Hobby

Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Langkah Ampuh

Jangan Lupa Share ya

Kutu anjing memang sangat merugikan bagi anjing sendiri maupun bagi pemeliharanya. Apabila tidak tahu bagaimana cara mengatasi kutu anjing, maka kutu anjing bisa menjadi ancaman yang mengerikan. Karena beberapa wilayah mengalami suhu hangat secara terus-menerus yang bisa mendukung tumbuhnya kutu secara cepat.

Nah, langkah paling jitu menanggapi hal tersebut adalah dengan melakukan pencegahan. Akan tetapi, ada pula beberapa cara yang bisa dilakukan untuk  membasmi kutu jika kutu tersebut sudah terlanjur hinggap di bulu anjing. Bagaimana caranya menghilangkan kutu anjing dengan langkah yang ampuh? Berikut ini langkah-langkahnya.

Memberikan Obat-obatan


Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan obat-obatan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Mandikan anjing terlebih dahulu dengan menggunakan shampo anti kutu. Meskipun shampo anjing maupun sabun cuci piring juga ampuh untuk membasmi kutu anjing, namun jika kamu ingin yang lebih ampuh lagi maka kamu bisa menggunakan shampo anti kutu khusus.
  • Sebaiknya kamu membaca kemasan shampo anti kutu dengan seksama agar tahu bagaimana cara penggunaannya
  • Selanjutnya basahi anjing dengan menggunakan air hangat dan digosok-gosok menggunakan shampo anti kutu hingga ke bulu bagian dalam
  • Diamkan dahulu shampo menempel di bulu anjing selama kurang lebih selama 10 menit dan kemudian dibilas dengan air hangat.
  • Biasanya shampo anti kutu untuk anjing memiliki kandungan bahan kimia berupa piretrin yang ampuh untuk membunuh kutu yang ada di tubuh anjing

Beli Semprotan Anti Kutu


  • Semprotan anti kutu sudah ada dalam aerosol serta botol semprot.
  • Supaya hasilnya juga lebih maksimal, maka kamu bisa menggunakan semprotan anti kutu yang di dalamnya terkandung adulticide serta akan menghambat pertumbuhan serangga. Dengan begitu, maka baik itu kutu dewasa maupun telurnya sekalipun bisa dibasmi semua.
  • Sebaiknya juga mengikuti panduan dari dokter hewan serta panduan penggunaan secara baik dan benar yang terdapat di kemasannya.
  • Semprotkan anti kutu tersebut pada ruangan yang memiliki aliran udara lancar dan hindarilah menyemprotkan pada mata anjing.
  • Saat menyemprotkan anti kutu sebaiknya kamu pakai sarung tangan supaya bisa melindungi diri kamu sendiri.
  • Hindari menyemprotkan pada bagian-bagian yang sensitif seperti ke wajah anjing langsung. Sebaiknya kamu semprotkan dulu ke sarung tangan dan barulah diusapkan ke anjingnya daripada berisiko terkena mata, telinga maupun mulut anjing.
  • Bedak anti kutu juga bisa kamu coba dan bisa kamu dapatkan tanpa harus menggunakan resep dokter hewan dan manfaatnya juga sama seperti semprotan anti kutu.
  • Supaya tahu bagaimana cara menggunakannya, maka kamu harus membaca panduan yang terdapat pada label kemasan. Namun jika kamu merasa ragu, maka sebaiknya meminta saran dari dokter sebelum kamu memberikan bedak anti kutu tersebut kepada anjing.
  • Biasanya kamu hanya perlu untuk memberikan bedak anti kutu tersebut dengan menaburkannya tipis-tipis ke bulu anjing serta didiamkan saja. Akan tetapi perlu diingat bahwa bedak tersebut dapat menyebabkan bulu anjing berdebu sehingga harus sering ditaburkan.
  • Awali menaburkan bedak anti kutu di kepala anjing kemudian dilanjutkan ke belakang sampai dekat ekor. Pastikan bahwa bedak anti kutu tersebut masuk sampai ke kulit anjing.
  • Taburkan bedak anti kutu tersebut juga ke tempat tidur anjing dan diulangi sekali seminggu.

Siapkan Larutan Obat untuk Merendam Anjing


Saat kutu sudah menyerang anjing kamu, maka  sebaiknya direndam dan juga dibilas. Berikut caranya:

  • Campurkan larutan rendaman maupun bilasan yang telah disesuaikan dengan panduan pada label kemasan. Sebaiknya konsultasikan juga ke dokter hewan agar mengetahui panduannya yang lebih lanjut.
  • Untuk larutan rendaman yang berfungsi membunuh kutu anjing, maka anjing kamu harus direndam di dalam larutan obat tersebut yang sebelumnya sudah diencerkan. Sedangkan untuk bilasannya yaitu menggunakan larutan obat yang sudah dituangkan ke bulu anjing sampai bulunya basah. Ada baiknya jika memakai keduanya hingga ke seluruh tubuh anjing  serta jangan mencoba-coba hanya di bagian tertentu saja.
  • Pakailah air rendaman serta bilasan tersebut di dalam ruangan yang mempunyai aliran udara yang lancar.
  • Sebagian rendaman yang dipakai untuk membasmi kutu tersebut harus kamu biarkan serta jangan dibilas dari tubuh anjing.
  • Larutan obat rendaman anti kutu tersebut biasanya terdapat kandungan bahan kimia berupa permetrin, piretrin serta organofosfat.

Pasangkan Kalung Anti Kutu pada Anjing


Selain menggunakan obat atau shampo anti kutu, anjing kamu juga bisa diberikan kalung anti kutu yang biasanya mempunyai pilihan kualitas. Sedangkan aktivitasnya juga terbatas sehingga kalung tersebut hanya bisa membasmi kutu anjing yang berada di daerah kalung atau di sekitar kepala dan bahunya. Akan tetapi, jika kamu memilih kalung anti kutu yang ounya kualitas tinggi, maka kalung tersebut bisa membasmi kutu anjing keseluruhan apabila dipakainya secara benar. Jadi, pastikanlah bahwa kamu memilih kalung anti kutu yang telah disesuaikan dengan berat serta usia anjing kamu.

Nah, jadi itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu yang berada di tubuh anjing kamu. Selamat mencoba.

BACA JUGA! CARA MELATIH ANJING AGAR PINTAR

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply