Beauty & Health

Cara Menghilangkan Komedo yang Mudah dan Alami

Jangan Lupa Share ya

Selain jerawat, komedo merupakan masalah wajah yang sering dikeluhkan oleh wanita. Hal ini karena bintik-bintik komedo yang muncul pada wajah membuat penampilan menjadi terganggu bahkan sering menimbulkan wajah kusam. Masalah komedo umumnya dikeluhkan pemiliki wajah berminyak. Hal ini bukan tanpa alasan, minyak yang berlebih seringkali menyumbat pori yang menyebabkan komedo bermunculan.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo, baik itu dengan cara alami maupun sesuai dengan resep dokter. Hanya saja, perawatan yang dilakukan harus kontinuitas karena komedo biasanya akan kembali jika perawatan terhenti.

Kunci utama untuk menghilangkan komedo adalah kesabaran. Sebab kebanyakan dari penderitanya ingin cepat-cepat terbebas dari komedo sehingga melakukan perawatan yang salah. Akibatnya, komedo muncul kembali bahkan tidak jarang perawan yang dilakukan justru membuat kulit wajah menjadi kering. Untuk itu lebih disarankan melakukan perawatan alami yang dijamin aman untuk kulit cantik kamu. Ada beberapa perawatan alami yang bisa kamu pilih, seperti di bawah ini:

Cara Mudah Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami

Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat melimpah, sehingga tidak heran jika bahan yang satu ini sering dijadikan sebagai bahan baku pembautan kosmetik, utamanya yang diperuntukkan bagi kulit berminyak. Cara melakukan perawatan dengan jeruk nipis pun terbilang mudah, kamu tinggal peras saja airnya, kemudian pakai air perasan jeruk nipis tersebut sebagai masker wajah. Aplikasikan perasan jeruk nipis tersebut sambil dipijat lembut terutama di daerah komedo. Setelah itu, diamkan sekitar 15 sampai 20 menit hingga kering. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Gel Lidah Buaya

Selain menjaga kesehatan rambut, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satunya adalah memberantas komedo. Lidah buaya mengandung mineral yang dipercaya mampu mengangkat dan menghilangkan komedo dari kulit wajah kamu. Caranya pun sangat mudah, oleskan gel lidah buaya pada wajah Anda. Tak lupa, lakukan pijatan secara halus di daerah yang banyak ditumbuhi komedo. Setelah itu, diamkan kurang lebih 25 sampai 30 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Masker Buah Tomat

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo adalah tomat. Bahan alami yang bisa dengan mudah kamu temukan di dapur ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kesegaran kulit. Tak hanya vitamin C, tomat juga mengandung vitamin E yang dipercaya dapat mengangkat kulit mati yang menutupi pori-pori kulit. Hal ini membaut produksi minyak dapat ditekan yang meminimalisir pertumbuhan komedo.

Cara memanfaatkan tomat untuk menghilangkan komedo pun sangat mudah, cukup gunakan tomat sebagai masker wajah. Haluskan tomat dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan campuran kedua bahan tersebut pada daerah wajah utamanya yang berkomedo, setelah itu tunggu hingga mongering. Kemudian, bilas dengan air bersih. Untuk hasilnya memang kurang maksimal karena butuh beberapa kali perawatan bila kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Pasta Gigi

Pasta gigi tak hanya berguna untuk memutihkan gigi saja, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya. Salah satunya adalah menghilangkan komedo. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, yaitu oleskan pasta gigi pada bagian yang berkomedo, lalu berikan pijatan lembut. Lakukan hal tersebut kurang lebih 10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

Biasanya wajah akan terasa kering setelah melakukan perawatan ini. Untuk mengatasinya kamu bisa mengaplikasikan pelembab segera setelah perawatan selesai.

Es Batu

Es batu tak hanya membantu dalam menghilangkan dahaga saja, ternyata es batu ini dipercaya dapat menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah, kamu tinggal menempelkan es batu ke bagian wajah yang berjerawat. Lakukan dengan gerakan memijat. Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, maka sebelumnya bersihkan komedo dengan masker wajah, setelah itu barulah aplikasikan es batu untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka.

Putih Telur

Putih telur bisa dibilang bahan alami penghilang komedo yang sangat ampuh. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak orang. Meski banyak yang tidak tahan dengan bau amisnya, tapi dijamin hasil yang didapatkan maksimal. Terlebih putih telur mengandung protein dan asam amino yang berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori kulit. Mengecilnya pori-pori berakibat pada produksi minyak yang berkurang sehingga pertumbuhan komedo dapat diredam. Kandungan lainnya dalam putih telur adalah asam folat. Fungsi dari kandungan yang satu ini adalah menghaluskan kulit akibat dari tumbuhnya komedo.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah. Sebelum mengaplikasikan masker putih telur, pastikan wajah kamu dalam keadaan bersih. Langkah selanjutnya, pisahkan putih telur dengan kuningnya. Kemudian kocok putih telur hingga mengeluarkan buih, lalu oleskan dengan gerakan memijat ke seluruh wajah terutama di area tumbuh suburnya komedo. Lakukan hal tersebut selama 5 menit. Setelah itu diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan komedo membandel. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply