Babies /Kids

Cara Menyapih Anak dari ASI ke Susu Formula yang Perlu Kamu Tahu

Alasan seorang ibu untuk menyapih anaknya memang berbeda-beda. Begitu pula dengan waktu yang mereka pilih. Akan tetapi, prosese penyapihan itu sendiri biasanya dimulai pada saat bayi menerima asupan makanan selain ASI atau Air Susu Ibu untuk pertama kalinya.

Enam bulan pertama sejak bayi dilahirkan atau sejak masa hidupnya merupakan waktu yang dianjurkan agar bayi mendapatkan ASI yang eksklusif dari ibunya. Akan tetapi, setidaknya kamu harus menyusui bayi yang kamu lahirkan sampai ia berusia satu tahun agar mendapatkan asupan gizi yang optimal. Lalu setelah satu tahun, kamu mulai bisa mengenalkan bayi kamu dengan susu sapi 2%. Pada usia ini, ada banyak bayi yang lebih memilih untuk menggunakan sippy cup dan tidak pernah merasakan bagaimana sensasi dari “ngedot botol”. Jika kamu memiliki rencana untuk mengenalkan si kecil pada susu botol, maka akan sedikit sulit jika ia belum pernah diberikan botol dot terlebih dahulu sebelumnya. Bayi kamu mungkin akan mengalami kesulitan pada saat pertama kali, terutama pada saat kamu sebagai ibunya mencoba untuk memberikan botol pada bayi kamu. pada usia seperti ini, bayi kamu akan mengasosiasikan pemberian ASI dengan rasa aman dan kenyamanan, sehingga jika si kecil dipisahkan dari payudara ibunya maka bayi kamu akan merasa bingung dan tentu saja dia pun akan merasa sangat kesal. Hal ini dikarenakan adanya perubahan mendadak dalam rutinitas yang biasa dilakukan oleh si kecil. Nah, untuk menyiasatinya cobalam untuk meminta pertolongan pada si ayah atau bahkan anggota keluarga yang lainnya untuk memberikan susu botol, sementara kamu menunggunya di luar ruangan.

Jika si kecil sudah mulai terbiasa, ibu baru bisa mengambil alih. Akan tetapi, si kecil harus mendapatkan banyak pelukan, belaian dan dorongan untuk mengganti hilangnya kontak fisik yang biasanya ia dapatkan dari ibunya melalui pemberian ASI eksklusif. Pada usia ini pula, kamu bisa melewatkan menyusuinya lewat botol dan langsung beralih ke sippy cup yang berisi ASI dan kemudian susu sapi.

Setelah si kecil telah belajar untuk menyusu dari botol maupun cangkir, maka akan lebih mudah untuk memisahkannya dengan ASI. Waktu yang dibutuhkan untuk menyapih bayi akan bervariasi. Hal ini tergantung pada kebutuhan emosional dan fisik dari si bayi dan ibunya. Jika bayi kamu mampu beradaptasi dengan baik pada proses pergantian ini dan kamu sudah merasa siap untuk menghadapi masa transisi, kamu bisa menyapihnya secara total dalam kurun waktu satu atau dua minggu.

Selama dua hari pertama, ganti satu sesi menyusui dengan satu cangkir atau satu botol susu formula per hari. Pada hari ketiga, gunakanlah botol atau cangkir untuk dua kali menyusui. Pada hari kelima, kamu dapat menambahkannya menjadi tiga atau empat botol atau cangkir menyusui.

Setelah kamu sepenuhnya telah berhenti menyusui, maka produksi ASI akan berakhir dengan sangat cepat. Namun, jika payudara kamu masih membesar, kamu mungkin perlu mengeluarkan susu dalam dua atau tiga hari pertama untuk meringankan ketidaknyamanan yang akan kamu rasakan. Menyapih secara bertahap dengan mengurangi satu kali sesi menyusui akan membantu untuk meminimalkan pembengkakan. Dalam seminggu, ketidaknyamanan tersebut akan mereda.

Banyak wanita lebih memilih untuk mengundur waktu menyapih, yaitu ketika bayi mereka sudah siap sepenuhnya. Menyusui memberikan kedekatan antara ibu dan anak yang sulit digantikan dengan cara lain dan kamu mungkin enggan untuk menghentikan keintiman tersebut. Kamu dapat melakukan kombinasi dari ASI dengan susu formula hingga usia si kecil menginjak satu tahun, dan ASI dengan 2 persen susu dalam cangkir di atas usia satu tahun. Beberapa bayi kehilangan minat dalam ASI di usia antara sembilan dan dua belas bulan, atau ketika mereka belajar untuk minum dari cangkir. Yang perlu kamu ingat adalah bahwa hal ini bukan berarti si kecil menolakmu, tapi lebih karena ia sudah tumbuh lebih mandiri. Ada kalanya, bayi mengalami masa-masa mogok menyusui selama beberapa hari. Kemudian tanpa peringatan atau alasan apapun, bayi akan melanjutkan lagi menyusui seakan tidak ada yang berubah.

Jika kamu mau, menyusui dapat tetap dilanjutkan sebagai rutinitas bahkan setelah bayi berusia di atas satu tahun.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menyapih anak dari ASI ke susu formula yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply