Gadget /Komputer

Cara Registrasi Ulang Kartu Simpati dan Operator Lainnya yang Wajib Diketahui

Jangan Lupa Share ya

Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan seluruh pengguna kartu SIM prabaar untuk melakukan registrasi ulang kartu dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang sah. Keputusan ini dilakukan berdasarkan peraturan Menkominfo No. 21 tahun 2017 tentang Perubahan yang dilakukan atas Peraturan Menkominfo No. 12 tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Registrasi bisa kamu lakukan melalui SMS, Online maupun melalui gerai operator masing-masing. Dalam proses registrasi, pelanggan dan/calon pelanggan kartu prabayar hanya perlu mengirimkan SMS ke 4444 dengan format tertentu yang  berisikan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang sah. Pendaftran ulang kartu SIM yang dilakukan ke melalui SMS ke nomor 4444 ini disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan telah tersambung ke data penduduk di Kementerian Dalam Negeri. Format SMS yang digunakan untuk meregistrasi ulang kartu SIM ini berbeda tiap masing-masing operatornya.

Dengan melakukan registrasi ulang, nomor telepon yang digunakan oleh semua pelanggan akan tercatat sesuai dengan identitas pemilik aslinya sehingga tidak dapat disalahgunakan, misalnya digunakan untuk berbuat kejahatan.

Cara Registrasi Ulang Kartu Simpati dan Telkomsel

Bagi kamu para pengguna Kartu Simpati dan Telkomsel yang telah lama berlangganan, inilah cara registrasi ulang kartu Simpati dan Telkomsel prabayar:

ULANG(spasi)NIK#NomorKK#

Kirim SMS ke nomor 4444

Bagi kamu para pelanggan baru prabayar yang membeli kartu perdana Simpati, cara registrasinya adalah:

Reg(spasi)NIK#NomorKK

Kirim SMS kamu ke nomor 4444

Itulah cara melakukan registrasi ulang kartu Simpati dan Telkomsel bagi para pelanggan lama dan calon pembeli kartu perdana Telomsel. Untuk pembeli kartu perdana, format tersebut bisa terus kamu gunakan setiap pembelian kartu perdana telkomsel meskipun batas akhirnya telah terlewati.

Cara melakukan Registrasi Ulang Kartu SIM pada Operator Lainnya

Registrasi ulang kartu SIM bagi pelanggan lama

Pelanggan Indosat, Smartfren, dan Tri

Format SMS: ULANG#NIK#NomorKK#

Pelanggan XL Axiata & Axis

Format SMS: ULANG#NIK#NomorKK

Format registrasi kartu SIM bagi pelanggan yang baru membeli kartu perdana

Pelangan Indosat, Smartfren, Tri

Format SMS: NIK#NomorKK#

Pelanggan XL Axiata dan Axis

Format SMS: Daftar#NIK#Nomor KK

Cara terakhir untuk melakukan registrasi kartu SIM adalah mengunjungi gerai-gerai milik penyelenggara jasa telekomunikasi atau ke gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi terdekat. Kamu bisa melakukan registrasi ulang kartu SIM denga membawa persyaratan untuk melakukan registrasi, yaitu Kartu Keluarga dan KTP yang masih berlaku.

Jika Registrasi Ulang Kartu SIM Gagal

Jika registrasi ulang kartu yang kamu lakukan gagal, ada beberapa tambahan prosedur yang perlu kamu lakukan agar registrasi yang kamu lakukan dapat diterima dan berhasil. Tambahan prosedur yang dimaksud tersebut berkaitan dengan persyaratan registrasi ulang yang berupa Nomor Induk Kependudukan dan Nomor KK yang kamu gunakan.

Berikut adalah tambahan prosedur yang harus kamu lakukan:

Apabila SMS yang kamu kirimkan dinyatakan tidak valid, maka kamu perlu mengecek format SMS dan data NIK serta Nomor KK yang kamu kirimkan. Pastikan semua data yang telah kamu isi benar, kemudian kirimkan ulang SMS nya ke 4444.

Apabila format SMS yang telah kamu kirimkan benar tetapi masih dinyatakan tidak valid, maka kamu harus mengirimkan SMS registrasi ulang dengan format yang sama sebanyak 5 kali SMS. Kemudian kamu akam menerima notifikasi berupa SMS atau PopUp yang isinya adalah sebuah pernyataan bahwa Nomor KK dan NIK yang kamu isikan sudah benar dan sah. Kamu akan diberikan dua pilihan yaitu jika kamu menyatakan setuju maka kamu dianggap bertanggungjawab secara hukum atas NIK dan Nomor KK yang telah kamu isikan. Maka nomor lama kamu akan tetap aktif.

Cara Registrasi Ulang Kartu SIM bagi Warga Negara Asing (WNA)

Selain berlaku bagi Warga Negara Indonesia, registrasi ulang kartu SIM juga berlaku untuk Warga Negara Asing yang tingggal di Indonesia san menggunakan telepon seluler dengan nomor dari operator Indonesia. Persayratan yang harus dilengkapi untuk melakukan registrasi ulang bagi WNA adalah:

  • Paspor
  • KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap)
  • KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara)

Itulah cara melakukan registrasi ulang kartu Simpati dan Operator lainnya yang peru kita ketahui dan kita lakukan. Segera registrasikan kartu SIM jika kamu tidak ingin koneksi internet kamu terputus sehingga tidak bisa lagi mendapatkan berbagai layanan online yang ada.

Dampak apabila pelanggan tidak melakukan registrasi ulang kartu SIM

Apabila para pengguna tidak melakukan registrasi ulang pada kartu SIM mereka, maka pihak penyedia jasa telekomunikasi akaan memblokir nomor telepon yang belum didaftarkan tersebut.

Demikian pembahasan mengenai cara registrasi ulang kartu Simpati dan operator lainnya yang harus kita ketahui. Semoga bermanfaat bagi kamu yang akan segera melakukan registrasi kartu SIM. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply