Mother & Baby

Dalam Sehari, Berapa Kali Bayi Minum Susu Formula?

Jangan Lupa Share ya

Memilih antara menyusui secara eksklusif atau memberi si kecil susu formula merupakan suatu keputusan yang besar orang tua baru. Meskipun hampir semua ahli kesehatan merekomendasikan ASI sebagai makanan yang paling utama dan sempurna untuk bayi yang baru lahir, tetapi ada beberapa ibu yang mungkin tidak dapat memberikan ASI-nya karena berbagai alasan yang berbeda. Oleh karena itu, untuk ibu yang tidak bisa memberikan ASI secara eksklusif, alternative lainnya yang bisa ibu ambil adalah dengan memberi si kecil susu formula.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam susu formula memang dibuat sedemikian rupa supaya mirip dengan kandungan gizi pada ASI. Akan tetapi, tetap saja tidak mampu menyamai kebaikan yang dimiliki oleh ASI yang eksklusif. Di dalam susu formula tidak terdapat antibodi seperti yang ada pada ASI. Hal ini membuat susu formula tidak dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap infeksi seperti yang diberikan oleh ASI. Dalam hal penyajian, susu formula ternyata lebih rentan untuk terkena kuman dan bakteri. Oleh karena itu, pemberian susu formula harus kita perhatikan dengan baik untuk mencegah agar bayi tidak terkena penyakit dan infeksi. Tidak seperti ketika kita memberi si kecil ASI, pemberian susu formula harus benar-benar kita perhatikan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan selengkapnya.

Dalam Sehari, Berapa Kali Bayi Minum Susu Formula?

Hal pertama yang perlu kita perhatikan dalam memberikan si kecil susu formula adalah jumlah dan frekuensi pemberian susu tersebut. Hal ini dilakukan karena susu formula kurang dapat dicerna oleh bayi jika dibandingkan dengan ASI. Pada umumnya, bayi hanya perlu diberi susu beberapa kali dan tidak sesering bayi yang menyusu pada ASI.

Bayi dapat menerima susu formula secara bertahap. Hal ini dilakukan karena bayi yang baru lahir memiliki ukuran lambung yang sangat kecil yang kemudian akan berkembang seiring dengan pertambahan usianya.

Setelah beberapa hari pertama pemberian susu formula, bayi akan dapat menghabiskan susu tersebut sebanyak 60 hingga 90 ml setiap kali ia menyusu. Dalam satu hari, ia mungkin bisa menyusu setiap 3 hingga 4 jam sekali selama beberapa minggu setelah pemberian awalnya. Pada bulan pertama pemberian susu formula, jika bayi kamu tidur lebih lama dari 4 hingga 5 jam dan mulai melewatkan jam minum susunya, maka bangunkanlah ia dari tidurnya dan berikan ia susu kembali.

Pada saat usianya akan memasuki bulan ke 2, ia mungkin bisa menghabiskan susu sebanyak 120 ml setiap kali ia menyusu dan dengan frekuensi menyusu yang mungkin bisa kita prediksi yaitu sekitar 4 jam sekali.

Ketika memasuki usia 6 bulan, si kecil bisa saja mengkonsumsi susu formula sebanyak 180 hingga 240 ml setiap 4 hingga 5 jam sekali. Hal ini disebabkan karena ukuran lambungnya yang sudah mulai membesar.

Akan tetapi, sebaiknya kamu tidak terpaku pada batasan yang telah dijelaskan di atas karena kebutuhan susu pada setiap bayi pasti berbeda-beda. Pada umumnya, bayi membutuhkan 90 hingga 120 ml susu setiap pemberian susu selama bulan pertama dan jumlah tersebut akan meningkat sebesar 30 setiap bulan pertumbuhan bayi tersebut hingga mencapai 210-240 ml setiap pemberiannya. Akan tetapi, sebenarnya bayi juga bisa mengatur asupannya dari hari ke hari untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Maka dari itu, biarkan agar ia memberi tahu apakah asupan susu yang sudah kamu berikan itu cukup atau belum. Jika ia sangat mudah untuk terganggu selama ia sedang menyusu, bisa saja itu merupakan suatu tanda bahwa ia sudah kenyang. Namun, jika ia masih saja memegang botol susunya walaupun isinya sudah habis, mungkin saja ia masih merasa lapar dan masih ingin menyusu.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberinya susu ketika ia meminta atau setiap kali ia menangis karena ia lapar. Seiring dengan berjalannya waktu, bayi dapat mengembangkan jadwal yang teratur untuk waktu menyusunya hingga kamu akan lebih mudah untuk mengetahui kapan saatnya si kecil lapar dan harus segera diberi susu.

Akan tetapi sebagai seorang ibu, sebaiknya kamu harus pintar-pintar untuk membatasi susu untuk si kecil jika asupan susunya sudah sangat berlebih. Jika bayi kamu terlalu sering menyusu, maka cobalah untuk mengalihkan perhatiannya dengan bermain atau melakukan hal menarik yang lainnya agar ia bisa melupakan keinginannya untuk menyusu. Hal ini dilakukan agar bayi kamu tidak terkena obesitas karena penyakit ini bisa saja mulai berkembang pada bayi, hingga sangat penting bagi kamu untuk mengerti kebutuhan bayi kamu.

Itulah penjelasan yang lengkap mengenai berapa kali bayi harus diberi susu formula dalam sehari. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply