Beauty & Health

Diet Seimbang untuk Menurunkan Berat Badan

Jangan Lupa Share ya

Diet yang seimbang adalah salah satu cara untuk memberikan tubuh kita nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan berfungsi dengan baik dan benar. Untuk mendapatkan nutrisi yang tepat pada diet, kita dapat mendapatkan kalori harian dari buah-buahan segar, sayuran segar, biji-bijian, kacang-kacangan serta makanan protein tanpa lemak.

Apa itu Kalori?


Jumlah kalori dalam makanan adalah jumlah ukur energi yang disimpan dalam makanan tersebut. Tubuh kita menggunakan kalori untuk beraktivitas, bernafas dan kegiatan lainnya. Rata-rata seseorang memerlukan mengkonsumsi sekitar 2.000 kalori untuk menjaga berat badannya.

Namun, asupan kalori seseorang bervariasi, karena tergantung pada usia, jenis kelamin dan banyaknya aktivitas fisik yang dilakukan. Pria umumnya membutuhkan lebih banyak kalori daripada perempuan dan orang-orang yang rutin berolahraga membutuhkan lebih banyak kalori daripada yang tidak rutin berolahraga.

Mengapa Diet Seimbang itu Penting?


Diet yang seimbang itu penting karena organ dan jaringan tubuh membutuhkan nutrisi yang tepat untuk dapat bekerja dengan maksimal. Tanpa nutrisi yang baik, tubuh kita akan lebih rentan terhadap penyakit dan lebih mudah merasa lelah. Jika anak-anak menjalankan pola makan yang tidak sehat akan beresiko mengalami masalah pada pertumbuhannya dan kebiasaan makan yang buruk akan menjadi kebiasaan mereka nantinya.

Meningkatnya kadar obesitas dan diabetes adalah contoh utama dari efek dari pola makan yang buruk dan kurangnya berolahraga.

Bagaimana Mencapai Diet Seimbang?

Inti dari diet yang seimbang adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak dan gula dan memperbanyak mengkonsumsi tinggi vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Berikut adalah Contoh makanan yang merupakan bagian penting dari diet seimbang :

  • Buah-buahan


Selain menjadi sumber gizi, buah-buahan adalah makanan ringan yang nikmat. Pilihlah buah-buahan yang segar dan memberikan banyak nutrisi

  • Sayuran


Sayuran merupakan sumber utama dari vitamin dan mineral. Sayuran berwarna gelap, berdaun hijau pada umumnya mengandung paling banyak gizi dan dapat dimakan setiap hari. Makan berbagai macam sayuran akan membantu kita mendapatkan nutrisi yang berlimpah.

  • Protein


Daging dan kacang-kacangan merupakan sumber utama protein, yang sangat penting untuk otot dan perkembangan otak. Daging rendah lemak seperti ayam, ikan dan sapi adalah pilihan terbaik. Membuang kulit dan menghilangkan setiap lemak dari daging tersebut adalah cara yang efektif untuk mengurangi jumlah lemak dan kolesterol.

Sumber protein lainnya juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang almond, dan juga kenari. Tahu dan tempe adalah produk olahan dari kacang kedelai yang merupakan sumber protein yang sangat baik dan juga sebagai alternatif daging yang sehat.

  • Susu


Susu mengandung kalsium, vitamin D dan nutrisi penting lainnya. Namun, susu juga sumber utama lemak, jadi akan lebih baik memilih keju dalam porsi yang kecil dan rendah lemak atau susu bebas lemak dan yogurt. Susu nabati, seperti yang terbuat dari kacang almond atau kedelai biasanya diperkaya dengan kalsium dan nutrisi lainnya

  • Minyak


Pilihlah minyak rendah lemak dan rendah gula seperti minyak zaitun untuk menggantikan minyak sayur berlemak dalam diet. Hindari makanan yang digoreng karena mengandung sejumlah besar kalori yang kosong.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply