Religi

Doa Buka Puasa yang Benar Beserta Waktu Sahur dan Berbuka

Jangan Lupa Share ya

Buka puasa merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh umat muslim saat bulan Ramadhan tiba. Buka puasa sendiri merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan untuk melakukan pembatalan puasa pada waktu maghrib dengan minum dan makan sesuatu yang bisa membatalkan puasa disertai dengan pekerjaan Sunnah lainnya yang telah ditentukan dalam syariat Islam. Biasanya aktivitas ini merupakan aktivitas yang paling ditunggu saat puasa. Tidak heran jika sudah memasuki waktu buka puasa akan disambut dengan gembira.

Kegembiraan dalam menyambut buka puasa memang tidak mengherankan karena seharian telah menahan lapar dan haus hingga akhirnya tiba waktu berbuka. Tapi sayangnya kebahagiaan tersebut hanya dirasakan oleh jasad saja tanpa tanpa didapat oleh ruhiah. Untuk itu, supaya keduanya bisa merasakan kegembiraan, alangkah baiknya untuk tidak lupa membaca doa buka puasa, baik itu pada saat puasa Ramadhan, puasa syawal maupun puasa Sunnah lainnya.

Tak hanya menikmati indahnya buka puasa saja, kamu juga harus menjadikan momen tersebut sebagai wadah untuk senantiasa bersyukur kepada dzat yang Maha Agung yaitu Allah SWT. Salah satu cara bersyukur yang bisa kamu lakukan adalah membaca doa terlebih dahulu sebelum buka puasa. Tujuannya supaya apa yang sudah dimakan pada saat buka puasa tak hanya mengenyangkan perut saja tapi juga bisa menjadi ibadah Sunnah.

Lalu bagaimana doa puasa yang benar? Pasti banyak di antara kamu yang sudah tahu bagaimana doa buka puasa yang benar. Hal ini karena doa buka puasa sudah diajarkan sejak kecil. Langsung saja, simak ulasannya di bawah ini:

Doa Buka Puasa yang Benar

Doa Buka Puasa 1

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Doa Buka Puasa 2

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya-allah ta‘ala

Artinya, “Duhai Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.”

Di antara kedua bacaan doa buka puasa tersebut boleh diamalkan salah satunya saja. Tinggal pilih mana yang menurut kamu lebih mudah. Jika kamu ingin memilih yang paling baik, maka keduanya sama-sama baik. Untuk itu hafalkan dari sekarang.

Waktu Buka Puasa Dan Sahur

Setelah mengetahui doa puasa yang benar, kamu tentu harus tahu kapan tepatnya buka puasa dan sahur harus dilakukan. Berbuka puasa dilakukan setelah terbenamnya matahari dan awal masuknya waktu maghrib. Hal ini ditandai dengan suara adzan. Buka puasa sunnahnya harus disegerakan, dimulai dengan makanan kecil atau minuman. Sementara untuk waktu sahur dilakukan sebelum terbitnya fajar atau ditandai dengan datangnya waktu subuh. Tapi para ulama berpendapat bahwa alangkah baiknya sahur diakhiri pada saat datangnya waktu imsyak sekitar 10 menit sebelum subuh. Jangan lupa juga untuk membaca niat puasa sebelum imsyak.

Untuk doa sahur sendiri dalam kitab-kita hadits, tidak ada doa khususnya. Pun dalam kitab-kitab fiqih terkemuka, hanya ada doa berbuka, tidak ada doa sahur.

Tak hanya memperhatikan awal dan akhir waktu berbuka serta doanya saja, dalam ibadah puasa hal penting lainnya untuk diperhatikan adalah niat. Sering kali orang lupa niat saat melakukan puasa Sunnah. Hal ini karena biasanya niat puasa Ramadhan dibacakan saat shalat tarawih akan tetap ketika puasa Sunnah tidak ada tarawih sehingga orang yang berencana puasa sunna atau qadha, lupa akan niatnya. Ada pun beberapa niat puasa Sunnah seperti di bawah ini:

Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

niat puasa Sunnah syawal 6 hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

Niat Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha Tanggal 1 – 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Ganti Qadha

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Bulan Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Daud

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Nazar

نَوَيْتُ صَوْمَ النَّذَرِ لِلَّهِ تَعَالىَ

Niat Puasa 3 Hari Ayyamul Bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Perlu kamu tahu, doa buka puasa tidak termasuk dalam kewajiban dan tidak ada hubungannya dengan sah atau tidaknya puasa seseorang. Tetapi, hal ini menjadi kesunnahan yang bila dilakukan saat berbuka maka mendapat pahala serta keberkahan atas apa yang dimakan. Untuk itu, tidak ada salahnya membaca doa buka puasa. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply