leave a Reply