Home /Food

Cara Merebus Ubi Ungu yang Benar

Jangan Lupa Share ya

Banyak sekali makanan yang mengandung nutrisi tinggi, salah satunya yaitu ubi ungu. Yang mana ubi ungu ini mengandung berbagai mineral, kalsium, vitamin, betakaroten dan vitamin C. Untuk memakannya sangat mudah, namun kamu harus mengolahnya dengan cara merebus. Dalam merebus ubi ungu ini tidak bisa sembarangan, karena takutnya kandungan yang ada di dalamnya bisa berkurang. Nah, agar tidak salah dalam merebus ubi ungu, simak ulasan berikut ini mengenai kandungan ubi ungu serta cara merebusnya.

Kandungan Ubi Ungu


Cara Merebus Ubi Ungu yang BenarUbi ungu jika dibandingkan dengan kentang, kandungan seratnya lebih tinggi. Bahkan, dalam satu ubi kentang Ini mengandung 4 gram serat. Kandungan serat yang ada pada ubi ungu ini disebut dengan pati resisten. Kandungan ini bisa membantu mengurangi resiko obesitas, menjaga kadar kolesterol tetap rendah, melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskuler dan mengurangi resiko kenaikan gula darah.

Selain mengandung serat yang tinggi, ubi ungu ini juga mengandung karbohidrat yang kompleks. Dengan adanya kandungan karbohidrat ini, bisa memberikan asupan energi tambahan sehingga bisa membakar lebih banyak kalori. Karbohidrat pada ubi ungu juga bisa membantu otak memproduksi glukosa serta bisa menjaga konsentrasi.

Kandungan lain yang terdapat di ubi ungu yaitu anthocyanin yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Kandungan ini berguna untuk menekan lonjakan gula darah setelah makan, sehingga ubi ungu ini bermanfaat untuk mengelola kadar glukosa darah .

Cara yang Benar Merebus Ubi Ungu


Cara Pertama

1. Langkah pertama, kupas cuci ubi ungu hingga bersih. Untuk cara pencucian ini bilas di bawah air yang mengalir.

2. Setelah kulit ubi jalar bersih, langkah selanjutnya yaitu kupas kulit ubi menggunakan alat pengupas sayuran atau pisau.

3. Setelah itu siapkan panci yang berukuran besar agar seluruh ubi ungu ini bisa terendam air. Dalam memilih panci pastikan memiliki penutup.

4. Setelah memasukkan ubi ke dalam panci, isilah dengan air keran hingga seluruh ubi terendam dalam air.

5. Langkah selanjutnya yaitu rebus ubi kurang lebih selama 10 menit atau hingga air mendidih. Agar ubi bisa matang secara merata, tutup panci dengan rapat.

6. Langkah terakhir tiriskan ubi di wadah yang berlubang agar airnya bisa keluar dan ubi bisa kamu makan langsung.

Cara Kedua

1. Langkah pertama yaitu cuci ubi dengan cara mengguyur di bawah air yang mengalir. Pastikan kulit ubi terbebas dari kotoran dan tanah.

2. Selanjutnya siapkan panci berukuran besar, lalu masukkan ubi. Dalam hal ini pilihlah panci berpenutup, agar hasil rebusan bisa merata isi air hingga seluruh ubi terendam.

3. Lalu rebus ubi sekitar 10 menit hingga mendidih. Untuk memastikan kematangan ubi, tusuk menggunakan pisau atau sendok. Jika dalam 10 menit ubi belum empuk, kamu bisa memasaknya lagi hingga 20 menit dengan api yang besar.

4. Buka tutup panci dan pastikan ubi empuk dengan cara menusunya dengan pisau. Jika ubi belum terlalu empuk, kamu bisa merebusnya sebentar lagi.

5. Untuk mengkonsumsinya sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengupas kulitnya setelah direbus. Agar lebih mudah dalam mengupasnya, kamu bisa membuat irisan awal pada kulit ubi. Setelah itu kamu bisa melepasnya dengan mudah layaknya kulit pisang.

Olahan Ubi Ungu


  • Jika kamu ingin menggunakan ubi ungu sebagai makanan pendamping, tterlebih dahulu potong ubi menjadi bentuk dadu. Setelah ubi direbus, kamu bisa memakannya langsung tanpa tambahan apa-apa. Selain itu kamu bisa menambahkan ubi ungu dengan mentega  garam dan merica secukupnya.
  • Kamu bisa lebih mudah menambahkan ubi ke dalam hidangan lain dengan cara memotong ubi menjadi bentuk dadu. Ubi ungu ini bisa kamu tambahkan ke hidangan lain seperti salad, sup sayur, pasta dan kaserol. Dengan menambahkan ubi ke hidangan lain, kamu bisa menambah nutrisi pada tubuh.
  • Agar lebih nikmat lagi dalam mengkonsumsi ubi ungu, kamu bisa membuat ubi manis tumbuk. Namun untuk membuat ubi tumbuk ini, terlebih dahulu kipas kulitnya. Untuk membuat ubi tumbuk ini rebuslah ubi, lalu lembutkan menggunakan mixer listrik. Agar rasanya semakin nikmat, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti 3/4 gelas susu serta setengah gelas mentega dan 3/4 gelas sirup Maple.

Tips Merebus Ubi Ungu


Hal terpenting dalam merebus ubi ungu yaitu pastikan air di dalam panci cukup penuh. Dengan kata lain, airnya bisa merendam seluruh ubi yang ada di dalamnya.  Jika kamu memasak ubi terlalu banyak, kamu bisa merebus nya secara terpisah .

Itulah cara tepat merebus ubi ungu agar kandungan di dalamnya tidak berkurang. Bagaimana cara merebus ubi ungu yang benar sangat mudah kan? Selebihnya untuk pengolahan ubi ungu dengan hidangan lain bisa kamu sesuaikan dengan selera. Semoga ulasan ini bermanfaat.

BACA JUGA! 10 MANFAAT UBI JALAR BAGI KESEHATAN

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply