Mother & Baby

Cara Merangsang Bayi dalam Kandungan Agar Bergerak

Jangan Lupa Share ya

Hamil mungkin merupakan salah satu momen penting yang dirasakan oleh seorang perempuan. Merasakan bagaimana kehidupan lain yang berada di perutnya tumbuh, berkembang, dan lama kelamaan akan membuat perut Anda semakin membesar. Pasti rasanya akan sangat menyenangkan, apalagi merasakan bayi Anda bergerak di dalam tubuh Anda.

Kenali gerakan aktif bayi di dalam kandungan

Merasakan gerakan aktif bayi di dalam perut Anda tentu saja akan menjadi kebahagiaan tersendiri. Momen merasakan gerakan bayi bagi setiap ibu hamil sangat berbeda-beda, ada yang merasakannya ketika usia kandungan sudah mencapai 18 minggu, namun ada juga yang juga merasakan momen tersebut pada usia kandungan 20 minggu, atau ada juga yang bahkan merasakannya lebih dari 20 minggu.

Apalagi untuk pengalaman hamil pertama, untuk kehamilan pertama, kebanyakan momen pertama merasakan tendangan bayi lebih lama, ketimbang ibu hamil yang sudah pernah hamil sebelumnya. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat membuat ibu hamil susah merasakan pergerakan bayi di dalam perutnya, misalkan faktor berat badan. Ibu hamil yang memiliki berat badan yang berlebih (gemuk) akan cenderung susah untuk merasakan pergerakan pada bayinya, hal itu karena ibu hamil yang gemuk memiliki perut yang lebih tebal, sehingga akan sulit untuk merasakan pergerakan pada bayi di dalam perutnya.

Gerakan bayi di dalam kandungan yang bervariasi

Di masa awal-awal kehamilan gerakan bayi ternyata memiliki beberapa variasi,misalkan seperti ketukan, kedutan, ikan berenang, atau seperti kubu-kupu terbang. Namun, seiring berjalannya waktu gerakan-gerakan bayi di dalam kandungan akan lebih terasa jelas, seperti tendangan atau pukulan (gerakan yang mungkin disebabkan karena pergerakan tangan atau kaki dari bayi).

Normalnya pada usia kandungan 20 minggu ke atas, minimal ada 10 kali pergerakan yang dilakukan oleh bayi setiap harinya. Bagaimana mom, berapa banyak bayi Anda hari ini sudah bergerak? Apabila sampai usia kandungan 20 minggu belum bergerak, jangan khawatir mom, karena kali ini kami akan memberikan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merangsang bayi dalam kandungan agar bergerak.

Merangsang Bayi dalam Kandungan Agar Bergerak

Ibu hamil, jangan khawatir apabila bayi Anda belum mau bergerak, karena kami akan memberikan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merangsang bayi dalam kandungan agar mau bergerak. Berikut beberapa cara merangsang bayi dalam kandungan agar bergerak yang harus Anda ketahui.

  1. Relaksasi

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk merangsang bayi agar mau bergerak yaitu dengan melakukan relaksasi. Gerakan yang pada tubuh Anda akan membuat bayi yang berada di dalam perut Anda akan tertidur, karena ia akan merasa seperti diayun-ayunkan ketika Anda bergerak. Agar bayi di dalam kandungan Anda dapat aktif bergerak Anda dapat melakukan relaksasi dengan cara membelai perut Anda ketika dalam posisi berbaring miring atau telentang. Sebaiknya Anda lakukan hal ini pada malam hari ketika akan tidur, karena pada saat tersebut bayi di dalam perut Anda akan bergerak aktif karena pengaruh hormon.

  1. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik juga dapat menjadi solusi untuk merangsang bayi di dalam kandungan agar bergerak. Sebaiknya pilih musik yang memiliki melodi yang lembut bukan musik-musik keras.

  1. Minum susu hangat

Cara lain untuk merangsang bayi dalam kandungan agar bergerak adalah dengan meminum susu hangat. Makanan atau minuman yang Anda konsumsi akan membuat bayi Anda senang, sehingga ia akan melakukan beberapa gerakan, terlebih apabila Anda meminum sesuatu yang hangat, seperti susu hangat itu.

  1. Meminum minuman manis atau minuman dingin

Selain susu hangat minuman yang manis atau minuman yang dingin juga akan membuat bayi di dalam perut Anda bergerak lebih aktif. Karena minuman yang manis atau minuman yang dingin kemungkinan akan menyebabkan perubahan suhu di dalam tubuh Anda, sehingga janin di dalam kandungan kemungkinan juga akan merasakan hal tersebut, sehingga merespon nya dengan melakukan gerakan.

  1. Ajak berkomunikasi

Mengajak bayi berkomunikasi juga akan merangsang bayi dalam kandungan agar bergerak, selain itu berkomunikasi dengan bayi di dalam kandungan juga akan membuat ikatan batin antara ibu dan bayi akan terjalin lebih erat.

  1. Menepuk-nepuk perut

Cara merangsang bayi dalam kandungan agar bergerak yang terakhir, yaitu dengan menepuk-nepuk perut. Coba untuk menepuk-nepuk pelan perut Anda, karena bayi di dalam kandungan kemungkinan akan merespon dengan bergerak apabila Anda menepuk-nepuk pelan perut Anda.

Itulah beberapa cara merangsang bayi dalam kandungan agar bergerak yang dapat Anda lakukan. Semoga beberapa cara tersebut dapat membantu mengatasi kekhawatiran Anda apabila bayi Anda tidak bergerak secara aktif di dalam kandungan. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply