Religi

Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Jangan Lupa Share ya

 

Doa adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta juga sebagai media mengeluh kesah jika tertimpa masalah seperti halnya dzikir. Dengan berdoa seorang hamba akan semakin dekat dan selalu mengingat Allah.

Banyak dalil Al-Quran atau hadist yang berisi doa yang diajarkan oleh rasul kita Nabi SAW. Di segala aspek kehidupan kita diajarkan doanya, seperti doa kesejahteraan, doa keselamatan, hingga doa untuk kegiatan sederhana seperti doa mau makan dan doa masuk atau keluar kamar mandi.

Salah satu doa yang wajib kita ketahui adalah doa untuk orang sakit. Sebagai manusia yang sifatnya social maka jika ada kerabat dekat ataupun jauh yang sedang sakit maka kita harus menengok dan mendoakannya. Dalam Al-Quran terdapat juga doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh.

Yaitu di dalam Al-Quran surat Al- Baqarah ayat 186, Allah SWT berfirman,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Dalam ayat tersebut Allah mengatakan bahwa Dia akan mengabulkan setiap Doa yang baik dari seorang hamba-Nya yang menjalankan segala perintah-Nya. Dengan dipanjatkan dari hati yang tulus dan juga rasa ridho (berserah diri), serta dengan keyakinan Allah pun pasti mengabulkannya dan Allah pasti memberikan yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya.

Pada umumnya masyarakat pun banyak yang sudah tahu tentang doa untuk orang sakit ataupun doa yang bisa kita curahkan kepada Allah ketika menjenguk orang sakit.

Sebenarnya mendoakan dengan bahasa yang kita ketahui itu tidak masalah namun alangkah lebih baiknya kita hafal dengan doa yang telah Nabi SAW ajarkan. Akan tetapi, sebaik-baiknya doa ialah doa dengan bahasa arab, memahami maknanya dan sesuai Sunnah. Sebaik – baiknya doa itu dilantunka secara siri (pelan) dan hanya kita dan Allah saja yang tahu, tulus hanya meminta kepada-Nya.

Orang yang sakit tentunya harus berikhtiar untuk kesembuhannya dengan beristirahat, menjaga pola makan, serta menjalani pengobatan seperti minum obat atau pengobatan dengan dokter. Tidak lupa juga ikhtiar tersebut harus diiringi dengan doa yang tulus kepada Allah agar penyakitnya lekas sembuh.

Sepenggal hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim dari Jabir bin Abdillah dia berkata bahwa Nabi bersabda :

“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin allah subhanahu wa ta’ala.” (HR. Muslim)

Menjenguk dan memanjatkan doa untuk orang sakit adalah sebuah anjuran bagi umat muslim. Seperti halnya dalam Shahih Muslim dari hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

حَقُّ اْلمُسْلِمِ عَلَى اْلمُسْلِمِ سِتٌّ، إِذَا لَقَيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، إِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَ إِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطِسَ فَحَمِدَ اللهَ فَشَمِّتْهُ، وَ إِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ،

“Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada enam. Apabila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam kepadanya. Apabila dia mengundangmu maka penuhilah undangannya. Apabila dia meminta nasehat darimu maka berilah nasehat kepadanya. Apabila dia bersin lalu memuji Allah maka bertsymitlah (ucapkan Yarhamukallah), apabila dia sakit maka jenguklah dia, dan apabila dia meninggal dunia maka ikutlah mengantarkan jenazahnya.” (H.R. Muslim)

Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah (Bahasa Arab dan Artinya)

Doa untuk Orang Sakit dengan Surat Al Fatihah

Bacaan : Bismillahir rahmanir rahim (1) alhamdu lillahi rabbil alamin (2) Ar rahmanir rahim (3) Maliki yaumid din (4) iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in (5)  Ihdinas siratal mustaqim (6)  siratal lazina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alihim wa lad dallin (7)

Artinya : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (1) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (2) Maha pemurah lagi Maha Penyayang (3) Yang menguasai Hari Pembalasan (4) Hanya Engkaulah yang kamu sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan (5) Tunjukilah jalan yang lurus (6) (yaitu) Jalan Orang-orang yang Engkau beri nikmat kepada mereka;bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan buka (pula jalan) mereka yang sesat (7).

Surah Al Fatihah disebut ash shalah, karena Al fatihah itu sebagai syarat sahnya shalat. Selain itu Al Fatihah disebut juga asy syifa. Berdasarkan hadist riwayat Ad Darimi dari Abu sa’id, sebagai hadist marfu’ : Fatihatul Kitab itu merupakan as syifa (penyembuh) dari setiap racun.

Doa untuk Orang Sakit Menurut Sunnah

Sungguh Allah Maha mengetahui segala isi hati setiap orang. Doa ini dapat dilantunkan ketika menemui kabar orang yang sakit, atau saat menjenguk orang yang sedang sakit.

Berikut ini doa yang telah Nabi SAW ajarkan kepada kita sebagai umatnya:

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ فَأَنْتَ الشَّافيِ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً

Allahumma robbannas adzhibilba’ sa isyfi antasysyafi la syifauka syifa’ an la yughodiru saqoma.

Artinya ;
“Ya Allah Ya Tuhanku, Tuhan dari segala manusia dimuka bumi, berikanlah kesembuhan kepadanya, angkatlah penyakitnya, dan jadikanlah penyakit yang ia derita sebagai pelebur dosa. Hanya kepadamu lah kami meminta kesembuhan, kesembuhan yang tak ada kambuh lagi.” ( H.R. Bukhari dan Muslim)

ketika setelah sholat pun doa ini baik untuk dipanjatkan dan dipanjatkan setelah berdzikir atau membaca al-quran dan ketika menjelang berbuka puasa.

Doa ini tidak hanya untuk penyakit berat saja namun juga untuk sakit yang ringan seperti demam atau flu. Semoga kita semua selalu dalam rahmat dan hidayah Allah SWT dan selalu diberi kesehatan, kalaupun diberi musibah sakit maka lapangkan hati kita ikhlas semoga musibah tersebut dapat melunturkan segala dosa yang ada pada diri kita. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply