Beauty & Health

Cara Mengukur Tinggi Badan Ideal

Jangan Lupa Share ya

Memiliki berat badan dan tinggi badan ideal tentunya menjadi idaman semua orang. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, beberapa orang melakukan treatmen hingga melakukan penimbangan badan dan tinggi badan secara rutin. Lalu, bagaimana dengan tinggi badanmu saat ini? Apakah sudah mencapai nilai ideal?

Mengukur tinggi badan ideal masih berhubungan dengan berat badan. Tinggi badan di ukur mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Ayo, segera lakukan pengukuran tinggi badan dan sesuaikan dengan berat badan kamu!

Tinggi Badan Ideal Orang Dewasa


Apabila di perhatikan, tinggi badan manusia pada setiap negara berbeda-beda. Contohnya saja orang Indonesia dengan orang Amerika, tentunya berbeda jauh. Orang Indonesia cenderung memiliki tubuh yang lebih pendek daripada orang Amerika. Namun cenderung lebih tinggi di bandingkan dengan negara lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa tinggi badan bisa di lihat dari keturunan dan ras seseorang.

Ternyata, panjang badan seseorang bisa mempengaruhi kesehatan juga lho! Penyakit pada diri manusia bisa di deteksi dari panjang tubuh seseorang. Beberapa para ahli telah melakukan penelitian dan membuktikan bahwa orang dengan tubuh pendek atau kurang dari 160 cm sangat rentan mengalami penyakit jantung dan kardiovaskular.

Lalu, berapa tinggi badan normal yang ideal untuk masyarakat Indonesia? Nilai ideal tinggi badan seorang laki-laki dan perempuan berbeda. Di lansir dari angka kecukupan gizi milik Kementerian Kesehatan RI, idealnya seorang pria dewasa 19 – 64 tahun di Indonesia memiliki berat badan ideal pada nilai 168 cm. Sedangkan untuk perempuan adalah 159 cm.

Namun hal tersebut tetap melihat dari sisi berat badan sesorang itu sendiri. Untuk pria, tinggi badan 168 cm sangat ideal bagi mereka yang memiliki berat badan 60-22 Kg dan untuk wanita adalah 54-55 Kg. Jadi, kesimpulannya adalah berat badan dan tinggi badan saling berpengaruh untuk mendapatkan nilai ideal pada tubuh.

Cara Mengukur Tinggi Badan di Rumah


Untuk mengetahui tinggi badan ideal, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke rumah sakit atau puskesmas karena hal tersebut bisa di lakukan di rumah. Mengukur tinggi badan di rumah memanglah susah-susah gampang karena apabila salah teknik sedikit saja hasil pengukurannya bisa berbeda. Apabila salah teknik, bisa jadi membuat tinggi badanmu lebih tinggi atau justru lebih pendek.

Lalu, bagaimana cara mengukur tinggi badan ideal ketika sedang di rumah? Berikut ini akan di berikan beberapa tips untuk mengukur tinggi badan ideal di rumah dengan mudah.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan berdiri tegak membelakangi temok yang lurus dan tidak ada benda lain yang menghalangi. Selain itu, pastikan juga apabila lantai yang di gunaka tidak keras, tidak lembut, dan juga datar sempurna.
  2. Ketika hendak melakukan pengukuran, lepas alas kaki, topi, ikat rambut, dan aksesoris lain yang menghambat pengukuran. Benda-benda tersbeut sangat rentan mengganggu pengukuran karena menghalangi kepala untuk menempel ke bagian tembok dengan sempurna.
  3. Posisikan badan hingga tegak lurus dan tidak terhalang apapun. Agar badan bisa tegak lurus, kamu bisa menempelkan bagian kepala, pundak, bokong, dan tumit ke tembok bagian belakang.
  4. Arahkan pandangan mata lurus ke depan sehingga wajah bisa tegap sempurna.
  5. Mintalah bantuan orang lain yang ada di rumah untuk menarik alat pengukur atau microtois mulai dari ujung rambut bagian atas hingga pas mengenai kepala.
  6. Apabila tidak memiliki alat pengukuran khusus, kamu bisa menggunakan penggaris lurus dan memberikan tanda pada tembok. Cara melakukan pengukurannya adalah dengan memberikan tanda untuk setiap tinggi badan.

Mengukur Tinggi Badan dengan Metode BMI


Apa yang di maksud dengan metode BMI dalam mengukur tinggi badan? BMI adalah singkatan dari Body Mass Index, yaitu perhitungan berdasarkan kalkulasi tinggi badan dan berat badan seseorang untuk di hitung kembali sebagai bahan dalam menentukan ideal atau tidak badan seseorang tersebut.

Pada dasarnya, berat badan seseorang berasal dari massa otot. Untuk itu, kalkulator BMI hanya bisa di gunakan oleh seseorang yang sudah berumur 20 tahun. Lalu bagaimana untuk seseorang yang berumur di bawah 20 tahun? Apabila di paksakan menggunakan perhitungan BMI maka bisa jadi menyesatkan dan tidak sesuai dengan perhitungan.

Adapun cara menghitung BMI adalah seperti pada rumus di bawah ini:

Berat Tubuh Ideal = Berat Badan (kg)  :  Tinggi Badan (meter)


Keterangan dari hasil perhitungan di atas adalah sebagai berikut:

  1. Nilai normal BMI adalah 18,5 – 25. Apabila kurang dari itu maka tubuh kamu sudah di pastikan tidak normal atau tidak ideal.
  2. Apabila hasil dari perhitungan menunjukkan angka di atas 25, kamu harus waspada karena memiliki resiko untuk mengidap penyakit jantung, osteoarthritis, kanker, dan diabetes level 2.
  3. Tips bagi kamu yang mendapatkan nilai di atas 27 dan di bawah 18 sebaiknya segera konsultasi ke dokter dan meminta saran untuk melakukan pola hidup sehat.

Jadi, apakah berat badan dan tinggi badan kamu sudah ideal? Yuk terapkan langkah-langkah di atas untuk memulai kehidupan lebih sehat!

BACA JUGA! CARA MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL DENGAN TEPAT DAN AKURAT

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply