Gadget & Photography

Cara Mudah Mengatasi HP Kena Air

Jangan Lupa Share ya

Tidak jarang masyarakat yang mengalami kejadian HP tercelup air atau terkena air hujan hingga basah. Bagaimana jika hal itu terjadi kepadamu? Tidak semua kerusakan HP bisa di perbaiki oleh konter HP. Salah satunya adalah ketika HP terkena air. Nggak perlu repot membawa HP ke konter karena kamu bisa mengatasinya sendiri di rumah. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara mudah mengatasi HP kena air.

Hal yang Harus Dilakukan ketika HP Kena Air


Apa sih yang sebenarnya harus di lakukan ketika HP kena air? Apakah langsung membawanya ke counter, atau langsung membuangnya ke tempat sampah? Tentunya tidak dengan pilihan kedua. Sebelum pada akhirnya kamu membawa HP-mu ke konter, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyelamatkan HP-mu dari kerusakan akibat air.

  1. Memastikan Ponsel dalam Keadaan Turn Off

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika handphonemu terkena air adalah mematikannya. Sifat dari komponen elektronik yang sensitif terhadap air akan membawa dampak buruk terhadap sistem smartphone. Ketika kamu menyalakan HP dalam keadaan basah, hal yang terjadi hanyalah panas dan lama-lama bisa merusak sistem handphone mu sendiri.

  1. Melepas Baterai dan SIM Card

Apabila handphone mu tidak menggunakan baterai tanam, kamu bisa langsung melepasnya berikut juga SIM Card dan kartu memori. Lalu bagaimana jika menggunakan baterai tanam? Kamu bisa turn off handphone dan menunggu suhu dari baterai menjadi dingin dan normal kembali.

Handphone merupakan perangkat elektronik aktif yang bersumber dari baterai. Ketika handphone terkena air dalam kondisi aktif maka akan timbul terjadinya short circuit atau korslet listrik di dalam komponen. Apabila kamu ahli dalam komponen Handphone, kamu bisa langsung membongkar seluruh part dari HP dan membiarkannya hingga kering.

  1. Mengeringkan Bagian Luar HP

Setelah mematikan handphone, kamu bisa megusap-usap atau bagian body HP yang terkena air hingga kering. Bagian khusus yang harus di keringkan terlebih dahulu adalah pada layar LCD. Ya, layar LCD HP memang sangat sensitif terhadap air karena LCD berasal dari filamen lunak yang tidak tahan air.

Apabila kamu tidak mengeringkannya dengan benar maka akan timbul bintik-bintik hitam yang akan merusak layar.

  1. Mengeringkan Smartphone

Nah, langkah terakhir agar handphone bisa kembali normal setelah terkena air adalah dengan mengeringkannya. Kamu harus benar-benar memastikan ponsel dalam keadaan kering sebelum di gunakan kembali. Bagaimana sih cara mengeringkan ponsel dengan baik dan benar itu?

Mengeringkan ponsel bisa kamu lakukan dengan cara meletakkannya di dalam beras. Beras adalah sebuah bahan yang bisa menyerap kelembaban dengan baik dan cepat. Untuk itu, kamu bisa merendam handphone yang sudah di keringkan dengan cara mengeringkan ulang di dalam beras selama kurang lebih 3 hari. Selain beras, kamu juga bisa menggunakan silica gel untuk mengeringkan ponsel.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan ketika HP Kena Air


Cara Mudah Mengatasi HP Kena Air

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus di lakukan apabila mendapati smartphone terkena air, berikut ini adalah hal yang tidak boleh di lakukan ketika HP terkena air. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak baik-baik penjelasan di bawah ini dengan teliti.

  1. Tidak Meniup Smartphone

Banyak masyarakat yang salah kaprah ketika mendapati smartphonenya terkena air, yaitu dengan meniupnya. Padahal hal tersebut justru akan memperparah kerusakan yang ada di handphonemu. Ketika kamu meniupnya, bukan menjadikan smartphone menjadi lebih kering justru akan membuat air masuk lebih dalam ke komponen di dalamnya.

Cara yang baik apabila kamu ingin mengeringkannya adalah dengan mengunakan vacuum cleaner. Cara kerja vacuum cleaner adalah menarik air yang ada di dalam sehingga air tidak akan meluber kemana-mana.

  1. Jangan Menyambungkan Handphone ke Tenaga Listrik

Hal yang harus kamu waspadai adalah untuk tidak menyambungkan handphone ke tenaga listrik. Jangan sekali-kali mencolokkan handphone ke tenaga listrik karena bisa menyebabkan kebakaran atau hubungan arus pendek.

  1. Jangan Gunakan Hairdryer

Selain meniup smartphone, kamu juga tidak boleh menggunakan hairdryer untuk membantu mengeringkan komponen. Hairdryer justru akan memperparah kerusakan smartphonemu akibat suhu panas yang terjadi.

Begitulah sedikit informasi mengenai hal yang harus di lakukan dan yang tidak boleh di lakukan ketika hp kena air. Sayangi smartphonemu seperti menyayangi dirimu sendiri. Semoga artikel di atas dapat membantu mengatasi masalahmu.

Baca Juga! Begini Cara yang Benar untuk Charge HP Samsung Pertama Kali

 

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply