Gadget /Komputer

Cara Mengubah PDF ke Word tanpa Sulit!

 

File dalam bentuk PDF saat ini banyak digunakan karena ringan, serta memiliki banyak fitur. Beberapa fiturnya yaitu: bisa menggunakan password, atau dikunci agar tidak sembarang orang bisa meng-copy-paste dengan mudah. File dengan format PDF juga banyak digunakan untuk melamar pekerjaan melalui email atau website, karena data yang kita masukkan tidak akan bisa diubah oleh orang lain. Selain itu juga banyak digunakan di dunia kerja karena khawatir data yang dibuat akan dirubah oleh orang yang tidak bertanggungjawab maka dari itu data dibuat dengan bentuk PDF. Dengan format PDF tidak akan mudah merubah susunan dan bentuknya dari file tersebut, juga tidak akan mengalami missing font seperti pada Microsoft Word.

Dalam dunia desain grafik atau percetakan pun, file PDF menjadi digemari karena dapat menyimpan data warna dengan sangat baik. Sehingga warnanya dan bentuk tidak akan berubah dari saat disimpan sampai ke percetakan. Selain itu juga file PDF dapat dikirim melalui email dengan cepat. Namun adakalanya file yang kita simpan dalam bentuk PDF mengalami kesalahan dan kita kebingungan bagaiman cara mengubahnya. Nah, kali ini saya akan bagikan beberapa cara mengubah file bentuk PDF menjadi Word.

Dengan Menggunakan Website

Menggunakan website adalah salah satu cara yang termudah dan cepat. kamu bisa menggunakan beberapa website untu mengubah bentuk PDF ke dalam bentuk lain. Salah satu websitenya adalah https://www.ilovepdf.com/. Website ini menyediakan banyak fitur untuk mengubah PDF menjadi format lain atau bisa juga menggabungkan dan memotong file PDF. Website ini mudah digunakan dan juga gratis.

Langkah – langkahnya:

  • Buka website I Love PDF dengan browser di komputer atau laptop kamu. Alamatnya https://www.ilovepdf.com/.
  • Setelah terbuka halaman utamanya pilih fitur PDF to Word.
  • Pilih file yang akan kamu ubah dengan mengeklik pada tombol “Select PDF File”
  • Tunggu hingga proses Upload selesai. Jika sudah, kamu bisa mengeklik tombol “CONVERT TO WORD”. Proses upload bisa memakan waktu yang lama tergantung ukuran file dan koneksi internet kamu.

Nah setelah itu maka file akan secara otomatis terunduh dan biasanya tersimpan di document “Downloads”.

Menggunakan website tentunya lebih mudah dan praktis. Namun jika banyak file yang akan kamu ubah sedangkan waktunya sedikit maka kamu bisa menggunakan software yang bisa digunakan secar offline.

Convert PDF ke Word dengan Software

Dengan menggunakan software maka kita tidak perlu bersusah payah mencari koneksi internet. Salah satu software yang dapat menjadi solusi kamu adalah Ice Cream PDF Converter.

Langkah – langkah penggunaannya:

  • Jika kamu belum memiliki software tersebut kamu bisa download terlebih dahulu di playstore atau di tempat lain dan kamu langsung install di computer atau laptop kamu.
  • Setelah terinstall kamu bisa buka programnya dan mengeklik tombol “From PDF”untuk mengubah PDF menjadi Word.
  • Untuk menambahkan file PDF yang ingin kamu ubah, kamu bisa mengeklik tanda (+).
  • Lalu pilih file yang akan kamu ubah dari PDF ke Word.
  • Software ini memiliki beberapa format file yang kamu butuhkan. Jadi kamu tinggal pilih format mana yang kamu perlukan. Nah jika kamu ingin merubahnya menjadi file standar Microsoft Word, kamu pilih DOC (*.doc). Lalu klik “CONVERT”.
  • Tunggu hingga proses pengubahannya selesai atau sudah 100 %.
  • Setelah itu kamu tinggal mengeklik tombol “OK” atau “Open Folder” untuk melihat langsung file kamu dan file kamu pun sudah berubah menjadi bentuk Word.

Convert PDF ke Word di HP Android

Jika kamu berada dalam kondisi mendesak untuk mengubah file PDF kamu menjadi Word. Sedangkan kamu tidak memiliki computer atau laptop, jangan sedih ya. Karena teknologi sekarang semakin canggih kamu bisa mengubah file bentuk PDF menjadi bentuk lain di HP Android kamu. Nah, ini dia caranya:

  • Jika kamu belum punya aplikasinya kamu bisa download dan install aplikasi PDF Conversion Suite. Aplikasi ini bisa kamu dapat dati playstore.
  • Setelah terinstall kamu buka aplikasi tersebut. Lalu pilih “Convert PDF to Word”
  • Ambil file yang kamu ingin ubah pada bagian “Open From”, lalu pilih “File Manager”. Atau jika kamu mau, kamu bisa mengambil filenya dari Google Drive.
  • Cari dan pilih file PDF yang akan kamu ubah.
  • Jika sudah dipilih kamu tunggu hingga proses pengubahan selesai.
  • File PDF kamu pun sudah berubah menjadi file Word.

Nah mudah bukan mengubah file PDF menjadi format lain. Zaman sekarang ini semua sudah serba mudah jadi kamu tidak perlu khawatir. Cukup kamu cari di mbah google kamu bisa mendapat jawaban atas apa yang kamu cari. (elevenia)

 

Leave a Reply