Home & Garden

Cara Mengusir Tikus yang Paling Ampuh dan Cepat

Tikus merupakan hewan pengerat yang dikenal sebagai hewan yang datang tak diundang dan pulang tak diantar. Tikus akan sangat memusingkan apabila suda masuk ke dalam rumah kita. Tikus merupakan hiwan kotor yang bisa menimbulkan beragam penyakit yang berbahaya. Selain itu, untuk mengusir tikus dari rumah juga bukan merupakan hal yang mudah. Ia sangat cerdik dan tahu bagaimana perangkap yang kita pasang bisa membunuhnya. Tapi apakah kamu tahu, ada beberapa cara mudah yang dapat kita lakukan untuk mengusir tikus dari rumah kita tanpa menggunakan racun.

Berikut cara mengusir tikus yang paling ampuh dan cepat

Kapur Barus

Kapur barus atau kamper sangatlah ampuh jika digunakan untuk mengusir tikus. Selain itu, kamper juga bisa kita dapatkan dengan mudah di warung maupun di supermarket. Caranya adalah dengan menimpan beberapa kapur barus di tempat yang sering didatangi tikus. Akan tetapi, hindari memegang kapur barus dengan menggunakan tangan kosong.

Amonia

Cara mengusir tikus dari rumah menggunakan amonis dapat kamu lakukan dengan mencampurkan dua sendok deterjen dengan sepertempat gelas air dan dua cangkir ammonia. Simpan cairan ini di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus. Bau amonia yang menyengat akan membuat tikus merasa tidak tahan, kemudian ia akan pergi.

Minyak Peppermint

Minyak peppermint dapat kamu gunakan untuk mengusir tikus karena mereka tidak tahan dengan baunya yang menyengat. Kamu dapat melakukannya dengan cara mencelupkan beberapa bola kapas dalam minyak peppermint dan menyimpannya di daerah yang sering didatangi tikus. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan serai atau minyak jarak.

Bulu burung hantu atau ular plastik

Bulu burung hantu akan menakut-nakuti tikus dan memaksa mereka untuk pergi dengan sendirinya. Simpanlah beberapa lembar bulu bulung hantu tersebut dalam lubang tikus agar mereka pergi. Atau, jika kamu hanya dapat menemukan satu bulu burung hantu tersebut, kamu bisa menyimpan beberapa ular plastik di kebun kamu untuk mengusir tikus yang ada di halaman rumah kamu

Lada

Lada merupakan rempah-rempah yang dapat membuat gatal hidung manusia. Tenyata selain itu, bau lada yang menyengat juga bisa kamu gunakan untuk mengusir tikus. Kamu hanya perlu menaburkan sedikit lada di sekitar sudut-sudut dan lubang-lubang tempat mereka tinggal. Setelah itu kamu akan melihat hasilnya sendiri.

Daun salam

Tikus adalah hewan pemakan segala, oleh karena itu tikus juga bisa memakan daun salam. Akan tetapi, ketika mereka memakannya, hal tersebut akan benar-benar membunuh mereka. Simpan saja beberapa lembar daun salam di tempat yang biasa tikus datangi. Lakukan hal itu sampai tikus tersebut benar-benar hilang.

Bawang

Bawang adalah salah satu hal yang dapat kamu gunakan untuk mengusir tikus dari rumah kamu. Bau bawang yang sanngat menyengat dianggap tikus adalah hal yang sangat menjijikan. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengiris bawang, lalu menyimpannya di dalam atau di dekat lubang-lubang tikus.

Membuat perangkap sendiri

Mengusir tikus dengan menggunakan perangkap sendiri merupakan cara yang paling baik untuk menyingkirkan tikus dari rumahmu dengan cepat. Kamu bisa menggunakan selai kacang dan keju yang menjadi salah satu makanan favorit tikus

Ular kering atau kotoran kucing

Untuk mengusir tikus dengan cara yang satu ini, kamu bisa membeli beberapa sampah ular kering dari toko hewan atau kebun binatang. Setelah itu pasti tikus tidak akan datang lagi ke rumah kamu karena mereka sangat takut pada ular. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kotoran kucing untuk mengusir tikus yang ada di rumah atau di halaman rumahmu.

Rambut manusia

Hal ini mungkin terdengar agak aneh, tapi tikus tidak akan tahan jika mereka melihat rambut manusia. Simpan saja beberapa helai rambut di dalam lubang tikus. Maka mereka akan memakan rambut tersebut, kemudian mereka akan mati.

Kotoran sapi

Kotoran sapi memang memiliki bau yang menyengat. Akan tetapi salah satu cara terbaik agar tikus tidak lagi masuk ke rumah adalah dengan cara menyebarkan beberapa kotoran sapi di dekat area rumah kamu.

Suara bising

Suara mungkin memang terdengar seperti tidak akan menyakiti mereka sama sekali. Akan tetapi, suara-suara tertentu bisa membuat telinga tikus berdarah.

Bedak bayi

Meskipun metode ini dianggap tidak terlalu efektif untuk mengusir tikus dari rumah, kamu bisa mecoba cara ini sesekali. Taburkan bedak bayi di sudut-sudut dan di sekitar tempat yang sering didatangi tikus. Ternyata, bedak bayi juga dapat membunuh tikus.

Steel Wool

Jika kamu ingin mengusir tikus yang menempel di dinding rumah kamu, maka kamu bisa menggunakan steel wool. Steel wool merupakan lilitan besi yang sering kita gunakan untuk mencuci piring.

Demikian penjelasan mengenai cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengusir tikus, baik dari rumah maupun dari halaman rumah kamu. Selamat mencoba. (elevenia)

Leave a Reply