Beauty & Health

Cara Menghitung Tinggi Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Tinggi Berat Badan Ideal

Jangan Lupa Share ya

Bentuk badan ideal adalah hal yang subjektif, artinya berbeda bagi setiap orang. Yang anda anggap ideal belum tentu akan ideal menurut orang tua, saudara, teman, bahkan kekasih anda. Tapi semua orang tetap mengidamkan bentuk tubuh yang ideal, tidak terlalu kurus ataupun gemuk. Perlu diketahui berat badan ideal tidaklah sama dengan bentuk badan ideal. Karena bentuk badan ideal bersifat subjektif, sedangkan berat badan ideal bersifat objektif.

Pertanyaannya adalah berapakah berat badan ideal secara ilmiah untuk anda?

Menghitung berapa berat badan ideal dapat menggunakan rumus Index Massa Tubuh atau Body Mass Index (BMI). Bagaimana caranya? Langkah pertama adalah anda harus mengukur dahulu berapa tinggi badan anda menggunakan alat pengukur tinggi badan, lalu ubah jadi satuan meter. Langkah kedua adalah timbang berat badan anda dalam satuan kilogram.

Setelah mendapatkan itu semua, lalu bisa anda masukkan ke dalam rumus. Rumusnya adalah berat badan dalam satuan kilogram dibagi tinggi badan dalam satuan meter, lalu dikuadratkan. Seperti yang terlihat di bawah ini.

Cara Menghitung Tinggi Berat Badan IdealMisalkan berat badan anda adalah 70 kg dan tinggi anda 170 cm atau 1,7 m. Maka perhitungannya adalah 70 dibagi dengan hasil kali dari 1,7 x 1,7. Setelah anda dapatkan hasilnya, lalu cocokkan ke dalam tabel berikut.

Cara Menghitung Tinggi Berat Badan Ideal-1Dapat anda cek hasil perhitungan anda pada kolom BMI, mulai dari underweight atau terlalu kurus yaitu kurang dari 18.5, normal di kisaran 18.5 sampai 24.99. Kemudian overweight atau kegemukan lebih dari 25, dan obesitas dengan angka BMI lebih dari 30. Dengan hasil perhitungan contoh 24.22, bisa diketahui dari contoh bahwa berat badan tersebut tergolong normal tapi menuju ke arah kegemukan ringan atau pra-obesitas.

Tapi, apakah rumus ini bisa dipakai untuk semua orang? Ya, rumus ini dapat digunakan pada kebanyakan orang pada umumnya, kecuali para binaragawan. Kenapa binaragawan tidak cocok dengan rumus ini? Karena banyak dari binaragawan memiliki massa otot yang begitu besar, sehingga berat badannya akan jauh melebihi ideal jika dibandingkan dengan tinggi badannya. Bila digunakan dengan rumus BMI, maka rata-rata binaragawan akan masuk ke tingkat obesitas.

Setelah anda mendapatkan hasilnya, jika berat badan anda normal, pertahankan. Jika berat badan anda ternyata di bawah ideal atau terlalu kurus, berusahalah untuk menaikkan berat badan anda. Perbanyak jumlah kalori dan perbaiki asupan pola makan anda, perbanyak protein dan perbanyak karbohidrat. Kemudian bagi anda yang kegemukan, segera turunkan berat badan anda, apalagi bagi anda yang sudah masuk kategori obesitas. Di daftar BMI terdapat obesitas satu, dua dan tiga. Bagi anda yang obesitas, maka memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena penyakit metabolik, seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi dan sebagainya.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply