Hobby

Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Jangan Lupa Share ya

Push Up merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang tergolong dalam olahraga yang tidak memerlukan biaya sama sekali. Selain itu, push up juga merupakan salah satu jenis olahraga fisik yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Sejak kecil, kita sudah diperkenalkan dengan salah satu jenis olahraga yang menggunakan lengan sebagai tumpuan seluruh beban tubuh ini. Push up sendiri dilakukan dengan cara menjadikan lengan sebagai tumpuan bagi seluruh beban tubuh, sehingga akan terjadi pengencangan pada otot lengan dan akan terlihat lebih signifikan hasilnya apabila kamu melakukannya dengan rajin dan disiplin. Selain bisa mengencangkan otot bagian lengan, ternyata olahraga push up juga mampu membantu mengecilkan otot bagian perut. Akan tetapi, sebagian besar orang justru tidak mengetahui cara push up yang benar.

Untuk memperoleh manfaat yang lebih maksimal, maka kita harus mengetahui bagaimana cara untuk melakukan push up yang benar secara rutin dan bukan hanya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal saja, karena yang akan kita dapatkan hanyalah rasa lelah saja atau bahkan cedera.

Untuk menghindari terjadinya cedera ketika sedang melakukan olahraga yang satu ini, pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu cara untuk melakukan push up yang benar. Olahraga yang satu ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, akan tetapi kita harus tetap memperhatikan keselamatan kita dalam melakukannya. Berikut ini merupakan cara-cara dalam melakukan olahraga push up yang benar.

Pemula: Push Up di Dinding

Untuk melakukan push up pemula ini kamu hanya perlu berdiri di depan dinding, kemudian letakkan telapak tanganmu di depan dinding. Lalu, bengkokan bagian lengan kamu dengan cara memajukan badan ke depan dinding. Lakukanlah berulang-ulang sebanyak mungkin. Jika kamu sudah merasa terbiasa, kamu bisa melakukan gerakan ini puluhan kali. Setelah itu, cobalah untuk memberikan tekanan yang lebih ketika sedang melakukannya seperti push up dengan satu tangan.

Intermediate: Push Up Berlutut

Untuk melakukan push up ini, maka posisi badan kita berada pada posisi push up yang sesungguhnya. Akan tetapi, dalam cara ini yang menjadi tumpuan ialah lutut kakimu. Lalu letakkan tanganmu di lantai secara lurus dengan wajahmu ke depan dan silangkan kaki kamu. kemudian turunkan bagian dada secara perlahan ke dekat lantai, kemudian kembali lagi ke posisi semula.

Advanced: Push Up Sempurna

Dalam melakukan push up ini, sebaiknya kamu tidak peril menggunakan alas. Hal ini dikarenakan akan lebih baik apabila push up dilakukan langsung di depan lantai. Pertama-tama, letakkan tangan di lantai dengan posisi terbuka selebar bahu. Gunakan ujung kaki sebagai tumpuan, hingga posisi badan menjadi lurus sempurna. Jangan sampai ada posisi yang tidak sesuai seperti menonjolnya bokong ke atas. Kemudian turunkan bahu kamu sampai membentuk siku 90 derajat. Lalu, dorong bahu dan lengan hingga menjadi lurus ke depan sambil mengambil nafas. Akan lebih baik jika push up ini dilakukan di sore hari dan pagi hari. Untuk para pemula, sebaiknya tidak langsung melakukan push up jenis ini, tapi melakukannya secara bertahap seperti penjelasan di atas.

Manfaat Push Up

Mengencangkan Otot

Dengan melakukan olahraga push up yang baik dan benar, maka akan membantumu untuk mengencangkan otot-otot tubuh kamu terutama pada bagian lengan, dada dan perut.

Meningkatkan percaya diri

Dengan melakukan push up secara rutin, maka akan meningkatkan rasa percaya diri kamu. hal ini dikarenakan vitalitas yang meningkat akan membuatmu lebih percaya diri dalam setiap penampilanmu. Selain itu, dengan melakukan push up sebanyak mungkin dalam sehari, akan membuatmu lebih percaya bahwa kamu memanglah kuat, dan itulah yang akan membuatmu lebih percaya diri.

Membakar kalori

Dengan melakukan push up, maka tubuh kamu akan memerlukan energi yang banyak. Maka dari itu, energi tersebut mungkin saja diambil dari cadangan lemak kamu. Oleh karena itu, push up dapat menjadi pilihan yang baik untuk membakar kalori di tubuh.

Kekuatan Otot Dada

Anggota tubuh yang berperan paling besar dalam olahraga push up adalah dada. Gerakan push up akan memaksa otot dada untuk menarik dan menekan badan tanpa harus bertumpu pada bagian tubuh yang lain. Jika kamu melakukan push up secara teratur, maka kekuatan otot dadamu akan lebih terjaga dan terpelihara.

Menstabilkan Otot Bahu

Push up merupakan salah satu olahraga yang mampu mengatasi masalah kelainan bahu yang tidak seimbang jika dilakukan secara rutin. Saat melakukan push up, kekuatan otot bahu terletak pada bagian bahu atas. Otot ini akan menjaga gerakan bahu agar kuat, stabil dan seimbang seperti melakukan manfaat berenang.

Push up adalah olahraga yang mudah dilakukan, tetapi mempunyai manfaat yang baik. Untuk itu dari sekarang cobalah biasakan push up. Demikian pembahasan mengenai cara push up yang benar dan manfaatnya. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply