Fashion

Ciri-ciri dan Keunggulan Bahan Polyester

Jangan Lupa Share ya

Bahan polyester adalah salah satu bahan yang paling sering terdengar di telinga kita. Tapi apakah kamu tahu mengenai bahan kain polyester ini? Selain itu apakah kamu juga mengetahui bagaimana ciri-ciri bahan polyester serta keunggulannya? Nah, dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai ciri-ciri bahan polyester dan keunggulannya supaya kamu bisa mengetahui terkait seluk beluk bahan polyester.

Apa itu bahan kain polyester?

Sebelum kita membahas yang lebih jauh lagi terkait bahan polyester, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang mendasar dari bahan polyester. Dengan begitu kamu bisa mengetahui apa bedanya bahan polyester dengan yang lainnya.

Bahan polyester merupakan salah satu bahan kain yang mana prosesnya dibuat melalui proses kimia dan kain ini disebut juga dengan kain sintesis. Dengan kata lain, bahan kain polyester tidak bisa diperoleh secara alami serta tidak ada yang menyediakan secara bebas di alam seperti halnya bahan kain yang lainnya seperti cotton, woll dan sebagainya. Maka dari itu bahan polyester ini hanya bisa didapatkan dari proses kimia di pabrik.

Kain dari bahan polyester dibuat dengan serat polyester yang mana produksinya secara kimia dan sama seperti bahan kain rayon. Akan tetapi perbedaan antara serat polyester dengan serat rayon terletak pada bahan pembuatannya. Serat rayon terbuat dari selulosa yang mana bahan tersebut bisa didapatkan pada tumbuhan sedangkan kain polyester dibuat dari bahan petroleum atau minyak bumi.

Nah, dari bahan petrolium tersebutlah maka kisah dijadikan serat polyester. tentunya prosesnya menggunakan proses kimia yang panjang serta rumit dan adanya pencampuran dengan bahan minyak bumi, air, batu bara serta udara. Reaksi antara minyak bumi atau petrolium dengan produk yang lainnya seperti carboxyl acid serta alkohol yang mana senyawa itu biasa disebut dengan “a monomer” atau juga “ester”. Prosesnya berlangsung dengan menggunakan suhu tinggi pada ruangan yang hampa dan tersebut dinamakan dengan polimerisasi.

Setelah terjadi proses merancang maka akan didapatkan material polyester yang kemudian akan diproses kembali untuk bisa menghasilkan serat yang halus dan panjang dan disebut dengan filamen. Supaya bisa menjadi benang polyester filament filamen tersebut akan digabungkan menjadi satu dan dipintal menjadi benang.

Penggunaan bahan kain polyester

Setelah kita mengetahui proses pembuatan bahan kain polyester yang begitu panjang dan rumit, mengapa kamu perlu tahu juga penerapan dalam penggunaan bahan kain polyester ini. Penggunaan bahan kain polyester sangatlah luas dan tidak ada batasnya yang mana bahan kain polyester tersebut bisa digunakan untuk kemeja, kaos, jas, gaun, jaket maupun seragam olahraga. Bahkan kain polyester tersebut juga bisa dipakai untuk perabotan rumah tangga seperti isolasi listrik, kain pada furniture, tali, peralatan komputer dan lain sebagainya.

Ciri-ciri dan keunggulan bahan polyester

Baca Juga: MACAM-MACAM KAIN TENUN NUSANTARA TERBAIK

Apabila kamu sudah mengetahui cara pembuatan bahan polyester tersebut sampai menjadi benang, kamu juga sudah mengetahui penggunaan bahan kain polyester maka kamu juga harus tahu bagaimana ciri-ciri bahan kain polyester serta keunggulannya dari bahan kain yang lainnya.

Ciri-ciri dari bahan kain polyster yaitu memiliki serat bahan yang lentur, awet serta tidak mudah berkerut, daya serapnya buruk, tahan terhadap bahan kimia, mudah kering, tahan panas, anti jamur, kuman dan bakteri.

Keunggulan dari bahan kain polyester yang dibuat dengan melalui proses kimia yang panjang yaitu sebagai berikut:

  • Bahan kain polyester dikenal menjadi bahan kain yang tahan lama, akan lebih cepat kering ketika dijemur serta tidak mudah kusut
  • Bahan kain polyester juga terkenal lebih tahan terhadap berbagai macam bakteri, tahan terhadap air atau water resistant serta bahan ini tidak mudah melar atau susut
  • Bahan kain polyester sangat cocok apabila dipakai di dalam ruangan yang ber-ac maupun di negara-negara yang memiliki suhu yang sangat dingin
  • Bahan kain polyester juga memiliki keunggulan yang tahan terhadap pencucian kimia atau disebut dengan dry cleaning atau juga pelarut organik
  • Karena bahan polyester memiliki kemampuan yaitu bisa bertahan terhadap serangan jamur dan bakteri, maka bahan kain polyester tersebut sangat mudah dalam perawatan. Selain itu bahan kain polyester juga menjadi salah satu bahan favorit yang paling banyak dipakai untuk membuat sarung bantal guling maupun selimut

Nah, itulah ciri-ciri dan keunggulan bahan polyester yang harus kamu ketahui supaya kamu tahu seluk beluk bahan polyester, penggunaannya serta ciri-ciri dan keunggulan yang dimiliki bahan Polyester. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Jihan Ariya

Halo Guys Salam Kenal, Semoga Sehat dan Sukses Selalu .. Aamiin 🙂 Follow me @Linkedin dan Sekarang lagi berkecimpung dengan blog pribadi reomit.com
Jihan Ariya

Latest posts by Jihan Ariya (see all)

Leave a Reply