Beauty & Health, Home /Food

Cara Menurunkan Berat Badan Ala Jinny

Cara Menurunkan Berat Badan Ala Jinny

Jangan Lupa Share ya

Di tahun 2017 silam, seorang mahasiswi Korea bernama Jinny menjadi viral di Internet setelah ungkap transformasi penampilannya yang sangat ekstrem. Jinny yang awalnya memiliki berat badan 100 kg, berhasil menurunkan berat badan hingga kini hanya tinggal setengahnya, 50 kg. Mahasiswi Korea ini ternyata telah melakukan diet ketat dan olahraga selama dua tahun terakhir.

Jinny punya 10 tips nih agar tubuh bisa menyusut drastis, tapi tidak dalam waktu singkat ya. Berikut tips dari Jinny:

1. Konsumsi Banyak Air Putih

Cara Menurunkan Berat Badan Ala Jinny -1

Di dalam kesehariannya, Jinny minum air sebanyak 3 sampai 5 liter. Tentu saja ini sesuai dengan berat badannya pada saat itu, yakni 100 kg. Air putih itu sangat penting bagi anda yang ingin melakukan diet.

Mengapa?

Selain memperlancar metabolisme di dalam tubuh anda, air putih juga berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah. Air putih juga dapat membantu anda untuk menahan rasa lapar. Jadi, kalau anda sedang program diet dan sedang mengatur jam makan, rasa lapar pasti akan ada di sela jam diet anda. Maka anda dapat mengkonsumsi air putih lebih banyak pada sela waktu tersebut sambil menunggu jam makan anda.

 

2. Jauhi Makanan Tinggi Garam/Sodium

Cara Menurunkan Berat Badan Ala Jinny -2Mengapa?

Perlu diketahui sifat garam adalah menarik air. Jadi, jika tubuh anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam/natrium tadi, maka tubuh anda akan lebih lama menyimpan cairan atau air di dalam tubuh anda. Dan akhirnya, akan terjadi water resistant. Pada beberapa orang jika melakukan hal ini dalam waktu berkepanjangan, maka ini dapat mengganggu metabolisme tubuh anda. Selain itu jika anda konsumsi dalam jangka panjang, maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan anda. Salah satu penyakit yang dapat ditimbulkan adalah penyakit tekanan darah tinggi.

3. Kurangi Jumlah Konsumsi Nasi

Cara Menurunkan Berat Badan Ala Jinny -3Mengapa?

Tentu saja hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk dari karbohidrat. Sebagai gambaran, ketika anda makan nasi padang, kalori pada nasi 1 porsi kurang lebih sekitar 350-400 kilo kalori. Tentu saja Jinny akan mengurangi jumlah konsumsi nasi dan diganti dengan konsumsi karbohidrat lain yang tinggi serat karena yang perlu kita tahu bahwa nasi putih itu seratnya sangat sedikit. Jadi, Jinny menggantinya dengan karbohidrat lainnya yaitu sweet potato atau ubi jalar, atau karbohidrat jenis yang lainnya yang tinggi serat.

4. Perbanyak Makanan Tinggi Protein

Cara Menurunkan Berat Badan Ala Jinny -4Mengapa?

Melihat dari perubahan ekstrem tubuh Jinny yang turun dari 100 kg menjadi 50 kg, bila tanpa adanya asupan makanan dengan protein tinggi, maka tentu kulit akan kendur. Sedangkan kulit Jinny tetap kencang dan tidak kusam. Tentu saja ini adalah peran dari protein. Protein disini dapat berguna untuk memulihkan kondisi anda dan memperbaiki sel-sel tubuh anda yang cedera ketika anda melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

5. Konsumsi Makanan Mentah Setiap Hari

Cara Menurunkan Berat Badan Ala Jinny -5Di dalam menu makanannya, Jinny selalu memasukkan 1-2 porsi makanan mentah setiap harinya.

Mengapa?

Makanan mentah itu sangat baik bagi anda yang ingin melakukan program diet karena tinggi serat dan mengandung enzim. Kalau makanan tersebut dipanaskan lebih dari 48°C, maka enzim-enzim tersebut akan rusak. Enzim ini sangat baik untuk proses pencernaan anda.

6. Olahraga Kecil Setiap Hari Secara Konsisten

Cara Menurunkan Berat Badan Ala Jinny -6Disini yang terpenting adalah KONSISTEN.

Mengapa Jinny hanya melakukan olahraga kecil?

Karena olahraga kecil ini dapat membantu memperbaiki dan dapat membantu memperlancar metabolisme di dalam tubuh anda dan jika anda memilih olahraga yang berat, hal itu justru membuat tingkat stress anda semakin tinggi, membuat anda tertekan. Jika tingkat stress anda makin tinggi, maka anda akan kesulitan untuk melakukan program diet.

Selain itu, jika anda melakukan olahraga yang sangat berat anda akan cenderung lebih merasa lapar. Maka setelah berolahraga maka anda akan menjadi makan lebih banyak, mungkin 2x lipat hingga 3x lipat atau yang disebut binge eating. Jadi usahakan anda tetap melakukan aktivitas fisik yang ringan saja tetapi KONSISTEN.

7. Makan Makanan Kaya Lactobacillus

Cara Menurunkan Berat Badan Ala Jinny -7Mungkin anda bertanya-tanya, apa sih Lactobacillus itu?

Lactobacillus adalah bakteri baik di dalam usus besar kita. Di dalam usus besar kita terdapat yang namanya flora normal, salah satunya adalah Lactobacillus. Lactobacillus dapat membantu anda mencerna makanan dengan lebih baik dan juga dapat menjaga kondisi usus anda agar tetap baik.

8. Hindari dan Kurangi Makanan Manis/Tinggi Gula

Cara Menurunkan Berat Badan Ala Jinny -8Mengapa?

Makanan yang mengandung tinggi gula itu sebenarnya tidak memiliki nilai gizi. Gula hanya memiliki nilai cita rasa saja. Mungkin makanan manis rasanya lebih enak. Tetapi ingat, jumlah kalori yang anda makan dari makanan manis tersebut pasti akan bertambah. Apalagi bagi beberapa orang, setelah makan makanan manis, mereka akan susah untuk berhenti, mereka cenderung untuk tambah lagi dan lagi. Sehingga mereka lupa kalau sedang diet. Jadi, sangat disarankan untuk coba mengontrol diri agar tidak mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak.

9. Tidak Makan Larut Malam

Cara Menurunkan Berat Badan Ala Jinny -9Bagi anda yang sedang diet, disarankan terakhir makan adalah pada jam 7 malam. Mengapa kalau makan misalnya di atas jam 9, jam 10, atau bahkan di atas jam 11-12 tidak disarankan?

Ketika anda makan di atas jam 9, jam 2 pagi tepatnya, misalnya makan tengah malam karena lapar atau lembur, tubuh membentuk suatu zat bernama zat BMAL1. Zat ini berfungsi untuk membentuk lemak di dalam tubuh anda.

Jadi, jika anda makan di atas jam 9 bahkan tengah malam, maka anda artinya menyiapkan bahan baku untuk zat tersebut membentuk lemak di dalam tubuh anda. Dan seberapapun kerasnya olahraga anda, kalau anda di malam hari begadang dan makan, maka anda akan susah sekali mendapatkan badan yang ideal.

10. Rencanakan Pola Makan dan Evaluasi Setiap Minggu

Ini penting bagi anda yang sedang melakukan program diet. Yang pertama adalah anda harus mencatat makan sehari-hari anda dan goal (target) anda. Kemudian, lakukan breakdown pada goal (target) anda, misalkan berat badan anda sekarang 100 kg. Anda ingin mendapatkan berat badan 50 kg dalam jangka waktu berapa lama? Tidak mungkin dalam jangka waktu 1 bulan anda menurunkan 50 kg. Anda harus merencanakan, misalnya dalam waktu 1 tahun.

BONUS: Selain 10 tips tadi, Jinny juga memberikan satu pola pikir tentang bagaimana melakukan diet yang baik. Mindsetnya adalah bagaimana mengubah pola pikir anda agar anda lebih mencintai diri anda. Jadi bukan hanya sekedar menurunkan berat badan 5 kg setiap bulan. Jika anda hanya fokus menurunkan 5 kg atau sekian kg dalam 1 bulan, anda akan merasa tertekan dan anda akan merasa stress. Jika anda merasa stress, maka akan terjadi gangguan pada metabolisme tubuh anda dan anda akan sulit sekali mendapatkan tubuh yang ideal.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply