Religi

Doa awal dan Doa Akhir Tahun yang Harus Kamu Amalkan

Jangan Lupa Share ya

Akhir tahun 2018 masih terhitung lama karena kini masih menginjak bulan ke 5. Namun bukan berarti kamu harus mengabaikan begitu saja akhir tahun yang akan datang. Tidak ada salahnya kamu mempersiapkan berbagai hal yang akan kamu lakukan di akhir tahun nanti, seperti resolusimu untuk tahun depan misalnya? Atau mungkin rencana liburan akhir tahun yang ingin dihabiskan bersama keluarga atau sahabat? Merencanakan jauh-jauh hari tentu terdengar lebih baik dibandingkan sesuatu yang dadakan.

Selain hal-hal seperti di atas, kamu juga harus mengetahui atau mungkin menghafalkan doa-doa yang dianjurkan untuk diamalkan saat akhir tahun nanti agar di tahun baru yang akan datang, kehidupan kamu akan lebih baik. Menyambut akhir tahun dengan doa-doa yang baik, dapat membuatmu menghabiskan akhir tahun dengan hal-hal yang bermanfaat tanpa adanya foya-foya yang menghabiskan uang.

Biasanya orang-orang akan membuat resolusi yang baik untuk tahun mendatang. Hal ini terbukti dengan banyaknya harapan atau cuitan di media sosial tentang hal ini, di mana mereka dengan sengaja memposting segala harapan dan cita-citanya di tahun mendatang dan berharap orang-orang yang membacanya dapat ikut mendoakan harapan dan cita- cita mereka.

Kamu harus tahu, bahkan segala harapan dan cita-cita yang sudah kamu canangkan tak akan bisa tercapai hanya dengan mencatat atau pun membuat status di media sosial. Hal ini karena ada sarana yang lebih tepat untuk mengadukan segala keinginan kamu lewat doa kepada Yang Maha Kuasa sang pemiliki segalanya. Sebab, manusia hanya bisa mencanangkan apa yang menjadi keinginannya sedangkan keputusan terakhir tetap di tangan Allah SWT dengan mempertimbangkan segala kerja keras yang sudah dikerahkan untuk mencapai keinginan tersebut dengan tetap mengingat-Nya.

Untuk itu, ada beberapa doa awal dan akhir tahun yang sering diamalkan oleh masyarakat pada umumnya. Memang, ada banyak sekali jenis doa yang bisa dipanjatkan. Namun di sini, akan memuat beberapa saja yang terbilang umum di kalangan masyarakat.

Doa awal dan akhir tahun ini bisa diamalkan jika waktunya sudah tiba, berikut ini adalah bacaannya:

Doa Awal dan Doa Akhir Tahun

Doa Akhir Tahun

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْههَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allohumma ma ‘amiltu min ‘amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘ala ‘uqubati, wa da‘autani ilat taubati min ba‘di jarâ’ati ‘ala ma‘shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma ‘amiltu fîha mimma tardha, wa wa‘attani ‘alaihits tsawaba, fa’as’aluka an tataqabbala minni wa la taqtha‘ raja’î minka ya karim.

Artinya : Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.

Doa Awal Tahun

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antal abadiyyul qad’mul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu’awwal. Hadza ‘amun jadidun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithani wa auliya’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya : Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan, Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini, Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Jika sekilas dilihat, doa awal dan akhir tahun ini memang sedikit panjang. Akan tetapi bila kamu menghafalkannya dengan serius, maka bukan tidak mungkin jika doa di atas menjadi sangat mudah untuk dilafalkan atau bahkan terasa pendek. Untuk itu silakan baca doa di atas secara berulang kali supaya lebih memahaminya. Jangan lupa baca artinya juga agar kamu lebih faham dengan apa yang kamu minta kepada Yang Maha Kuasa.

Itulah doa awal dan akhir tahun yang bisa kamu amalkan di awal dan akhir 2018 nanti. Semoga dengan menghafalkan lebih awal, kamu akan lebih siap mengamalkannya pada akhir dan awal tahun nanti. Selamat menghafal. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply