Home /Food

Cara Merebus Telur Agar Tidak Ada yang Pecah

Jangan Lupa Share ya

Proses pengolahan telur juga mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Telur yang direbus memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik di bandingkan telur goreng. Terdapat perbedaan yang antara nutrisi yang terdapat pada telur rebus dan nutrisi yang terdapat pada telur goreng. Apabila proses pengolahan telur melalui proses penggorengan maka nutrisi yang didapatkan akan lebih sedikit dibanding telur yang cara mengolahnya dengan di rebus.

Telur rebus mengandung vitamin, protein, mineral, gizi dan nutrisi lainnya yang mamenuhi nutrisi kamu. Kandungan proten dan omega 3 membuat telur rebus bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu perkembangan otak bayi. Kolin dalam kandungan telur rebus bermanfaat guna memperbaiki sel tubuh yang telah rusak dan mampu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, konsumsi telur rebus membuat perut awet kenyang.

Telur rebus dapat membantu maksimalkan produksi dari hormon dan enzim. Sehingga keseimbangan dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Kandungan B12 pada telur rebus dapat menyebabkan peningkatan metabolisme tubuh. Telur rebus memiliki kandungan anti oksidan yang mampu menghalangi radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kulit dan penuaan dini.

Cara merebus telur memiliki teknik tersendiri agar ketika telur di rebus tidak ada yang pecah. Pecahnya telur pada saat perebusan, terjadi karena kulit telur yang rapuh dan mudah sekali retak. Berikut cara merebus telur agar tidak ada yang pecah yang bisa kamu coba.

Gunakan Telur Segar


Penggunaan telur yang segar sangat berpengaruh terhadap rasa dan pastinya terhadap nutrisi yang dikandung oleh telur. Cara mengetahuinya dapat menggunakan uji sederhana, yaitu letakkan semua telur dalan wadah berisi air yang dapat menengelamkan semua telur. Kemudian lihat masing-masing telur.

Apabila saat direndam telur tenggelam sepenuhnya maka itu menjadi tanda bahwa telur tersebut segar. Namun, jika pada saat direndam telur nampah mengambang atau mengapung, maka itu tanda bahwa telur tersebut sudah tidak segar atau busuk.

Cuci Telur Sebelum Direbus


Sebelum merebus telur, sebaiknya telur-telur dicuci menggunakan air bersih dan mengalir dan digosok secara perlahan-lahan. Hal tersebut bertujuan agar telur menjadi lebih bersih dan higenis serta menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada telur.

Gunakan Telur pada Suhu Ruang


Saat merebus telur, gunakan telur yang memiliki suhu sama dengan  suhu ruang. Apabila telur terlalu dingin atau baru saja diambil dari lemari pendingin, sebaiknya sebelum kamu rebus, kamu diamkan dulu telurnya sampai suhunya menjadi sama dengan suhu ruang. Hal tersebut bertujuan agar saat telur dimasukkan ke dalam panci berisi air dan direbus dengan air panas, telur tidak mudah retak karena adanya perbedaan suhu yang sangat mencolok.

Siapkan Panci


Masukkan telur yang hendak kamu rebus, ke dalam wadah untuk merebus atau panci. Selanjutnya tambahkan air secukupnya sampai seluruh bagian telur terendam secara sempurna sehingga telur matang dengan sempurna dan memiliki permukaan yang halus.

Jangan terlalu banyak memasukkan telur dalam panci, masukkan secukupnya saja dan berilah kelonggaran pada masing-masing telur. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari telur-telum menjadi retak karena saling berbenturan. Pada saat air mendidih, telur-telur mulai bergerak dan benturan-benturan tak dapat terhidarkan.

Gunakan Api Sedang


Gunakan api yang sedang, tidak besar dan tidak kecil pada saat merebus telur. Hal tersebut bertujuan, agar telur bisa matang secara merata dengan sempurna dan tidak retak atau pecah. Merebus telur menggunakan api besar dapat mempercepat kerusakan atau keretakan pada telur sehingga telur akan pecah pada saat di rebus.

Waktu Merebus


Jangan terlalu lama dalam merebus telur. Pada umunya telur direbus sampai waktu kurang lebih 10 menit. Terlalu lama dalam proses perebusan telur dapat mengakibatkan kandungan nutrisi yang berada pada telur berkurang.

Menambahkan Garam atau Cuka


Penambahan garam dan cuka pada air rebusan telur pada saat telur direbus, bertujuan agar telur bisa lebih mudah saat dikupas. Sehingga telur memiliki bentuk bulat telur sempurna.

Setelah Matang


Setelah kurang lebih 10 menit dalam merebus telur, kamu bisa mematikan apinya. Kemudian diamkan telur dengan cara menutup pancinya hingga waktu kurang lebih 10 sampai 12 menit. Hal ini bertujuan agar tekstur telur menjadi lembut dan enak dimakan.

Angkat Telur


Setelah didiamkan, angkat dan tiriskan telur. Tunggu telur hingga benar-benar dingin agar mudah dikupas dan tentunya tangan tidak akan terlukan karena panas. Kupas telur dengan memutarnya pada permukaan meja hingga seluruh cangkang retak. Selanjutnya kupas telur.

Itulah cara merebus telur agar pada saat perebusan telur tidak pecah. Manfaat yang diperoleh dalam mengkonsumsi telur rebus, amatlah banyak sehingga sayang apabila dilewatkan. Selain itu, dengan mengkonsumsi telur rebus secara rutin, dapat membantu mengontrol nafsu makan sehingga dapat membantu dalam mengurangi berat badan.

BACA JUGA! 8 MANFAAT TELUR AYAM KAMPUNG YANG WAJIB DIKETAHUI

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply