Relationship

Cara Menolak Halus Tanpa Mengatakan Tidak

Jangan Lupa Share ya

Menolak ajakan orang dekat mungkin menjadi beban tersendiri bagi kita. Untuk mensiasati ini butuh keahlian yang cukup jitu. Agar teman atau orang yang mengajak kita tidak terluka hatinya. Tips cara menolak halus ini mungkin sedikit meringankan rasa bersalah anda ketika menolak ajakan kawan anda.

Tanya Informasi Perihal Permintaannya Lebih Detail


Menanyakan informasi terkait tentang hal yang membuatnya mengajak pada hal tersebut. Tanyakan hal itu lebih detail mungkin. Mulai dari hal paling rumit hingga paling sepele. Hal itu akan membuat doi kelabakan dan males mengajak kamu. Hal itu dapat menjadi langkah baik kamu untuk segera menghindar dari ajakannya.

Jawablah dengan Kata “Mungkin”


Kata pertimbangan sangat mudah untuk diungkapkan ketika kalian ingin menolak satu ajakan orang. Ungkapan ‘mungkin’ sangat bisa digunakan untuk merespon ajakan dia. Namun, kata ‘mungkin’ biasanya akan dikejar dengan beberapa pertanyaan yang agak rumit.

Jadi, kalian juga harus menyiapkan jawaban selanjutnya dengan kata ‘kayaknya’. Kemudian tidak usah merespon lagi permintaan yang dilontarkannya lebih jauh. Setidaknya, ia akan mencari bantuan lain yang lebih pasti dari kamu yang memberikan jawaban mengambang. Kebanyakan orang nggak mau digantungin kan?

Kamu Bisa Mengatakan “Nanti Aku Akan Menghubungimu Lebih Lanjut”


Kalimat ini menjadi jurus yang ampuh untuk menghindar dari orang yang melemparkan ajakan kepada kalian lo. Kalau temen kalian mengajak via telpon dan kalian mungkin nggak ingin ikut dia. Kalian bisa ngomong ke doi dengan kata itu “nanti aku akan menghubungi mu lebih lanjut”.

Mungkin saja ketika kalian langsung ngomong ‘nggak bisa’ atau ‘nggak mau’ itu bisa melukai hati yang mengajak tersebut. Carannya ya membelokkan maksud dengan kata-kata yang tidak menyinggung deh.

Memberikan Tawaran Lain yang Menurutmu Lebih Fleksibel


Mungkin sebenernya kamu pengen banget bantuin dia. Tapi, kadang cara mengajak dia terlalu ribet. Nah, ini ada hal yang mungkin bisa kamu lakuin untuk tetep bisa bantuin dia. Model tawaran ini mungkin jauh lebih sopan. Namun, kamu perlu wasapada, kalau kamu lemah dalam membengun argumentasi atas saranmu. Maka kamu tidak bisa menolaknya.

Makannya kalau kamu menggunakan trik ini. Kamu harus menggunakan dua pondasi sekaligus. Yakni saran yang lebih visible (memungkinkan) dibandingkan dengan ajakan si dia. Kedua, memiliki argumentasi yang kokoh dalam mempertahankan saran yang kamu berikan pada si dia ya.

Mengatakan “Hal Ini Tidak Memungkinkan untuk Dilakukan”


Ketika kalian tidak ingin melakukan banyak hal atas ajakan atau permintaan bantuan dari temen anda. Segera cari solusi dan trik yang manjur untuk tidak menyakiti hati dia. Kalian bisa mengatakan “hal ini tidak memungkinkan untuk dilakukan sekarang” karena mempertimbangkan aspek kantong, jalan yang terjal atau apalah yang membuat anda males mengikuti ajakan tersebut.

Namun, anda juga memerlukan argumentasi yang kuat untuk ini. jangan sampai saran anda untuk tidak melakukan ajakannya sekarang malah menjadi bumerang bagi kamu. Hal itu akan membuat dia kecewa untuk kedua kalinya.

Jangan Berkata Apapun


Kalau kamu benar-benar tidak ingin menerima ajakan temen kamu. Kamu bisa dengan tegas tidak merespon permintaan seseorang sama sekali. Hal itu akan membuat kamu mendapatkan stereotype kalau kamu kasar dan cuek bahkan egois. Namun, hal itu kadang membuat kamu terhindar dari rasa bersalah berkepanjangan karena menolaknya secara halus. Terkadang itu membuat kamu lebih lega. Karena menentukan sikap lebih dulu untuk berkata tidak.

Menggunakan Teknik Pujian Berlapis pada Orang yang Mengajak


Pujian berlapis adalah teknik yang agaknya efektif untuk merespon ajakan seseorang. Kamu perlu menggunakan teknik mengapit hal negatif dengan dua komentar positif. Misalnya: “ide makan ditempat itu menarik, tapi aku suka makan di rumah aja”.

Mungkin, kamu juga bisa mengatakan bahwa dia adalah teman yang baik, namun ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, sehingga kamu nggak bisa menerima ajakannya. Seperti: “terimakasih atas ajakan kamu, sungguh kamu teman yang baik. Tapi aku harus pulang membantu ibuku”. Jangan memberikan pujian palsu pada dia, berikan pujian itu setulus-tulusnya.

Dalam kehidupan pertemanan kita tidak diperkenankan untuk menyakiti satu sama lain. untuk itu kita juga harus bisa membaca bagaimana karakter teman kita. Kalaupun ada teman yang suka diajak ngomong blak-blakan okelah. Tetapi ketika kita menghadapi teman yang sensitif dengan penolakan atau pobia dengan kata ‘tidak’. Maka, kita juga harus menggunkan trik yang fleksibel untuk tetap menjaga pertemanan kita.

So, menolak suatu hal kini bukan menjadi momok bagi kita karena merasa tidak enak. Tapi, jangan lupa kamu juga berhak menolak. Kalau emang ajakan itu tidak menarik atau tidak nyaman buat kamu sendiri. Jadi, berelasi secara sehat itu ketika kita sama-sama bisa menghargai dan tidak saling menyakiti!

BACA JUGA! CARA AGAR MANTAN KEMBALI DAN CINTA PADA KITA

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply