Edukasi

Cara Merubah Format Tanggal di Excel Menjadi Text

Jangan Lupa Share ya

Pernahkah kamu merasa kesulitan saat melakukan pengolahan data di MS Office seperti Excel misalnya. Misalnya saat kamu ingin mengubah format tanggal di MS Excel ke dalam bentuk text namun kamu bingung dan tidak tahu bagaimana caranya. Cara untuk merubah format tanggal (date) menjadi format text dalam Microsoft excel ini sebetulnya juga sangat mudah.

Nah, untuk yang baru belajar excel sekalipun juga akan bisa dengan mudah dalam melakukan konversi dari format tanggal ke format text dengan mudah sekali loh. Tentunya jika kamu juga sudah tahu caranya. Jika kamu masih belum tahu caranya, tentu saja hal tersebut akan sangat membingungkan dan kamu anggap sangat rumit bukan?

Padahal sangat sering kita menemui lembar kerja atau worksheet di Microsoft Excel yang isinya data-data yang harus menyertakan tanggal. Namun default dari microsoft Excel sendiri ketika kamu mengisikan tanggal, maka akan berformat date secara otomatis. Nah, saat kamu dihadapkan dengan upload data secara online dengan format Microsoft Excel, maka sangat sering sekali untuk diwajibkan seluruh cell di microsoft Excel tersebut berbentuk format text termasuk juga cell yang berisikan date atau tanggal.

Apabila kamu melakukan konversi biasa atau manual, maka format tanggal tersebut akan sulit untuk kamu rubah ke dalam bentuk text. Walaupun kamu sudah mengcopy paste value sekalipun tetap saja hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan kamu. Akan tetapi kamu tak perlu khawatir. Hal tersebut dikarenakan di dalam microsoft Excel sendiri sebenarnya bisa melakukan konversi atau merubah format tanggal atau date ke dalam format text secara cepat, aman dan hasilnya juga sesuai dengan harapan kamu. Bagaimana caranya? Nah, kali ini kami akan memberikan cara bagaimana caranya merubah format tanggal (date) menjadi format text di dalam Microsoft excel. Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

Mengubah Date Menjadi Text


Cara Merubah Format Tanggal di Excel Menjadi TextAda cara yang sangat mudah untuk kamu lakukan dalam merubah format tanggal atau date di microsoft Excel untuk menjadi format text. Bagaimanapun format tanggal yang telah tertulis di lembar kerja excel atau worksheet tidak jadi masalah. Baik itu data tanggal tersebut mengandung format DD/MM/YY; DD-MMMM-YYYY; DD/MMM/YYYY; DD/MM/YYYY; DD-MMMM-YYYY; ataupun YYYY/MM/DD dan lain sebagainya tetap bisa kamu ubah dengan mudah ke dalam format text di excell. Berikut ini caranya:

  • Misalnya cell yang berisikan data tanggal berformat date berada di cell A2
  • Selanjutnya Klik sembarang cell (boleh sampingnya, B2), ketik, =TEXT(A2; “DD-MM-YYYY”)
  • Enter

Lihat hasilnya, sekarang sudah di cell B2 muncul tanggal yang sudah berformat TEXT.

Keterangan: Format “DD-MM-YYYY” bisa kamu ubah sesuai dengan keinginan kamu, misalnya:

  • DD-MM-YYYY jika ingin ditulis dalam Hari Bulan Tanggal (20-11- 2003)
  • D-MM-YYYY : Hari Bulan Tanggal (20-11-2003)
  • DD MMM YY : Hari Bulan Tanggal (20 November 2003)
  • DD MMMM YYYY : Hari Bulan Tanggal (20 November 2003)
  • YYYY-MM-DD: Tahun Bulan Tanggal (2003-11-20)

Dan format-format yang lainnya.

Kamu bisa juga menggunakan Rumus = Text (Value; ”DD mmmm YYYY”) penjelasan dari penulisan rumus di atas adalah seperti ini DD adalah hari artinya adalah tanggal, mmmm maksudnya adalah bulan nanti dalam Microsoft excel akan menuliskan bulan dengan huruf contohnya adalah “Januari” sedangkan YYYY adalah tahun ini berarti adalah tahun berupa empat huruf nanti jadinya 1999 bukan 99.

Berikut ini ada beberapa contoh lain untuk penulisan rumus nya cell terletak di A2 sehingga penulisan Valuenya adalah A2.

  • 19/02/2001 rumus =text(A2;”DDMMMMYYYY”) hasil 19Februari2001
  • 19/02/2001 rumus =text(A2;”dd-mmmm-yyyy”) hasil 19-Februari-2001
  • 19/02/2001 rumus =text(A2;”dd/mmmm/yyyy”) hasil 19/Februari/2001
  • 19/02/2001 rumus =Text(A2;”dd mmmm yyyy) hasilnya 19 Februari 2001
  • 19/02/2001 rumus =Text(A2;”ddmmyyyy”) hasilnya 19022001
  • 19/02/2001 rumus =Text(A2;”dd-mm-yyyy”)hasilnya 19-02-2001
  • 19/02/2001 rumus = Text(A2;”dd/mm/yyyy”) hasilnya 19/02/2001
  • 19/02/2001 rumus =Text(A2;”dd/mm/yy”)hasilnya 19/02/01

Semua rumus tersebut dapat disampul seperti ini D adalah hari, sedangkan M adalah bulan dan Y adalah tahun tergantung kalian mau meletakkannya di mana. Kalian juga dapat meletakkan Y di depan di tengah juga di belakang semua hasilnya sama. Gunakanlah sesuai dengan keperluan kamu sendiri.

Nah, bagaimanapun sangat gampang sekali untuk mengubah format date menjadi format text di excel bukan? Tidak perlu bingung karena memang sangat mudah.  Kini sudah tahu bukan bagaimana cara dalam mengetahui format date yang dirubah ke dalam format text di Microsoft Excel bukan? Sangat gampang sekali. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, tentunya kamu sudah bisa langsung faham. Apalagi caranya juga sangat simple dan tidak neko-neko.

Semoga dengan adanya artikel tentang cara merubah format tanggal di excel menjadi format text di atas bisa membantu kamu dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, semoga artikel ini juga bisa kamu jadikan sebagai rujukan utama saat kamu akan mencari cara dalam merubah format date ke dalam format text di Microsoft excel. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT UKURAN MARGIN SKRIPSI 4 4 3 3

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply