Religi

Doa Keluar Rumah dan Keutamaannya

Jangan Lupa Share ya

Bagi umat muslim, setiap melakukan aktifitas atau kegiatan sehari-hari dianjurkan untuk mengiringinya dengan doa agar dilindungi oleh Allah SWT. Begitu juga saat masuk atau keluar rumah kita dianjurkan untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Rumah merupakan tempat dimana kita tinggal, istirahat, tempat berkumpul, dan melakukan aktifitas lainnya. rumah adalah tempat yang istimewa bahkan disebut “rumahku istanaku”. Maka dari itu, kita sebagai umat muslim hendaknya berdoa saat keluar ataupun masuk rumah. Agar Allah melindungi kita saat diluar ataupun di dalam rumah.

Ketika masuk rumah disunnahkan untuk mengucap basmallah agar syetan tidak merasa betah untuk tinggal di rumah kita. Begitupun saat keluar rumah harus mengucapkan doa agar kita terlingungi saat berada di luar dan juga agar perjalanan kita dimudahkan dan dilancarkan.

Setiap harinya kita keluar rumah untuk menjalankan ibadah lainnya seperti sekolah atau bekerja. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya kita mengawalinya dengan berdoa keluar rumah.

Adapun keluar rumah terdapat adab atau tata cara yang baik saat keluar rumah, berikut adab keluar rumah:

  • Mengucapkan salam adalah hal yang sangat dianjurkan. Karena saat kita mengucapkan salam dan dijawab maka kita di doakan agar selamat di dunia dan akhirat.
  • Membaca doa keluar rumah.
  • Keluar rumah dengan kaki kanan terlebih dahulu, hal ini tentu harus kita lakukan. Karena, dalam melakukan segala sesuatu sebaiknya dimulai dengan tangan atau kaki kanan.

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ


Bismillaahi tawakkaltu ‘alallooh laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi


Artinya: 
“Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.”
Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallammenjelaskan keutamaan doa ini,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud, no. 5095; Turmudzi, no. 3426; dinilai shahih oleh Al-Albani)

Keterangan:

  1. Makna kalimat ”disampaikan kepadanya”,  yang disampaikan oleh malaikat. Malaikat itu mengatakan kepada orang yang membaca doa ini ketika keluar rumah, ’Wahai hamba Allah, kamu telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (Tuhfatul Ahwadzi: Syarh Sunan Turmudzi, 9:271)
  2. Unsur penting dalam doa di atas ada:
  • “bismillah” kalimat yang bermakna bahwa kita berlindung dengan nama Allah,
  • “tawakkaltu ’alallah”, kalimat yang bermakna bahwa kita berawakkal kepada Allah,
  • “laa quwwata illaa billaah”, kalimat yang bermakna pengakuan kita atas tiada daya dan kekuatan kecuali milik Allah.

Rahasia Keutamaan Doa Keluar Rumah

Perhatikan, doa keluar rumah begitu pendek, mudah diucapkan, dan terasa ringa. Akan tetapi, doa yang ringan ini memiliki banyak keistimewaan. Hanya dengan mengucapkan doa tersebut, malaikat mengatakan bahwa kita mendapatkan jaminan keamanan, jaminan kecukupan, dan hidayah dari Allah SWT. Hal itu merupakan sumber atau kunci kebaikan duni dan akhirat bagi hambanya. Begitu Besarnya kasih sayang Allah.

  • Hidayah merupakan kebutuhan seorang hamba yang mutlak. Dengan adanya hidayah Allah, maka seorang hamba akan senantias istiqomah dalam menjalankan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Sehingga akan mengantarkannya kepada kebagahagiaan akhirat kelak.
  • Kecukupan adalah sumber ketenangan seorang hamba ketika ia hidup di dunia, sehingga dia tidak merasa kekurangan secara lahiriah atau merasa kekurangan secara batiniah.
  • Perlindungan, yakni perlindungan dari syetan. Hal ini merupakan sebuah jaminan keamanan dari segala hal yang akan menjadi kejahatan dan kerusakan bagi kedupan di duan dan akhirat.

Al-Munawi menukil satu penjelasan yang sangat indah dari Ath-Thibi tentang doa keluar rumah ini,

فإذ استعاذ العبد بالله باسمه المبارك فإنه يهديه ويرشده ويعينه في الأمور الدينية وإذا توكل على الله وفوض أمره إليه كفاه فيكون حسبه {ومن يتوكل على الله فهو حسبه} ومن قال لا حول ولا قوة إلا بالله كفاه الله شر الشيطان

“Apabila seorang hamba memohon perlindungan kepada Allah melalui nama-Nya yang penuh berkah, maka Allah akan memberinya petunjuk, membimbingnya, dan menolongnya untuk dimudahkan dalam urusan agama. Apabila seorang bertawakal kepada Allah dan menyerahkan urusannya kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya. Dan karunia Allah yang mencukupinya, sebagaimana di ayat (yang artinya), ’Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka Dia akan mencukupinya.’ Sementara orang yang membaca laa quwwata illaa billaah,Allah akan lindungi dia dari kejahatan setan.” (Faidhul Qadir, Al-Munawi, 5:123)

Doa keluar rumah sangatlah dianjurkan kepada umat muslim agar selalu dapat perlindungan Allah SWT. Wallahu’alam bi Showab (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply