Edukasi

Daftar Persyaratan Visa Korea Tahun 2019

Daftar Persyaratan Visa Korea Tahun 2019

Jangan Lupa Share ya

Menjelang liburan panjang seperti ini tentunya kamu tidak ingin melewatkan liburan bukan? Apakah kamu salah satunya? Apakah kamu punya rencana untuk melakukan perjalanan liburan keluar negeri? Nah, jika kamu punya rencana untuk berlibur di luar negeri, misalnya ke Korea tentunya harus membutuhkan visa. Nah, untuk mengajukan bisa Korea tentunya juga harus mengetahui bersyarat persyaratannya.

Cara Membuat Visa Korea


Daftar Persyaratan Visa Korea Tahun 2019Visa atau yang diartikan sebagai tanda bukti izin berkunjung ke negara tertentu adalah salah satu syarat yang wajib untuk kamu penuhi. Meskipun masih ada negara yang membebaskan visa bagi siapapun yang ingin berkunjung.

Sedangkan Korea sendiri mewajibkan untuk punya visa bagi siapapun yang ingin berkunjung ke sana. Bagaimana caranya dan apa saja persyaratan Visa Korea tahun 2019?

1. Tempat Mengurus Visa Korea Selatan


Visa ke Korea tahun 2019 ini sudah bisa diurus si Korea Visa Application Center (KVAC) yang terdapat di lantai 5 Mall Lotte Shopping Avanue, Kuningan, Jakarta.

2. Melengkapi Dokumen Persyaratan


Nah, dokumen-dokumen persyaratan dalam pembuatan visa Korea 2019 memang sangat penting . Kamu harus pastikan bahwa persyaratannya sudah lengkap, sebab jika masih kurang lengkap visa kamu bisa ditolak. Berikut ini persyaratannya:

  • Formulir Aplikasi Visa

Dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa ke Korea yang pertama yaitu formulir aplikasi visa yang mana kamu harus mengisinya secara lengkap. Kamu juga harus menyertakan foto yang akan ditempel di kolom foto.

  • Paspor Asli dan Fotokopi Identitas Paspor (paspor lama jika ada)

Apabila sebelumnya kamu sudah pernah berkunjung ke negara OECD yaitu Autria, Denmark, Belgia, Jerman, Perancis, Yunani, Irlandia, Iceland, Luksemburg, Italia, New Zeland, Belanda, Portugal, Norwegia, Swedia, Spanyol, Inggris, Swiss, Australia, Amerika, Finlandia dan Kanada. Nah, jika kamu pernah mengunjungi negara-negara tersebut, maka kamu juga bisa melampirkan fotocopy visanya.

  • Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Mahasiswa Asli

Kamu juga bisa melampirkan surat keterangan kerja maupun surat keterangan mahasiswa yang asli dan ditulis dalam bahasa Inggris. Bahkan jika kamu seorang wirausaha, maka kamu dapat melampirkan fotocopy surat izin usaha perdagangan.

  • Dokumen Keuangan dan Fotocopy KK

Dokumen keuangan tersebut yaitu rekening koran tabungan selama 3 bulan terakhir yang disertai dengan referensi bank serta bukti potong SPT atau laporan pembayaran pajak atau juga slip gaji. Sedangkan khusus untuk mahasiswa atau pelajar, maka kamu harus melampirkan rekening koran orang tua.

Jika untuk  ibu rumah tangga maupun orang yang tidak bekerja dan juga tidak punya rekening koran pribadi, maka harus menyertakan rekening koran suaminya. Selain dokumen keuangan, maka kamu juga harus melampirkan fotocopy Kartu Keluarga.

  • Jika Membawa Asisten Rumah Tangga

Jika kamu membawa serta asisten rumah tanggamu, maka kamu diwajibkan melampirkan surat sponsor dari Employer yakni surat keterangan dan kartu keluarga.

3. Mengisi Formulir Pendaftaran


Jika kamu sudah memenuhi perlengkapan syarat membuat visa Korea 2019 di atas, maka selanjutnya kamu harus mengisi formulir pendaftaran dengan data yang sebenarnya.

4. Melakukan Proses Pendaftaran dan Pembayaran


Selanjutnya kamu juga harus menyerahkan berkas-berkas pengajuan visa Korea di KVAC di antaranya:

  • Membayar biaya pembuatan visa Korea yang sudah kamu pilih jenisnya. Jika sudah dibayar selanjutnya kamu akan mendapatkan materai yang harus ditempel ke formulir tersebut.
  • Jika sudah bayar dan dapat materai, maka kamu akan diarahkan menuju tempat untuk mendaftar dan siapkan identitas seperti KTP.
  • Ambillah nomor antrian sesuai dengan jenis visa yang sudah kamu pilih dan tunggu dipanggil.
  • Selanjutnya serahkan dokumen serta tanda terima yang sudah kamu bawa saat akan pengambilan visa dan paspor.

Proses pengajuan visa ini bisa memakan waktu 6 hari kerja dan sudah bisa kamu ambil jika sudah 6 hari yang dihitung dari setelah 1 hari kamu mengajukan visa.

5. Cek Status Visa Secara Online


Untuk mengetahui dan mengecek visa yang sudah kamu ajukan bisa secara online dengan mengunjungi website https://www.visa.go.kr/ serta isilah menu yang diperlukan. Di dalamnya ada 3 keterangan status yakni under review, approved serta rejected. Jika di dalamnya sudah tertulis”approved”, maka kamu bisa mengambil visa dan paspor tersebut sesudah 6 hari kerja.

6. Pengambilan Paspor dan Visa


Proses akhir dari pembuatan visa Korea 2019 yaitu pengambilan visa dan paspor dan membawa serta tanda terima yang kamu berikan ketika proses pengajuan pendaftaran

Nah, bagaimana? Sangat mudah bukan cara dan syarat-syarat yang harus kamu penuhi untuk membuat visa Korea 2019? Maka dari itu, yuk liburan ke Korea dengan mudah tanpa sulit membuat visa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca dan selamat berlibur ke Korea.

BACA JUGA! 5 MERK MOISTURIZER KOREA YANG BAGUS

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply