Gadget /Komputer

Cara Meredupkan Layar Komputer Windows 7

Jangan Lupa Share ya

Pada zaman milenial ini, komputer menjadi salah satu alat yang sangat penting dalam berbagai bidang tertentu. Bahkan tidak jarang orang-orang berada didepan komputer dalam waktu cukup lama untuk menyelesaikan tugasnya. Jika kamu salah satu dari orang-orang tersebut mungkin pernah atau sering merasa lelah terutama pads bagian mata.

Perlu diketahui bahwa penyebab dari lelahnya mata saat berada didepan layar komputer terlalu lama adalah karena pengaturan brightness. Dalam bahasa Indonesia, kata tersebut diartikan sebagai tingkat kecerahan dari layar komputer. Oleh karena itu, perlu adanya pengaturan tingkat kecerahan layar komputer yang menyesuaikan kebutuhan dan kondisi ruangan.

Cara Meredupkan Layar Komputer Windows 7Agar dapat dengan mudah melakukan pengaturan tingkat kecerahan layar komputer terutama bagi pengguna Windows. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata didepan layar komputer.

Menurunkan Kecerahan Layar yang Terlalu Cerah pada Windows 7, 8, dan 10


Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab dari lelahnya mata menatap layar komputer adalah cahaya yang terlalu cerah. Dalam hal ini perlu dilakukan penurunan kecerahan layar komputer karena jika dibiarkan lebih lanjut. Maka secara tidak langsung hal tersebut akan dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Pada dasarnya, cara untuk meredupkan kecerahan layar komputer merupakan hal yang sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Jika menggunakan perangkat Windows 7, 8, atau Windows 10 cara ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan control panel pada komputer. Meskipun menggunakan Windows yang berbeda cara yang dilalui dalam hal ini adalah sama.

Adapun hal yang membedakan adalah tampilannya saja sedangkan untuk menu-menu yang dipilih adalah sama. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengklik start seperti yang biasa dilakukan pada perangkat Windows. Ikon ini terletak pada bagian pojok kiri bawah dan setelah diklik akan muncul berbagai macam pilihan.

Sub menu yang harus dipilih dalam hal ini adalah Control Panel dan akan muncul tampilan baru dengan berbagai pilihan baru juga. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih Appearance and Personalization. Masuk ke Display dengan mengklik pilihan yang terdapat pada tampilan kemudian pilih Adjust Brightness.

Langkah selanjutnya dalam hal ini yaitu pada bagian bawah tampilan terdapat pengaturan Screen Brightness. Kamu dapat mengatur kecerahan laya komputer dengan cukup menggeser kekanan dan kekiri pada kotak yang telah disediakan.

Apabila menggesernya kekanan maka tampilan akan secara otomatis semakin cerah dan sebaliknya. Kamu dapat meredupkan layar dengan menggesernya kekiri, atur sesuai dengan kebutuhan dan kondisi cahaya yang terdapat pada ruangan kamu.

Cara Kedua untuk Mencerahkan atau Meredupkan Kecerahan Layar Komputer


Selain cara diatas juga terdapat cara lainnya yang dapat dipilih untuk mengatur tingkat kecerahan layar komputer. Bahkan cara kedua ini memiliki langkah-langkah yang lebih mudah dan singkat dibandingkan dengan cara sebelumnya. Dalam hal ini, langkah pertama yang dilakukan adalah sama seperti cara sebelumnya.

Kamu harus mengklik tombol start yang terletak pada bagian pojok kiri bawah. Langkah selanjutnya adalah tuliskan kata Adjust Screen Brightness pada pencarian dan langsung klik untuk tampilan selanjutnya. Kemudian pilih ikon yang bergambar baterai dan charger lalu kamu akan diarahkan menuju tampilan selanjutnya.

Langkah selanjutnya, pada tampilan baru tersebut kalian akan langsung diarahkan pada pengaturan tingkat kecerahan layar. Dalam hal ini, pengaturan juga dilakukan dengan cara menggeser tingkat kecerahan layar layaknya seperti pada cara sebelumnya.

Kamu dapat melakukan pengaturan dengan menggeser ke kanan untuk mencerahkan atau menggeser ke kiri untuk meredupkan menggunakan kursor. Dengan cara yang lebih sederhana ini kamu dapat mengatur tingkat kecerahan layar komputer lebih cepat.

Selain cara diatas, juga terdapat cara lainya yang bahkan dapat dilakukan dengan hanya dengan hitungan detik saja. Cara lain tersebut adalah dengan menggunakan tombol yang sudah disediakan pada keyboard.

Tombol khusus tersebut biasanya diletakkan pada bagian deret paling atas dari keyboard. Terdapat dua tombol yang saling berdampingan dan bekerja berlawanan dimana satu tombol untuk meredupkan. Tombol tersebut berada pada sebelah kiri, dan tombol disebelah kanannya berfungsi sebaliknya yaitu untuk mencerahkan layar.

Cara menekan tombol tingkat kecerahan tersebut berbeda-beda menyesuaikan merk laptop yang digunakan. Berdasarkan hal tersebut tombol dapat langsung dipencet dan terdapat juga tombol yang dipencet dengan kombinasi tombol.

Kombinasi tombol yang digunakan biasanya digunakan tersebut adalah Fn atau tombol lainnya. Akan tetapi tombol khusus ini yang tersedia pada perangkat komputer dalam bentuk laptop. Sedangkan untuk perangkat komputer dengan keyboard terpisah masih jarang ditemukan tombol ini.

Nah, itulah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatur tingkat kecerahan layar komputer. Melalui cara diatas, kamu dapat menyesuaikan kebutuhan cahaya yang dihasilkan oleh layar komputer dengan kadar sewajarnya. Dengan demikian, kesehatan mata yang sangat penting tentu juga akan dapat dijaga agar tetap dalam kondisi baik.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT UKURAN MARGIN SKRIPSI 4 4 3 3

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply