Home & Garden

Dampak Pemanasan Global di Bumi yang Harus Kamu Tahu

Pemanasan global atau yang lebih dikenal sebagai global warming merupakan sebuah fenomena meningkatnya suhu di seluruh permukaan bumi. Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, dalam 100 tahun terakhir peningkatan suhu di bumi ini mencapai 0,18 derajat celcius.

Meningkatnya suhu bumi ini telah terjadi sejak abad ke 20 yang disebabkan oleh meningkatnya efek rumah kaca yang disebabkan oleh aktivitas yang dilakukan manusia sehari-hari. peningkatan ini akan mengakibatkan naiknya air di permukaan laut yang disebabkan oleh melelehnya gunung-gunung es di kutub. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang panjang, maka ini dapat berpotensi untuk menenggelamkan bumi yang kita tempati. Selain itu, peningkatan suhu ini bisa menyebabkan dampak yang lainnya untuk bumi seperti perubahan cuaca ekstrim, punahnya spesies hewan dan masalah yang lainnya.

Pengertian Pemanasan Global

Pemanasan global adalah salah satu fenomena alam dimana suhu di permukaan bumi meningkat karena tingginya konsentrasi gas rumah kaca. Fenomena ini tidak terlepas dengan rusaknya ekosistem yang ada di bumi. Salah satu penyebab utama dalam masalah ini adalah pencemaran lingkungan yang berlebihan. Selain itu, penebangan hutan dan polusi juga berperan dalam fenomena alam yang satu ini.

Apabila fenomena ini tidak segera ditindaklanjuti, maka hal tersebut akan berdampak buruk pada bumi yang kita tempati ini. Dampak yang paling kita tahu yaitu meningkatnya suhu permukaan bumi dapat mengakibatkan gunung-gunung es di kutub mencair, sehingga berpotensi untuk menenggelamkan bumi ini.

Penyebab Pemanasan Global

Pemanasan global ini tidak terjadi tanpa suatu alasan, akan tetapi karena terjadinya beberapa hal. Baik itu dari fenomena alam sendiri maupun karena ulah perbuatan manusia.

Penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal yang berpotensi memicu terjadinya fenomena yang satu ini. Dengan harapan agar setelah kita mengetahui penyebab-penyebabnya, kita dapat lebih berhati-hati dan berusaha meniggalkan kegiatan yang akan memicu terjadinya pemanasan global yang lebih parah. Berikut beberapa kegiatan yang berpotensi menimbulkan pemanasan global.

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca adalah proses naiknya suhu di permukaan bumi yang disebabkan oleh perubahan atmosfer di bumi yang menyebabkan sinar matahari yang harusnya dipantulkan ke luar angkasa tidak dapat dipantulkan dengan sempurna sehingga sinar itu tetap berada dalam atmosfer. Hal ini mengakibatkan naiknya suhu bumi dan berpotensi melelehkan gunung-gunung es yang ada di kutub. Selain itu, ada dampak besar yang disebabkan oleh fenomena ini yaitu naiknya air di permukaan laut yang bisa saja menenggelamkan bumi.

Sebenarnya, efek rumah kaca ini tidak selalu berdampak buruk dan merupakan fenomena yang bermanfaat bagi bumi kita. Akan tetapi, dengan porsi yang pas dan tidak seperti yang terjadi di jaman sekarang ini.

Salah satu manfaat dari efek rumah kaca adalah menjadikan suhu udara di muka bumi menjadi stabil yang menjadikan selisih suhu yang terjadi pada siang dan malam tidak jauh berbeda.

Akan tetapi, apabila porsi rumah kaca terlalu berlebihan, maka akan sangat berbahaya bagiĀ  kelangsungan hidup manusia di muka bumi dan berpotensi mengakibatkan pemanasan global dan dapat mengganggu iklim di bumi.

Meningkatnya Gas Karbon Monoksida

Masalah selanjutnya yang dapat mengakibatakan pemanasan global adalah meningkatnya gas karbon monoksida. Salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini ialah kendaraan bermotor seperti motor, mobil, bus, dan yang lainnya. Kendaraan bermotor menjadi salah satu hal yang sangat membantu pekerjaan manusia dalam hal transportasi. Akan tetapi, dibalik manfaatnya yang begitu besar ternyata kendaraan bermotor iniĀ  berpotensi untuk memicu terjadinya pemanasan global. Hal ini disebabkan karena asap yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor berupa karbon monoksida yang merupakan penyebab terjadinya efek rumah kaca. Selain itu, karbon monoksida juga bisa mengganggu metabolisme pernapasan manusia.

Dampak Pemanasan Global

Seiring berjalannya waktu, tanpa kita sadari ternyata bumi yang kita tinggali menjadi semakin tua. Hal ini menyebabkan bumi ini sangat renta dengan penyakit-penyakit yang dapat merusaknya. Salah satu penyakit yang bisa merusak bumi adalah pemanasan global. Berikut merupakan dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global terhadap bumi.

  • Gunung-gunung es yang ada di benua antartika akan meleleh karena meningkatnya suhu di bumi.
  • Es yang terapung di laut benua antartika akan berkurang.
  • Es yang ada di gunung-gunung di daerah subtropis akan berkurang, sehingga proses turunnya salju semakin cepat.
  • Proses penguapan air tanah menjadi lebih cepat yang sehingga membuat beberapa daerah di bumi ini akan mengalami kekeringan.
  • Perubahan iklim yang menjadi tidak terkendali dan juga sangat ekstrem, sehingga memungkinkan terjadinya hujan atau bahkan kekeringan yang ekstrem pula.
  • Meingkatnya curah hujan yang berpotensi mendatangkan badai yang akan sering terjadi.
  • Naiknya permukaan air laut

Demikian pembahasan mengenai dampak pemanasan global yang harus kita ketahui. Semoga dengan ini kita bisa lebih menjaga bumi tempat tinggal kita ini. (elevenia)

Leave a Reply