Elektronik

Cara Reset Printer Epson l120 Tanpa Aplikasi

Cara-Reset-Printer-Epson-l120[1]

Jangan Lupa Share ya

Dewasa ini, banyak sekali permasalahan yang sering terjadi pada printer, sehingga seringkali printer perlu dilakukan reset. Apalagi saat ini banyak sekali merk printer, salah satunya yaitu Epson. Bahkan, merk Epson ini juga memiliki beragam tipe seperti Epson L130, L220, L310, L360 dan L365. Beberapa tipe Epson tersebut, kamu bisa meresetnya menggunakan program khusus yaitu resetter atau adjustment program. Dengan cara tersebut error blinking pada indikator tinta dan kertas bisa teratasi.

Cara-Reset-Printer-Epson-l120-Tanpa-Aplikasi[1]Memiliki printer, tentu saja kita harus siap dengan segala resiko dan permasalahan yang ada. Lalu, bagaimana cara reset printer Epson l120 yang bisa dilakukan? Untuk melakukan hal tersebut, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bahkan, kamu bisa melakukannya secara manual dan tanpa menggunakan aplikasi. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara reset printer Epson l120, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Type Printer Epson Bisa Direset Secara Manual


Ada beberapa tipe printer Epson yang bisa kamu reset dengan cara manual tanpa menggunakan aplikasi tertentu. Seperti halnya Epson seri L terbaru seperti Epson L110, L120,L300, L310, L220 dan lain sebagainya.

Tipe-tipe printer Epson tersebut memang banyak sekali digunakan, karena memang harganya lebih terjangkau. Namun, permasalahan memang seringkali terjadi pada Epson tipe-tipe tersebut. Agar permasalahan tidak semakin parah, perlu dilakukan perbaikan lebih cepat.

Baca juga: Cara Mengatasi Device and Printer Loading Lama dan Masalah Printer Lainnya

Reset Printer Epson l120 Jika Muncul Gejala atau indikator Ini


Apapun yang membutuhkan penanganan, pastinya memiliki gejala atau indikator tertentu. Seperti halnya printer Epson l120 ini, ada beberapa indikator atau gejala yang perlu kamu ketahui. Selengkapnya berikut ini gejala-gejalanya:

  • Lampu indikator tinta pada printer tersebut menyala tapi tidak berkedip.
  • Pada komputer yang terhubung dengan printer, muncul pesan Ink Run Out atau  it is time to reset the ink level.
  • Printer tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan untuk print.
  • Untuk printer Epson L series dengan kondisi lampu indikator tintanya masih berkedip, sebelum di reset harus menunggu sampai indikatornya tidak berkedip lagi.

Reset Printer Epson l120  Secara Manual


Cara reset printer Epson l120 secara manual bisa kamu lakukan dengan mudah yaitu menggunakan tombol indikator tinta yang berada di sebelah tombol power. Melakukan reset dengan cara ini, bisa mengatasi printer Epson L series terbaru dengan keadaan lampu indikator tinta menyala terus dan pada komputer yang terhubung dengan printer muncul notifikasi It is nearly time to reset the ink levels. Hal ini sesuai dengan yang apa yang dijelaskan sebelumnya.

Adapun berikut ini langkah-langkah reset tinta (ink) pada printer epson seri L secara manual yang harus kamu ikuti:

  • Tekan tombol yang bergambar tetesan tinta selama 10 detik. Jika printer dalam keadaan menyala  dan tidak berkedip, kamu bisa menggunakan cara ini.
  • Nah, jika lampu indikator tinta masih menyala, tekan ulang tombol yang bergambar tetesan tinta dalam waktu tertentu. Pada cara yang kedua ini, sebaiknya kamu tekan tombol tinta selama 5 detik dan lepaskan. Selang 1 detik tekan lagi tombol tersebut selama 3 detik dan lepas lagi dan ulangi cara tersebut sekali lagi.
  • Setelah itu printer bisa digunakan kembali.  Selanjutnya jika printer kamu mengalami hal yang demikian, cara ini bisa kamu lakukan.

Cara Reset Printer Epson L Series  Secara Manual Tanpa Aplikasi


Selain cara di atas, ada cara reset printer Epson l120 lain yang bisa kamu lakukan. Cara ini dilakukan khusus untuk printer dengan keadaan lampu berkedip. Jika lampu berkedip dan kamu melakukan cara di atas, maka tidak akan segera terselesaikan. Karena pada kondisi ini, tinta masih terdeteksi ada. Namun, jika sistem yang ada pada printer sudah terdeteksi tinta tinggal sedikit dan untuk menghilangkan indikator blinkingnya, tunggu hingga  indikator tinta tersebut menyala dan tidak berkedip.

Setelah itu, kamu baru bisa menggunakan langkah di atas untuk meresetnya. Setelah itu, kamu bisa menggunakan printer kembali. Dengan menggunakan cara ini, kamu tak perlu repot-repot mengunduh aplikasi tertentu untuk mereset printer. Bahkan, cara ini bisa kamu lakukan lebih cepat, dibandingkan harus menggunakan aplikasi.

Itulah ulasan mengenai cara reset printer Epson l120 tanpa aplikasi yang bisa kamu lakukan. Dengan menggunakan cara tersebut, kamu tak perlu repot-repot mengunduh aplikasi atau bahkan kamu tak perlu membawanya ke tukang professional. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply