Beauty & Health

Cara Merapikan Gigi Tanpa Menggunakan Behel

Jangan Lupa Share ya

Cara umum yang dapat dilakukan untuk merapikan gigi adalah menggunakan kawat gigi atau behel. Akan tetapi terdapat sebagian orang yang mungkin akan risih jika menggunakan kawat gigi. Dalam hal ini terdapat cara lain yang dapat dilakukan yaitu menggunakan bantuan invisalign.

Invisalign sendiri merupakan suatu alat yang berbentuk cetakan bening sehingga membentuk jajaran gigi yang rapi baik pada rahang atas maupun bawah. Alat ini akan memberikan tekanan dari luar dan dalam sehingga dapat mengubah posisi gigi menjadi lebih rapi sesuai cetakan.

Hal tersebut dapat terjadi karena tekanan yang dihasilkan oleh alat ini akan secara perlahan menekan setiap gigi sehingga dapat mengubah posisi serta meratakan alur gigi. Untuk dapat mengetahui lebih jelas mengenai invisalign ini kamu dapat memahaminya melalui beberapa ulasan di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Invisalign


Setiap metode yang dilakukan untuk merapikan gigi memiliki kelebihan masing-masing tidak terkecuali pada invisalign. Dalam hal ini keuntungan pertama yang akan kamu dapatkan jika menggunakan invisalign kamu tidak akan mengalami luka. Berbeda halnya dengan penggunaan behel yang menggunakan kawat untuk mengikat gigi.

Alat ini terbuat dari plastik sangat lentur dengan bertekstur halus yang menyebabkan kamu tidak akan mengalami luka pada saat menggunakannya. Selain itu penggunaan dari invisalign juga tidak terlalu mencolok layaknya memasang behel. Apabila kamu tidak nyaman dengan tampilan yang dihasilkan dari behel.

Maka invisalign ini tentu akan sangat tepat untuk dapat digunakan dalam merapikan gigi kamu. Hal tersebut dikarenakan alat ini hanya dapat digunakan untuk waktu-waktu tertentu saja. Dengan kata lain alat ini dapat dipasang dan dilepas kapan saja tidak seperti behel yang selalu digunakan setiap saat.

Dengan demikian kamu tidak perlu malu untuk keluar dan berinteraksi dengan orang lain. Karena minder untuk tersenyum menggunakan behel yang dipasang pada gigi. Kelebihan lain dari alat ini adalah juga mudah untuk dibersihkan. Kamu hanya perlu menyikat nya menggunakan sikat gigi berbulu halus secara perlahan untuk dapat merawat alat ini.

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menggunakan Invisalign


Meskipun memiliki perbedaan, invisalign juga memiliki kesamaan dengan penggunaan behel. Persamaan dalam hal ini adalah terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menggunakannya. Dalam hal ini penggunaan dari invisalign tergantung pada kondisi gigi yang akan dirapikan.

Oleh karena itu, harus ada sesi konsultasi dengan dokter spesialis terlebih dahulu sebelum menggunakan alat ini. Setelah melakukan konsultasi kamu juga harus mengetahui paduan perawatan yang harus dilakukan ketika menggunakan invisalign.

Dalam hal ini pada pemakaian invisalign, seperti yang diketahui bahwa penggunaannya dapat dipasang dan dilepas. Meskipun demikian kamu juga harus menggunakan alat ini dengan aturan tertentu dan tidak menggunakannya secara sembarangan.

Adapun aturan dari waktu pemakaian alat ini adalah setidaknya harus digunakan dalam selang waktu antara 20 hingga 22 jam setiap hari. Hal tersebut dilakukan agar alat ini dapat berfungsi secara maksimal dalam merapikan gigi kamu. Tentu kamu harus menggunakannya saat di dalam rumah dan melepasnya ketika berada di luar rumah.

Selain itu selama menjalani perawatan menggunakan alat ini kamu akan mendapatkan beberapa buah cetakan invisalign jika diperoleh melalui dokter. Adanya beberapa cetakan tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda karena akan menyesuaikan kondisi gigi kamu kedepannya.

Berdasarkan hal tersebut kamu harus menggunakan alat ini dengan menggantinya secara rutin yaitu setiap satu hingga dua minggu sekali. Selain itu pergantian dari cetakan tersebut juga dilakukan karena setiap cetakannya akan terus menggeser serta menggerakkan gigi menuju ke bentuk yang lebih sempurna.

Menjaga Kebersihan Invisalign


Paduan lain dari penggunaan alat ini adalah tidak boleh dibersihkan menggunakan pasta gigi. Dalam hal ini terdapat media pembersih khusus yang digunakan untuk membersihkan invisalign. Adapun cara membersihkan alat ini dengan baik dan benar adalah menggunakan sabun anti bakteri.

Selain itu juga dilakukan dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi bersih. Kika menggunakan pasta gigi biasa maka hal tersebut akan dapat menggores plastik karena pasta gigi mengandung bahan yang kasar. Selain itu pasta gigi juga dapat membuat munculnya bau kurang menyenangkan pada alat ini

Tidak hanya itu, menjaga kebersihan alat ini juga harus dilakukan dengan menjaga kebersihan gigi kamu. Apabila gigi kamu dalam keadaan kotor maka hal tersebut akan mempengaruhi kebersihan dari alat ini.

Misalkan saja gigi kamu berwarna kecoklatan akibat meminum kopi atau merokok. Maka hal tersebut juga akan membuat alat ini memiliki warna yang sama pada gigi kamu. Karena saat menggunakannya tentu gigi kamu akan menempel dengan alat ini.

Oleh karena itu, untuk dapat tetap menjaga kebersihan serta penampilan dari alat ini. Maka kamu juga harus membersihkan secara rutin gigi dan invisalign yang kamu gunakan. Agar kebersihan dapat dijaga dengan lebih maksimal kamu dapat segera menyikat gigi 30 menit setiap selesai makan dan kemudian menggunakan alat ini kembali. Itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa merapikan gigi tanpa menggunakan behel. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! DAFTAR MERK PASTA GIGI UNTUK SAKIT GIGI

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply