Religi

Doa Bercermin dan Doa Berpakaian

Jangan Lupa Share ya

Doa bisa disebut juga berdzikir. Islam mengajarkan banyak doa yang dapat kita lafadzkan. Karena Islam mengajarkan pada umatnya untuk mengiringi doa pada setiap aktifitas yang dia lakukan. Saat kamu kecil pasti kamu diperintahkan untuk menghafalkan doa doa pendek, seperti doa mau makan, doa mau tidur, doa setelah makan, doa bangun tidur, doa bercermin, doa saat memakai baju dan masih banyak lagi. Saat dewasa kebanyakan orang malah lupa dengan doa – doa itu, seharusnya kita dapat mengamalkan apa yang telah kita pelajari diwaktu kecil untuk kehidupan saat sudah dewasa.

Dari banyaknya doa – doa, saya akan berikan doa saat bercermin dan saat memakai pakaian. Diharapkan setelah mengetahuinya, kamu bisa mengamalkannya di kehidupan sehari – hari kamu.

Doa Bercermin

Bercermin adalah aktifitas yang sering dilakukan oleh siapapun. Doa saat bercermin ini sangat mudah untuk dihafal, anak kecil saja banyak yang sudah menghafalnya. Jika kamu menganggap entengnya kamu bisa perhatikan  dalil Allah, dalam Al-Qur’an surat At-Tin ayat 4 :

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Artinya:

“Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” ( QS At-Tin : 4 )

Dalam ayat tersebut Allah menyebutkan bahwa manusia adalah sebaik – baiknya makhluk. Nah, maka dari itu kita harus besyukur dengan apa yang Dia berikan. Cara bersyukur kita bisa lakukan denan berdoa, yaitu berdoa saat bercermin.

Sebuah riwayat oleh Imam Nawawi rahimahullah, demikian dicantumkan dalam Al-Adzkar dengan judul, “Bab: Apa yang dibaca saat bercermin”, Kami riwayatkan dalam kitab Ibnu Sunni, dari Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam apabila bercermin beliau berdoa:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ ، اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Segala puji bagi Allah, Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku.” (Hadits ini juga diriwayatkan Abu al-Syaikh Al-Ashbahani dalam Akhlak al-Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dari hadits Aisyah Radhiyallahu ‘Anhadengan isnad yang dha’if jiddan oleh Al-Albani).

Adapun yang diriwayatkan al-Thabrani dalam al-Ausath, dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, berkata: adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam apabila bercermin beliau berdoa:

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي سَوَّى خَلْقِي فَعَدَّلَهُ ، وَصَوَّرَ صُوْرَةَ وَجْهِي فَحَسَّنَهَا ، وَجَعَلَنِي مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan kejadianku dan memperindahnya, memuliakan rupaku lalu membaguskannya dan yang telah menjadikan aku termasuk orang Islam.” (diriwayatkan juga oleh Ibnu Sunni, namun didhaifkan oleh al-Albani dalam al-Irwa’ dan dalam Shahih wa Dhaif al-Jami’ al-Shaghir, no. 9936)

Jadi, jika seseorang sedang bercermin, lalu melihat wajah dan tubuhnya di cermin hendaknya membaca doa,

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ  فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya:

“Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”

Dengan melafadzkan doa tersebut, maka secara tidak langsung kita memanjat suatu keinginan yang mulia kepada Allah. Doa itu bermakna bahwa kita besyukur atas apa yang Allah berikan kepada kita berupa wajah yang rupawan dan tubuh yang sehat sehingga hati kita pun begerak untuk memperindah akhlak kita. Setiap insan yang memiliki wajah rupawan belum tentu memiliki akhlak yang rupawan juga.

Selain itu, ada doa yang bisa kamu lafadzkan juga saat bercermin:

  اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya:

“Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku”

Inti dari kedua doa tersebut sama, sama – sama bersyukur dan memohon agar Allah memudahkannya untuk memperbaiki akhlaknya.

Doa tesebut bisa juga dilafadzkan dalam keadaan apapun, karean isi doa tersebut baik maka coba kamu hafalkan dan amalakan pada kehidupan sehari – hari kamu.

Doa Memakai Pakaian

Berpakaian juga adalah aktifitas yang sering kita lakukan, maka dari itu untuk menghindari diri dari gangguan syetan maka kita dianjurkan untuk berdoa.

Doa tersebut adalah:

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ


Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Artinya:

“Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya”

Doa diatas di baca saat kita memakai pakaian di setiap harinya. Untuk saat memakai pakaian baru kita bisa lafadz doa yang khusus untuk ketika mengenakan pakaian baru.

Doanya yaitu:

Doa Memakai Pakaian Baru

 

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ


Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku”

Itulah beberapa doa pendek yang dapat kamu amalkan untuk dikehidupan sehari – hari. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply