Beauty & Health

Cara Mudah Hapus Tato dengan Garam

Jangan Lupa Share ya

Sejumlah orang menyesali tato yang dibuat ditubuhnya. Sekarang ini banyak metode menghilangkan tato yang bisa dilakukan. Menghilangkan tato membutuhkan biaya sejumlah tertentu. Namun sebenarnya Kamu bisa dengan mudah menghapus tato tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Caranya yaitu dengan menggunakan garam.

Mengetahui Beberapa Hal yang Harus Dihindari


Ada beberapa hal yang perlu Kamu hindari ketika akan menghapus tato menggunakan garam, antara lain:

1. Berhati-hatilah ketika menggosokkan garam ke tato

Memakai garam untuk menghilangkan tato merupakan suatu tindakan yang berbahaya baik itu tato yang baru maupun yang sudah lama. Alasannya adalah karena kulit mempunyai dua lapisan yaitu dermis dan epidermis. Ketika membuat tato tintanya akan masuk lewat lapisan epidermis, lalu masuk ke dalam dermis.

Masuknya garam harus bisa sampai ke bagian lapisan dalam dermis. Meskipun Kamu berhasil mengelupas pada bagian dalam lapisan permukaan kulit, hasilnya kemungkinan tidak akan nampak bagus. Selain itu, menggosok tato menggunakan garam akan menimbulkan ruam pada kulit yang cukup parah.

Hal tersebut juga bisa menyebabkan penggelapan warna kulit, luka parut serta kerutan. Melakukan cara ini di rumah bisa membuat kulit menjadi rusak signifikan. Bahkan bisa semakin memperburuk tampilan tato. Jadi, Kamu harus sangat berhati-hati ketika menggosokkan garam ke tato.

2. Ketahuilah asal mula mitos ini

Perendaman di dalam air garam hanya bisa membuat tinta tatonya menjadi memudar, menyebar atau bahkan luntur. Rendaman di dalam air garam tidak akan membuat tato secara tiba-tiba menghilang. Kemungkinan yang terjadi adalah tato akan nampak semakin buruk sesudah merendamnya dalam air garam apalagi jika tato baru saja dibuat.

Melakukan perendaman di dalam air garam mungkin tidak akan memberikan dampak apa-apa jika tato yang dibuat sudah selama waktu beberapa minggu atau lebih. Perhatikan dengan seksama terkait hal ini.

3. Ketahuilah bahwa prosedur memakai garam sebagai bahan penggosok memang ada

Menggosok garam sendiri untuk menghilangkan tato mungkin bukan merupakan hal yang tepat dilakukan. Sebab kulit Kamu bisa terluka dan bisa menambah parah masalah. Namun, ada prosedur profesional memakai garam atau istilah lainnya adalah salabrasion. Prosedurnya yaitu obat anestesi topikal dioleskan pada bagian permukaan tato.

Perangkat jarum tato diisi dengan larutan salin yang dipakai untuk menusuk bagian dermis kulit. Cara ini mirip seperti proses melakukan tato, tetapi tato justru akan terhapuskan. Dalam waktu 6 sampai 8 minggu sesudah proses, kulit akan sembuh. Cari tahulah orang-orang yang sudah berpengalaman menjalaninya sebelum memutuskan untuk mencobanya.

Mempertimbangkan Pilihan Lainnya


Selain menggunakan garam, ada beberapa pilihan lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan, diantaranya:

1. Menghilangkan tato menggunakan laser

Salah satu cara aman untuk menghilangkan tato yaitu dengan menggunakan laser. Dokter yang ahli dibidangnya akan melakukan penembakan sinar berkonsentrasi tinggi ke bagian tinta tato.Tahap ini akan membantu mengurangi tampilan secara dramatis serta menghancurkan tinta tato. Biayanya tergantung dari besarnya ukuran tato.

2. Bicarakanlah dengan dokter kecantikan terkait dermabrasi

Alternatif lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan membicarakan dengan dokter kecantikan atau yang ahli dibidangnya terkait dermabrasi. Langkah ini mirip dengan salabrasion yang proses untuk mengelupas lapisan kulit hingga ke tinta tatonya dilakukan di bawah pengawasan praktisi terlatih dan profesional.

Cara yang satu ini harganya sedikit lebih mahal daripada perawatan laser.Prosedur ini rasa sakitnya cenderung sama seperti ketika ditato. Secara umum tinta yang tersisa lebih nampak sesudah dermabrasi daripada dengan sesudah melakukan perawatan laser.

3. Pertimbangkan menjalani cryosurgery serta peeling kimiawi

Metode cryosurgery dilakukan dengan cara membekukan kulit dan tinta tatonya dibakar menggunakan nitrogen cair. Sedangkan metode peeling kimiawi akan mengakibatkan kulit melepuh serta mengelupas. Jadi, sebagian tinta tato tersingkirkan. Keduanya bukan merupakan pilihan yang lazim dipakai sebab keduanya berharga mahal dan terasa sakit. Namun, jika Kamu nyaris putus asa, keduanya bisa dijadikan pertimbangan.

4. Bicarakanlah dengan dokter kecantikan terkait operasi

Pilihan yang terakhir adalah operasi. Bagian lapisan kulit yang terkena tato akan diangkat oleh dokter memakai pisau bedah. Lalu menjahitkan di bagian sekelilingnya sel kulit yang lamaAkan terbentuk luka yang baru dan mungkin akan terasa sakit meskipun Kamu memakai obat anestesi topikal.

Tips yang Bisa Dilakukan


Beberapa tips yang bisa Kamu lakukan ketika menghapus tato menggunakan garam antara lain:

  • Pertimbangkanlah mengoleskan salep antiseptik sesudah setiap kali menggosok garam untuk mencegah adanya infeksi, lalu pasangkan perban steril di atasnya.
  • Menggosoknya jangan terlalu kuat karena bisa menyebabkan kulit menjadi berdarah dan menimbulkan rasa sakit.
  • Jangan merasa kecewa jika pada awalnya garam tidak berhasil menghilangkan tato. Bersabarlah.

Meskipun menghapus tato menggunakan garam sangat mudah dilakukan, namun Kamu harus tetap berhati-hati. Pahami dampak yang nantinya ditimbulkan sebelum mencoba untuk melakukannya.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT TATO TEMPORER AGAR TAHAN LAMA

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply